Scientific Work Student Achievment Riau University
Permanent URI for this community
Browse
Browsing Scientific Work Student Achievment Riau University by Title
Now showing 1 - 13 of 13
Results Per Page
Sort Options
Item HAK ANAK ATAS PENDIDIKAN, PEMENUHAN HAK DAN SOLUSINYA (Dimulai dari Lingkungan Keluarga dan Aktivitas Sederhana)(Paradigma Jurnal Pendidikan Ilmiah Teori dan Penelitian, 2007-07-01) Hambali, HambaliThe children mean new generation, asset, and owners of state and nation. So, the state develpoment will be strongly determined by the way how to carry out them from now on to built up the new nation and to improve the qualified human resources. Indonesia which has ratified International Human Rights Convention on Children hopes to be able to involve significant influences in developing and caring the children rights on education. These effort should be supported by anyone through doing anything simply and commitment of all institutions such as government, non formal institution, society, and parents.Item Integration of National Character Education and Social Conflict Resolution through Traditional Culture: A Case Study in South Sumatra Indonesia(Canadian Center of Science and Education, 2013) Alfitri, Alfitri; Hambali, HambaliLocal wisdom is related to the community’s ability to understand the surrounding condition and the environment, which then is adapted to the existing situation. Local wisdom contributes to the way of living, knowledge and life strategies in the form of actions done by the local community to respond to various problems and meet their needs in life. Each community has its own outlook about a conflict that it is facing. The outlook is very dependent on the general conceptual framework, or a culture that surround it. Different outlook or perspective which causes differences can lead to a conflict between a community and another, which may trigger the myth of conflict. Every society has its own perspective of conflict, the myth of conflict, which differ from each other. “Tepung Tawar” (Fresh Flour) tradition is still still observed by people in Sumatra in resolving conflicts, marital ceremony, cleaning goods, either by individuals and groups, or between individuals and between groups. “Tepung Tawar” ceremony, called "tepungbedamai", is a specific ritual held to reconcile two parties in dispute, fighting or killing. “Tepung Tawar”, a custom that is still developing and expanding in South Sumatra, is one of the local wisdom that is used as a tool of social control and for conflict resolution in the community. A society can model this cultural wisdom to achieve justice and unity by making sure that all parties reach an agreement and be willing to retain their anger and avoid a conflict.Item KONSEP PENDIDIKAN NILAI: MORAL DAN BUDI PEKERTI (Pendidikan Nilai dalam Pembentukan Moral dan Akhlak Bangsa)(Jurnal PPKN dan Hukum, 2007-04-03) Hambali, HambaliPerubahan nilai- nilai sosial yang terjadi di masyarakat adalah suatu keniscayaan sebagai akibat dan konsekuensi dari komunikasi-komunikasi global. Dinamika dan kecenderungan perubahan atau perkembangan prilaku sosial khususnya budi pekerti bangsa lebih mengarah pada kondisi negatif, dan sementara perkembangan kearah positif porsinya kecil, “Pendidikan budi pekerti itu sendiri lebih merupakan suatu sistem nilai yang menjadi pedoman prilaku peserta didik (siswa) di mana saja berada. Maka pelaksanaannyapun tidak akan berdiri sendiri dan berproses dalam satu institusi besar, yang oleh Ki Hajar Dewantara, dikatakan sebagai “Tri Pusat” Pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat” (Fajar, Malik., 2002: 8). Budi pekerti, nilai, norma dan moral dalam istilah lain dinamakan juga akhlak. Pendidikan nilai mencakup kawasan budi pekerti, nilai, norma, dan moral. Moral bersumber pada kesadaran hidup yang berpusat pada alam pikiran (BP-7, 1993: 25). Bangsa atau Negara yang “besar” adalah Negara yang memiliki sumber daya manusia (SDM) atau generasi yang berkualitas, yakni SDM yang menguasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dan Iman dan Taqwa (Imtaq), yaitu Bangsa yang memiliki budi pekerti yang luhur. Pembelajaran nilai, dapat dilakukan orang tua kepada anak melalui cerita atau mendongeng ketika anak-anak akan tidur. Materi/topik dongeng yang memaparkan tentang keteladanan seseorang tokoh dalam dongeng, atau materi tentang kepahlawanan seorang tokoh, dan topik dalam cerita “Dunia Binatang” yaknik seperti misalnya “Simba” Singa Putih yang baik-hati, dan “Hanoman” Si Kera Putih yang bijak dan bersahabat. Demikian juga dongeng/cerita lokal yang dapat di sampaikan kepada anak-anak. Metode seperti itu dinamakan juga n.Ach (need Achiavement Method) atau metode “virus” berprestasi.Item MEMBENTUK KARAKTER BANGSA MELALUI BUDAYA SEKOLAH (PENERAPAN, ISU, TANTANGAN)(MEDIA SOSIOLOGI JURNAL SOSIOLOGI UNIVERSITAS SRIWIJAYA, 2011-08-01) Hambali, Hambali; Ahmad, Abdul RazaqKarakter bangsa saat ini tidak lagi menjadi masalah nasional, namun telah menjadi masalah dan isu global. Aspek nilai-nilai pendidikan Karakter Bangsa yang dalam hal ini merangkum 18 nilai-nilai indikator, perincian yang dirumuskan/ditetapkan menjadi 3 komponen utama yaitu; 1)Keagamaan dan nilai-nilai murni, 2)Motivasi dan keilmuan dan Kemahiran berpikir, dan 3)Kemasyarakatan, Patriotisme dan nasionalisme. Persoalan yang muncul di masyarakat seperti korupsi, kekerasan, kejahatan seksual, perusakan, perkelahian massa, kehidupan ekonomi konsumtif, kehidupan politik yang tidak produktif, dan sebagainy menjadi topik pembahasan hangat di media massa, seminar dan di berbagai kesempatan. Pengembangan nilai-nilai dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam budaya sekolah mencakup kegiatan-kegiatan yang dilakukan kepala sekolah, guru, konselor, tenaga administrasi ketika berkomunikasi dengan peserta didik dan menggunakan fasilitas sekolah. Pembentuka karakter pelajar juga dapat merujuk kepada cara hidup sekolah yang berbasis Agama, berdasarkan norma-norma, nilai-nilai kepercayaab kepada Islam sebagai satu cara hidup, tujuan sekolah-sekolah. Agama selain pencapaian prestasi akademik, dan memiliki akhlak mulia. Selain itu, penglihatanorang-tua/wali murid harus mendapatkan perhatian, sebab benteng pertama pembentukkan kepribadian anak ialah keluargaItem MORALITAS: PERSPEKTIF KONSEP, TEORITIS DAN FILOSOFIS(Jurnal PPKN dan Hukum, 2013-04-01) Hambali, HambaliPendidikan karakter bangsa merupakan inisiatif yang bertujuan membentuk suasana kepekaan secara serius dengan lingkungan sosial dan masyarakat agar seseorang menjadi Lickona (1996), Ryan & Bohlin (1999) bahwa gerkan pendidikan karakter menekankan aspek kognitif, afektif dan tingkah laku yang sejalan dengan landasan nilai dan agama bagi mewujudkan amalan dan prilaku yang baikItem PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA Dl SEKOLAH(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Indonesia, Fakulti Pendidikan Universiti Kebangsaan Malaysia Bangi Malaysia, 2017-01) Hambali, HambaliPatriotisme merupakan satu konsep yang amat penting kepada kelestarian kemerdekaan dan kemajuan negara. Membicarakan patriotisme dalam satu buku yang menggabungkan perspektif dua negera demokrasi adalah inisiatif yang diusahakan untuk membolehkan pembaca menghayati elemen patriotisme dalam kerangka yang lebih meluasItem PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MEMBANGUN BANGSA DAN WATAK BANGSA (NATION & CHARACTER BUILDING)(Jurnal PPKN dan Hukum Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 2006-04-01) Hambali, HambaliBertolak dari berbagai persoalan yang melanda bangsa dan negara, krisis multidimensional yang berimbas pada krisis sikap moral, prilaku, serta karakter dan kepribadian manusia Indonesia. Di samping berbagai persoalan bangsa dan negara, seperti konflik horizontal antar komunitas dalam masyarakat, konflik vertikal antar daerah dengan pusat (gerakan sparatis daerah), bahkan sampai pada konflik/sentiment batas wilayah dengan negara tetangga, serta ancaman idiologi-isme dan intervensi negara lain terhadap kedaulatan NKRI. Semua persoalan di atas penyelesaiannya menjadi tanggung jawab pemerintah dan warganegaranya. Dengan demikian Pembelajaran PKn menjadi semakin strategis dan penting untuk membentuk kepribadian yang berwawasan NKRI. Dalam upaya membangun bangsa dan negara yang berkepribadian, memiliki watak kebangsaan serta memiliki kecintaan terhadap tanah air, disinilah peran strategis pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang harus dilakukan secara tri-pusat (yakni; pendidikan di sekolah, keluarga, dan masyarakat) menjadi semakin penting dan mendesak.Item Pengaruh Giberelin Terhadap Perkembangan Biji Dan Komponen Hasil Tanaman Kedelai(2015-04-11) Rasyad, Aslim; Zuhry, Elza; NurbaitiThe objective of this experiment was to determine the response of several cultivars of soybean to gibberellins (GA3) application. Three soybean genotypes were grown in plots of 3,2 m x 3 m with planting rate of 15 plants per m2. The experiment were assigned in a split plot design with three replications, in which three rates of GA3 as main plot and genotypes as subplots. The rates of GA3 concentration were 125 ppm, 250 ppm and control, and applied to the plant at 21 days after planting. Ten pods were sampled every five days from randomly selected plants to observed seed dry weight. In addition we observed seed dry matter accumulation rate, effective filling period, grain yield m-2, and 100-seed weight. The change of seed dry weight were very slow until 20 days after anthesis (DAA), then, increased steadily until 40 DAA and reached physiological maturity at 50 DAA for all varieties. The pattern of seed development was different among cultivars but almost similar among the three GA3 concentrations exept for Grobogan, in which seed from plants sprayed by 250 ppm GA3 showed lower rate than 125 ppm and control. Dry matter accumulation rate of soybean cultivars sprayed by GA3 at a rate of 125 ppm increased for around 30% for Anjasmoro and Grobogan compare to control and 250 ppm. Grain yield tent to increase by spraying GA3 at 125 ppm mainly for Argomulyo and Wilis and decreased beyond the concentrationItem POTENSI PENGEMBANGAN INDUSTRI KELAPA SAWIT DI DAERAH RIAU(2013-04-01) Syahza, Almasdi; Rosnita; Suwondo; Nasrul, BesriKelapa sawit merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia yang berperan dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Kontribusinya cukup besar dalam menghasilkan devisa dan penyerapan tenaga kerja. Perkembangan industri pengolahan CPO dan turunannya di Indonesia selaras dengan pertumbuhan areal perkebunan dan produksi kelapa sawit sebagai sumber bahan baku. Sampai tahun 2011 luas perkebunan kelapa sawit mencapai 2.103.175 ha dengan produksi TBS sebesar 36.809.252 ton. Sementara kapasitas olah pabrik kelapa sawit (PKS) hanya sebesar 30.019.200 ton. Hasil analisis menunjukkan daya dukung wilayah (DDW) sebesar 1,584. Seharusnya setiap TBS harus diolah dalam waktu kurang dari 8 jam atau DDW untuk PKS harus kecil dari 1 (DDW,1). Tingginya produksi perkebunan kelapa sawit di Riau merupakan potensi untuk menambah PKS. Hasil perhitungan berdasarkan perkembangan luas lahan dan produktivitas kebun, daerah Riau masih kekurangan PKS sebanyak 16 unit dengan kapasitas olah 60 ton/jam atau identik dengan 21 unit PKS yang kapasitas 45 ton/jam. Kekurangan PKS tersebut berdampak terhadap harga dan pendapatan petani kelapa sawit di pedesaan. Tingginya kebutuhan PKS di Daerah Riau merupakan peluang bisnis bagi investor untuk mengembangkan PKS dan industri produk turunan dari kelapa sawit.Item PUBLIC PERCEPTION OF THE VALUE OF LOCAL WISDOM OF THE TRADITION OF THE VILLAGE THE LEFT KAMPAR(Jurnal PPKN dan Hukum, 2019-04-01) Wahyuni, Sri; Hambali, Hambali; Arianto, JumiliThis research aims to determine the implementation of the local customs prohibitions in the village of rice fields Kampar left and for know how the public’s perception of the value of local wisdom of the tradition of the village the left Kampar. Respondents in this study were 50 people using purposive sampling techniques. The data collection techniques that are done are observation, polls, and interviews. This from of research is a qualitative descriptive. The method of study used is the mix method. thismet hod is done by collecting data and analysis of qualitative data at a later stage to reinforce the research results. Based on the results of the research conducted on the public perception of local wisdom in the village of rice field prohibition in the left Kampar district, it can be concluded that the overall data on public perception about local wisdom under the prohibition of many states that the tradition of a ban is very good prohibition of 86,14%. Based on the results of the research and analysis of data, the researchers give recommendations to the community of rice fields should be more concerned about the tradition of a prohibition in kampar, especially in the village of rice field Kampar left district.Item RAJA HAJI FISABILILLAH MEMERINTAH TAHUN 1729 – 1746(Seminar International Kurikulum Pendidikan Sejarah di Sekolah dalam Perspektif Indonesia dan Malaysia Ke-1, 2017-03-21) Daikana Kemalawati, Arba’yah; Hambali, HambaliKekuasaan Kompeni Belanda di Melaka sejak tahun 1641 telah semakin kuat dan telah mampu menguasai perairan, pelayaran dan perdagangan di Selat Melaka, yang sejak masa kejayaan Nasional (400-1600) telah berperan sebagai jalur lintas orang, jalur lintas barang dan perdagangan, jalur lintas kebudayaan dan agama. Raja Haji Yang Dipertuan Muda Riau ke IV, yang sejak usia muda telah dipersiapkan untuk mengenal peta politik masa itu mengadakan pengawasan yang tajam terhadap sepak terjang politik Belanda di Melaka. Ia pun telah sejak lama mempersiapkan diri dan daerah Kerajaan Riau dengan sebaik-baiknya guna menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi, yang sewaktu-waktu dapat mengancam wilayah Kerajaan Riau.Raja Haji adalah putera Daeng Celak Yang Dipertuan Muda Riau II (Perdana Menteri) yang menjabat pada periode 1729-1746 ia dilahirkan sekitar tahun 1727 di Kota Lama, Hulu Riau. Ia dibesarkan dalam lingkungan sosial yang berpegang teguh pada adat istiadat raja-raja Melayu Riau.Di bawah memerintahan YDM Raja Haji dan Sultan Mahmud Syah (III), pelabuhan Riau terbuka bagi tiap-tiap bangsa, bandar-bandar Riau menerima tiap-tiap pedagang yang datang dari mana saja. Tidak heran dimasa pemerintahan ini, kerajaan Riau tumbuh dan berkembang dengan pesat.Selama Raja Haji memangku jabatan Yang Dipertuan Muda Riau, ia telah berhasil membawa kemakmuran bagi negeri Riau, dan rakyat secara merata serta mempertahankan marwah dan martabat bangsa yang pantang menyerah kepada pihak penjajah Belanda. Raja Haji gugur dalam pertempuran di Teluk Ketapang sebagai seorang pahlawan bangsaItem REORIENTASI DAN EKSISTENSI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI)(Jurnal PPKN dan Hukum Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 2007-10-01) Hambali, HambaliOrientasi dan pemahaman mengenai hakikat dan dasar berdirinya Negara sangat penting dipahami komponen bangsa agar sadar akan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dalam beberapa perkuliahan pada matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Pokok bahasan Wawasan Nusantara sebagian besar mahasiswa belum memahami secara mantap tentang konsepsi NKRI. Padahal kecintaan sesuatu bangsa terhadap tanah airnya adalah sudah menjadi kewajiban mutlak dari pada bangsa itu. Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik. Pasal 18 ayat (1) NKRI dibagi atas daerah-daerah provinsi... dst. Pasal 25A: NKRI adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak- haknya ditetapkan dengan undang-undang. Pasal 37 ayat (5) UUD 1945: Khusus tentang bentuk NKRI tidak dapat dilakukan perubahan.Item STUDI NILAI SOSIAL BUDAYA PADA MASYARAKAT MELAYU PELALAWAN(JURNAL PERENCANAAN SOSIAL, 2018-04-01) Hambali, Hambali; Ras, FakriThis study aims to obtain explanations of the existence of the valuc of Social Culture on Malay Customary People Pelalawan Riau Province, where the social valuc has an important meaning in order to make the MclayuPclalawan conmnunity has identity and dignity.According to historical records, in the past MelayuPelalawan pcople had animism-dinamism beliefs, then in the VII/VIfl century AD or the finst century of the Hijri ycar, MclayuPclalawan's have become acquainted with Islam brought by Muslim traders from the Middle East.So thc culture that is the guidance, orientation and control of behavior and all the actions of the Malays.Because of acculturation and the process time to produce a new civilization.Pelalawan district government has been instrumental in perpetuating cultural values, but in realizing the programs and cfforts to preserve the development of socio-cultural values arc always faced with the supporting and inhibiting factors.This rescarch is carricd out with qualitative approach, according to Bogdan (1992) *qualitative approach is social, cultural and philosophy research procedure which producc dcscriptivc data in the form of words or notes related to meaning, value and understanding".Sources of data and iformation collected through interviews and literature on the study of socio-cultural values in Pclalawan socicty of Riau Province are;1) Indigenous leaders, community Teaders, cultural, and community:2) LKAM of Pelalawan Regency, and3)The literature available.The Tesult of the study is that in Pclalawan Mclayu socicty there is a set of socio-cultural values that have been rooted and aligned in the life of the society, socio-cultural values of socety such as language, tnbal, mysticism, marriage, literature, poem, and arts.These superior cultural valucs are instrumental in the development.