LRP-Science and Education
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing LRP-Science and Education by Subject "Hasil belajar"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Mengunakan Peta Konsep Pada Siswa Kelas Viii.3 Smpn 2 Pekanbaru Tahun Ajaran(2015-07-28) CorinoritaTelah dilakukan penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mengetahui hasil belajar Biologi siswa kelas VIII.3 SMPN 2 Pekanbaru Tahun Ajaran 2007/2008 dengan menggunakan peta konsep. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2007. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 SMPN 2 Pekanabaru. Dengan jumlah siswa 40 orang terdiri dari 21 orang laki-laki 19 orang perempuan. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah Hasil belajar siswa, ketuntasan belajar siswa, aktifitas dan aktifitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama siklus I , rata-rata hasil belajar yaitu 77,80 (tinggi) dan pertemuan kedua rata-rata hasil belajar yaitu 83,89 (tinggi) dengan rata-rata ulangan harian 75,59 (tinggi). Hasil belajar pada pertemuan pertama siklus I I yaitu 80,52 (tinggi) dan pertemuan kedua 92,56 (sangat tinggi). Penggunaan peta konsep dapat mengingkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.3 SMPN 2 Pekanbaru Tahun Ajaran 2007/2008.Item PERBAIKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN ASESMEN KINERJA PADA MATA KULIAH STRUKTUR HEWAN(2014-05-19) Arnentis; Febrita, EIyaPenelitian ini bertujuan untuk perbaikan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau melalui penerapan asesmen kinerja (performance assessment) pada mata kuliah Struktur Hewan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian adalah mahasiswa program S1 Pendidikan Biologi yang mengambil mata kuliah Struktur Hewan berjumlah 23 orang terdiri dari 3 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Parameter dalam penelitian ini adalah aktivitas mahasiswa dengan indikator kemampuan menggambarkan objek, kemampuan mengidentifikasi ohejek dan kerja sama. Parameter lainnya adalah hasil belajar. Skor rata-rata aktivitas belajar individu mahasiswa pada siklus I adalah 92,52% dan pada siklus II adalah 95,18%. Sedangkan skor rata-rata aktivitas belajar kelompok mahasiswa pada siklus I adalahb7,03 % dan siklus II adalah98,15 %. Aktivitas belajar individu dan kelompok mahasiswa tergolong sangat aktif. Hasil belajar mahasiswa dikumpulkan dari nilai posttest dan ujian blok pada akhir setiap siklus. Rata-rata penguasaan materi mahasiswa pada siklus 1 adalah 69,06% dengan kategori baik dan pada siklus II adalah 69,41 % denga kategori baik. Penerapan asesmen kinerja pada mata kuliah Struktur Hewan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa Progran Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau Tahun akademis 2012/2013.