LRP-Lecturer Research Report
Permanent URI for this community
Browse
Browsing LRP-Lecturer Research Report by Subject "aktivitas"
Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
Item PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MELALUI PHYSICAL SELF ASESSMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FAPERIKA PADA MATA KULIAH MANAJEMEN KESEHATAN IKAN(2013-05-28) Riauwaty, Morina; Lukistyowati, IesjePenelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa FAPERIKA pada mata kuliah Manajemen Kesehatan Ikan dengan penerapan model pembelajaran langsung kooperatif melalui physical self asessment. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau pada semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Budidaya Perairan yang mengambil mata Manajemen Kesehatan Ikan yang berjumlah 54 orang (24 perempuan dan 20 laki-laki). Metode pembelajaran langsung (direct instruction) dirancang khusus untuk menunjang proses belajar mahasiswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dan dengan pola yang bertahap. Parameter penelitian yang diamati adalah keterampilan proses, hasil belajar mahasiswa, aktivitas belajar mahasiswa dan aktivitas dosen. Prosedur penelitian meliputi, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data keterampilan proses, hasil belajar (daya serap, ketuntasan belajar mahasiswa), aktivitas mahasiswa dan aktivitas dosen akan dihitung berdasarkan (Purwanto, 2007) dan dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa hasil daya serap mahasiswa mengalami peningkatan dari dari 75,44% (cukup) pada siklus I dan menjadi baik (85,55%) pada siklus II, ketuntasan mahasiswa juga mengalami peningkatan dari 81,04% pada siklus I dan 87,93% pada siklus II, aktivitas mahasiswa mengalami peningkatan dari kategori cukup (83,61%) pada siklus I, menjadi kategori baik (90,42%) pada siklus II. Dari hasil ioni dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung melalui physical self assesment dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Kesehatan Ikan.Item PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MELALUI PHYSICAL SELF ASESSMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FAPERIKA PADA MATA KULIAH MANAJEMEN KESEHATAN IKAN(2013-05-21) Riauwaty, Morina; Lukistyowati, IesjePenelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa FAPERIKA pada mata kuliah Manajemen Kesehatan Ikan dengan penerapan model pembelajaran langsung kooperatif melalui physical self asessment. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau pada semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Budidaya Perairan yang mengambil mata Manajemen Kesehatan Ikan yang berjumlah 54 orang (24 perempuan dan 20 laki-laki). Metode pembelajaran langsung (direct instruction) dirancang khusus untuk menunjang proses belajar mahasiswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dan dengan pola yang bertahap. Parameter penelitian yang diamati adalah keterampilan proses, hasil belajar mahasiswa, aktivitas belajar mahasiswa dan aktivitas dosen. Prosedur penelitian meliputi, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data keterampilan proses, hasil belajar (daya serap, ketuntasan belajar mahasiswa), aktivitas mahasiswa dan aktivitas dosen akan dihitung berdasarkan (Purwanto, 2007) dan dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa hasil daya serap mahasiswa mengalami peningkatan dari dari 75,44% (cukup) pada siklus I dan menjadi baik (85,55%) pada siklus II, ketuntasan mahasiswa juga mengalami peningkatan dari 81,04% pada siklus I dan 87,93% pada siklus II, aktivitas mahasiswa mengalami peningkatan dari kategori cukup (83,61%) pada siklus I, menjadi kategori baik (90,42%) pada siklus II. Dari hasil ioni dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung melalui physical self assesment dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Kesehatan Ikan.Item PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN LINGKUNGAN (IPL) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIOLOGI FKIP UNRI(2013-02-25) RosmainiTelĀ£ih dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas belajar mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada mata kuliah Ilmu Pengetahuan Lingkungan (IPL). Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 28 April - 9 Juni 2008. sebagai subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNRI semester genap T.A 2007/2008 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 48 orang ( 6 laki-laki dan 42 perempuan ). Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan parameter yaitu : Hasil belajar dan aktivitas mahasiswa. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil belajar pada siklus I sebesar 84,11 % dan pada siklus ke II sebesar 80,93 % yang secara kualitatif tidak mengalami peningkatan yaitu dalam kategori baik. Rata-rata aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I adalah 76,70 % (Baik) dan pada siklus ke II meningkat menjadi 82,23 % (Baik). Ketuntasan belajar mahasiswa secara klasikal pada siklus I 100 % (tuntas) dan siklus II juga 100 % (tuntas). Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model kooperatif tife TSTS diperoleh hasil belajar baik dan aktivitas meningkat.