Browsing by Author "Yusuf, Yustini"
Now showing 1 - 7 of 7
Results Per Page
Sort Options
Item KETERAMPILAN PROSES DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA MAN 2 MODEL PEKANBARU TAHUN AJARAN 2010/2011(2014-04-12) Syafii, Wan; Yasin, Ruhizan Mohammad; Yusuf, Yustini; Fitria, ApniTelah dilakukan penelitian yang bersifat eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hal keterampilan proses, penguasaan konsep dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran biologi di kelas XIIPA MAN 2Model Pekanbaru Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian dilakukan dimulai dari bulan Oktober sampai Desember 2010. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 12 orang laki-laki dan 18 orang perempuan dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 13 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Variabel dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning (PBL) sebagai variabel bebas dan keterampilan proses dan penguasaan konsep siswa sebagai variabel terikat. Keterampilan proses siswa dengan indikator keterampilan observasi, klasifikasi, komunikasi, inferensi dan aplikasi dan penguasaan konsep dengan test. Rata-rata persentase keterampilan proses siswa pada kelas eksperimen yaitu 93,96% lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan proses siswa pada kelas kontrol yaitu 34,21%. Penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen yaitu 82,05% sedangkan pada kelas kontrol yaitu 77,98%. Hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu 88,02 dan kelas kontrol 56,12 yang berbeda secara signifikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hal keterampilan proses, penguasaan konsep dan hasil belajar.Item KETERAMPILAN PROSES DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA MAN 2 MODEL PEKANBARU TAHUN AJARAN 2010/2011(2014-06-26) Syafii, Wan; Yasin, Ruhizan Mohammad; Yusuf, Yustini; Fitria, ApniTelah dilakukan penelitian yang bersifat eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hal keterampilan proses, penguasaan konsep dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran biologi di kelas XI IPA MAN 2 Model Pekanbaru Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian dilakukan dimulai dari bulan Oktober sampai Desember 2010. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 12 orang laki-laki dan 18 orang perempuan dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 13 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Variabel dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning (PBL) sebagai variabel bebas dan keterampilan proses dan penguasaan konsep siswa sebagai variabel terikat. Keterampilan proses siswa dengan indikator keterampilan observasi, klasifikasi, komunikasi, inferensi dan aplikasi dan penguasaan konsep dengan test. Rata-rata persentase keterampilan proses siswa pada kelas eksperimen yaitu 93,96% lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan proses siswa pada kelas kontrol yaitu 34,21%. Penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen yaitu 82,05% sedangkan pada kelas kontrol yaitu 77,98%. Hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu 88,02 dan kelas kontrol 56,12 yang berbeda secara signifikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hal keterampilan proses, penguasaan konsep dan hasil belajar.Item Pelatihan dan Bimbingan Perancangan Pengembangan Pembelajaran Inovatif Bagi Guru-guru IPA SD Bangkinang Kota Kabupaten Kampar(2013-04-22) Rosmaini; Suryawati, Evi; Yustina; Natalina, Mariani; Yusuf, YustiniAcara pelatihan dilakukan di SD 006 Langgini Bangkinang Kota Kabupaten Kampar terdiri dari 20 orang guru-guru SD, 11 orang sudah sarjana dan 9 orang masih D2, Waktu pelaksanaanya mulai survey tanggal 25 September sampai 13 Oktober. Acara pertemuan I diikuti oleh Kepala Sekolah, Kepala Bidang pendidikan dan Staf Guru untuk membicarakan teknis pelaksanaan kegiatan yang melibatkan KKG dari beberapa Gugus Kabupaten Kampar. Dari hasil kesepakatan ditentukan bentuk kegiatan: Pelatihan dan Bimbingan Perancangan Pengembangan Pembelajaran Inovatif Bagi Guru-Guru IPA SD Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Dari 20 orang guru yang diberi tugas membuat perangkat pembelajaran tersebut, hanya 13 orang yang membuat, dari 13 orang ini hanya 8 orang yang perangkatnya yang sudah benar, dan 5 orang lagi yang belum lengkap seperti tidak membuat LKS dan lembaran post test. Dari hasil pelatihan tersebut ternyata para guru-guru yang hadir sangat antusias mengikuti dan mengamati, guru-guru mensimulasikan perangkat-parangkat yang dibuatnya sendiri didepan kelas, dengan mendiskusikan dan bertanya jawab sehingga mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru bagi guru-guru tersebut.Item PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP N 21 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2009/2010(2014-02-22) Natalina, Mariani; Yusuf, Yustini; MaifitriThe purpose of the research is for increasing motivation and learning outcomes of biological science in VII class at SMP N 21 Pekanbaru, through using substance teachbase on CTL.The kind of this research is research of class action (ptk). Research was held on may until iune 2010.Subject of this research is the students of VII4 clss with 41 student, (22 men and 19 women), with parameter motivation and learning outcome. instrument is questioner and test. The average score of science biology student learning motivation prior to the use of CTL based instructional materials2.4(Iow), whereas after the use of CTL based teaching materials obtained an average score of 3.09 (high). Researchoutcome howed that learning completeness of students on first cycle is equal 82.9% with average70.43 increase on second cycle become 100% with average is equal 81.03 based on this research, we can conclude about using substance teach base on CTL can increase motivation and learning outcome of biological science in VII4 class at SMP N 21 pekanbaru scholl year 2009/2010Item PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SISWA KELAS VII4 SMP NEGERI 21 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2009/2010(2014-06-26) Natalina, Mariani; Yusuf, Yustini; MaifitriThe purpose of this research is for increasing motivation and learning outcomes of biological science in VII4 class at SMP N 21 Pekanbaru, through using substance teach base on CTL. The kind of this research is research of class action (PTK). Research was held on may until june 2010. Subject of this research is the students of VII4 class with 41 students (22 men and 19 women), with parameter motivation and learning outcome. Instrument is questioner and test. The average score of Science Biology student learning motivation prior to the use of CTL based instructional materials 2.14 (low), whereas after the use of CTL based teaching materials obtained an average score of 3.09 (high).Research outcome showed that learning completeness of students on first cycle is equal to 82,9% with average 70,43 increase on second cycle become 100% with average is equal 81,03. based on this research, we can conclude about using substance teach base on CTL can increase motivation and learning outcome of biological science in VII 4 class at SMP N 21 Pekanbaru school year 2009/2010.Item Peningkatan Hasil Beujar Biologi Dasar Menggunakan Model Kooperatif Tipe TSTS Pada Mahasiswa Biologi Fkip Unri(2015-07-07) Rosmaini; Yusuf, YustiniTelah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa semester I dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada mata kuliah Biologi Dasar. Penelitian ini dilaksanakan dari April sampai dengan November 2007. Sebagai subjek penelitian adalah mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNRI T.A 2007/2008 dengan jumiah mahasiswa 48 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 42 orang wanita. Dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Parameter yang diukur adalah aktivitas dan hasil belajar Biologi Dasar mahasiswa. Data dianalisa dengan analisa deskriftif. Rata-rata aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I adalah 86.85% dengan kategori baik mcningkat menjadi 90.78% dengan kategori baik pada siklus II. Rata-rata aktivitas dosen dalam PBM pada siklus I yaitu 83,33 % (Baik) dan pada siklus II yaitu 100 % (Baik Sekali). Rata-rata daya scrap mahasiswa pada siklus I adalah 71,54 (Baik) dan pada siklus II adalah 82,81 (Baik). Hasil belajar mahasiswa dari nilai LKM rata-rata pada siklus I adalah 87,21 dan pada siklus II adalah 97,65. Kctuntasan belajar mahasiswa sccara klasikal yaitu 54,2 % (Tidak tuntas), pada siklus II adalah 91,7 % (Tuntas). Penghargaan kclompok pada siklus I semua kelompok Super dan pada siklus II terdiri dari kclompok Super dan Hcbat. Dari hasil penelitian, pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada kegiatan belajar mengajar Biologi dasar dapat meningkatkan hasil belajar Biologi Dasar pada Mahasiswa semester 1 di Program studi Pendidikan Biologi FKIP UNRI T. A. 2007/2008. Pokok bahasan : Sel sebagai satuan fungsional, Struktur dan komposisi kimia dalam tubuh ogansisme, Struktur dan organisasi tubuh tumbuhan dan hewan, kcanekaragaman hayati dan fisiologi).Item PROFIL KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA BIOLOGI PADA PEMBELAJARAN IPA(2014-02-22) Natalina, Mariani; Yusuf, YustiniPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik mahasiswa biologi pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa biologi -d-gn sampel adalah mahasiswa yang telah melaksanankan PPL T.A. 2008/2009 (mahasiswa reguler 33 orang) dan mahasiswa yang akan melaksanakan PPL T.A. 200912010 (mahasiswa reguler 43 orang). Teknik pengumpulan data menggunakan seperangkat tes kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik dengan total soal sebanyak 28 soal. Persentase tingkat kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik dapat dilihat dari indikator penguasaan materi pembelajaran IPA pada mahasiswa yang telah melaksanakan PPL T.A. 2008 /2A09 dan mahasiswa yang akan melaksanakan PPL T.A. 200912010 secara berurut adalah sebesar 58,69yo dengan kriteria kurang dan 49,l3 % dengan kriteria gagal dan merancang perencanaan perangkat pembelajaran IPA sebesar 73,58% dengan kriteria baik pada mahasiswa yang telah melaksanakan PPL T.A. 2008/2009 dan 68,54% dengan kriteria cukup pada mahasiswa yang akan melaksanakan PPL T.A.2009/2010. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disirnpulkan bahwa kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik mahasiswa biologi yang telah melaksanakan PPL T.A. 2008/2009 dan mahasiswa biologi yang akan melaksanakan PPL T.A.2009/2010 pada pembelajaran IPA secara berurut adalah sebesar 66,130A dengan kriteria cukup dan 58,01% dengan kriteria kurang.