2.Peranan Riset Dalam Menigkatkan Mutu Pendidikan Untuk Menuju Universitas Riset
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing 2.Peranan Riset Dalam Menigkatkan Mutu Pendidikan Untuk Menuju Universitas Riset by Author "Bey, Yusnida"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item PENERAPAN STUDENT-CENTERED LEARNING (SCL) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( Student Teams Achievement Division) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN(2012-11-12) Wulandari, Sri; Bey, YusnidaTelah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran di Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MlPA FKIP UNRI pada Semester Genap Tahun ajaran 2007/2008 dari bulan Maret sampai Mei 2008,. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran Fisiologi Tumbuhan. Subyek penelitian adalah mahasiswa Program Strata 1 Pendidikan Biologi yang mengambil mata kuliah Fisiologi Tumbuhan yang berjumlah 31 mahasiswa (2 laki-laki dan 29 perempuan). Penelitian dilaksanakan 2 siklus. Siklus I terdiri dari 4 kali pertemuan dan 1 kali tes (kuis )). Siklus ke II terdiri dari 3 kali pertemuan ,1 kali tes (kuis) . Setiap pertemuan berlangsung selama 3 X 50 menit. Parameter yang diamati meliputi: (1) Hasil belajar yang dilihat dari daya serap setiap pertemuan dan ketuntasan individu mahasiswa , (2) Aktivitas mahasiswa selama proses pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada setiap pertemuan dengan katagori tinggi (70 - 89). Test siklus I dan ke II termasuk katagori sedang dengan rata-rata 60,8 dan 64,1. Penghargaan kelompok pada siklus I, 5 kelompok baik dan hanya 3 kelompok yang hebat sedangkan siklus ke II, 7 kelompok menjadi hebat dan 1 kelompok super. Dilihat secara keseluruhan aktivitas mahasiswa yang sudah baik adalah kerjasama 75,8% (baik sekali), menelusuri bahan ajar 96,5% (baik sekali) sedangkan memberi masukan pada kelompok dan menanggapi masih termasuk kurang (35,2%) dan (23,6%), bertanya tergolong cukup (56,8%). Penerapan Student Centered Learning (SCL) melalui model pembelajaran kooperatif Tipe STAD) dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan di Program Studi Biologi TA. 2007/2008