SWL-Science and Education
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing SWL-Science and Education by Author "Abdullah"
Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
Item CHITOSAN GEL + CU 2+ AS THE CORROSION INHIBITOR ON MILD STEEL IN THE PEAT WATER MEDIA(2014-03-10) Erna, Maria; AbdullahThe corrosion inhibition of mild steel by chitosan gel is investigated in peat water by using weight loss measurements. The results showed that the inhibition efficiency on static and dynamic system were 80.28% and 41.8% respectively. The spectrum analysis done by Fourier Transform Infrared Spectroscopy (FT-IR) from the corrosion product on steel surface showed that chitosan gel could obstruct the process of corrosion on mild steel in peat water media, because it formed Fe-chelating compounds. The characterization by Scanning Electron Microscopy (SEM) showed that chitosan gel forming a passivatable layer. To increase the corrosion inhibition efficiency in the dynamic system in this research done by modification with Cu2+ ions. The result of experiment showed that the increase of inhibition efficiency is reaching 60%.Item PENERAPAN PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS STRATEGI THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA(2014-02-06) Abdullah; Rery, UsmanMetode pembelajaran diskusi kelas strategi Think-Pair-Share (TPS) dapat dikembangkan untuk melatih keaktifan dan cara berpikir siswa, sehingga dapat meningkatkan partisipasi siswa, melatih komunikasi, dan interaksi diantara siswa. Proses-proses tersebut dapat meningkatkan keaktifan sekaligus meminimalkan siswa yang pasif sehingga lebih aktif secara keseluruhan dan ketuntasan belajar siswa dapat tercapai. Dalam penelitian ini dipelajari penerapan pembelajaran TPS untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan Kesetimbangan Kimia di SMUN 9 Pekanbaru. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode ini ketuntasan belajar individu dapat tercapai dengan persentase ketuntasan sebesar 86,67%. Sedangkan ketuntasan TPK secara klasikal tidak tercapai karena ketuntasan TPK hanya sebesar 82,22%.Item PENERAPAN PEMBELAJARAN PERBINCANGAN KELAS STRATEGI THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA(2014-02-06) Abdullah; Rery, UsmanCara guru menyampaikan bahan pelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Jika bahan pelajaran disajikan secara menarik, besar kemungkinan motivasi dan keaktifan siswa akan semakin meningkat, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Meningkatnya motivasi tersebut juga akan meningkatkan perhatian siswa terhadap bahan pelajaran yang disampaikan oleh guru. Hal ini sesuai dengan pendapat Arikunto (1998) yang mengatakan bahwa materi pelajaran akan terserap dengan baik oleh siswa apabila ia memberikan perhatian terhadap pelajaran tersebut. Tujuan pembelajaran kimia di Sekolah Menengah Umum (SMU) menurut kurikulum 1994 adalah untuk menguasai konsep-konsep kimia dan saling berkaitan serta mampun menerapkan berbagai konsep kimia untuk memecahkan masalah, baik dalam kehidupan sehari-hari mahupun dalam teknologi secara alamiah. Untuk mencapai tujuan tersebut, siswa dimotivasi agar memahami konsep-konsep pelajaran kimia dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Agar tujuan pembelajaran dapat dicapai, seorang guru sebagai fasilitator dan motivator bagi siswa dalam proses pembelajaran, diharapkan mampu memilih strategi belajar yang dapat mengaktifkan siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini sesuai dengan pendapat Hudoyo (1998) yang mengemukakan bahwa strategi pembelajaran akan menentukan terjadinya proses pembelajaran yang selanjutnya menentukan prestasi belajar siswa. dalam model pembelajaran seperti ini, siswa tidak terlibat banyak untuk mengetahui lebih jauh tentang pelajaran tersebut