Abstract:
Realistic Mathematics Education (RME), yang di Indonesia dikenal dengan
sebutan Pendidikan Matematika Realistik (PMR), adalah suatu pendekatan yang
memandang matematika sebagai suatu kegiatan manusia (human activities), dan belajar
matematika berati bekerja dengan matematika (doing mathematics) (Freudental, 1991;
Trefferss, 1987; Gravemeijer, 1994; de Lange, 1997, 1999). Pendekatan ini mulai
dikembangkan semenjak tahun 2001. Idea penerapan RME dilatarbelakangi oleh kurang
berhasilnya penerapan Matematika Moderen atau New Math di Indonesia yang sudah
berlangsung lebih dari tiga dekade. Ketidakberhasilan ini dapat dilihat dari beberapa
aspek, seperti: pencapaian belajar matematika pelajar pada umumnya rendah, proses
pembelajaran matematik secara umum dilaksanakan secara mekanistik dan konvensional,
serta ramai guru yang tidak menguasai konsep matematik yang diajarkan (Fauzan
2002a, 2002b; Marsigit, 2000; Soedjadi, 2000; Somerset, 1997). Pendekatan RME untuk
matematik sekolah secara luas dikenali sebagai penyedia terbaik dan terperinci yang
dikembangkan dari pendekatan pendidikan matematik berdasarkan masalah (Nadi 2002).
Pendekatan pembelajaran RME ini dikembangkan oleh Institut Freudenthal Belanda
bermula pada 1971. Pendekatan pengajaran dan pembelajaran dengan nama Realistic
Mathematics Edubation (RME) memiliki lima ciri utama iaitu: (1) menggunakan
pengalaman pelajar dalam kehidupan seharian, (2) mengubah realiti ke dalam model,
kemudian mengubah model melalui proses matematik vertikal sebelum sampai kepada
bentuk formal, (3) menggunakan keaktifan pelajar, (4) dalam mewujudkan matematik
pada diri pelajar diperlukan adanya diskusi, soal jawab dan (5) adanya keterjalinan
konsep dengan konsep, topik dengan topik sehingga pembelajaran matematik lebih
holistik daripada parsial (Ruseffendi 2003). Prinsip-prinsip pendekatan RME adalah (1)
penemuan terbimbing, (2) fenomena didaktik dan (3) model yang dikembangkan sendiri.
Provinsi Riau juga sudah memulai melaksanakan pengajaran dengan pendekatan RME
pada tahun 2009. lmplementasi pengajaran dengan pendekatan RME di Provinsi Riau
untuk beberapa topik pada tingkatan sekolah rendah sudah dijalankan