PEMETAAN DAN PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI KOTA DUMAI DAN KABUPATEN ROKAN HILIR PROVINSI RIAU
No Thumbnail Available
Date
2014-02-22
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan di Kota Dumai dan kabupaten Rokan Hilir
Propinsi Riau sudah dilakukan dengan berbagai upaya, tetapi hasilnya belum sesuai
dengan harapan. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan: 1) Mengungkap peta
kompetensi peserta didik; 2) Mengungkap faktor penyebab peserta didik tidak
menguasai pokok bahasan tertentu; 3) Menemukan rumusan altenatif pemecahan untuk
meningkatkan komptensi peserta: 4) Merumuskan model implementasi pemecahan
masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah descriptive research Data
dikumpulkan melalui dokumentesi, angket, observasi kelas, wawancara dengan guru
kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara, TU. Analisis dilaksanakan secara
deskriptif. hasil penelitian ini adalah: I ) Masih terdapat Standar Kompetensi
(SK)/Kompetensi l)dasar(KD) yang diuji yang skor nya di bawah standar kelulusan <5,5
baik kelornpok IPA maupun iPS untuk SMA 2) Faktor penycbab sehingga peserta
didik di kota Dumai dan kabupaten Rokan Hilir tidak menguasai pokok bahasan tertentu,
yaitu: (a) Standar Isi dan (b) Standar Proses; (c) Standar Kelulusan (d) Standar Pendidik
dan tenaga Kependidikan; (e). Standar Sarana dan prasarana (f) Srandar Pengelolaan;
(g) Standar Pembiayaan; (h) Standar Penilaian 3) Rumusan alternarif pemecahan untuk
meningkatkan kompetensi peserta didik (nilai ujian nasional) adalah: (1) perlu parbaikan
dalam standar isi; dan (2) Standar Proses 4) Model yang direkomendasikan adalah
model Pembimbingan guru MGMP yaitu merupakan program kemitraan antara
perguruan tinggi. Pemerintah daerah dan Sekolah yang menjadi sasaran Pembinaan
Description
Keywords
pemetan, pengembangan, mutu, pendidikan