Analisa CFD Kapal Passenger-Logistic Carrier dengan Variasi Hull Form
No Thumbnail Available
Date
2014-02-04
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan desain hull form terbaik bila ditinjau dari segi tahanan
dan analisis CFD. Hull form divariasi menjadi tiga bentuk yaitu, hull form berbentuk hard chine awal,
hard chine hasil optimasi dan round bilge hasil optimasi melalui pertimbangan teknis dan safety.
Dengan melakukan optimasi mengacu ukuran utama awal, diperoleh hasil tahanan terkecil pada hull
form berbentuk round bilge hasil optimasi dengan besar 30,521 kN dengan persentase 84% di
banding dengan desain awal. Dari analisis CFD, disimpulkan bahwa hull form bentuk round bilge
optimal mempunyai tinggi gelombang yang lebih rendah di sekeliling kapal dan juga tinggi
gelombang di belakang lambung yang relative kecil dibandingkan jenis kapal lainnya.
Description
Keywords
hull form, CFD, tahanan, tinggi gelombang