DSpace Repository

Perbaikan Desain Kapal Perikanan Pada Tahap Pleriminary Desain Untuk Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Show simple item record

dc.contributor.author Rengi, Pareng
dc.contributor.author Hutauruk, Ronald Mangasi
dc.date.accessioned 2014-02-04T02:37:48Z
dc.date.available 2014-02-04T02:37:48Z
dc.date.issued 2014-02-04
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri https://repository.unri.ac.id/handle/123456789/5471
dc.description.abstract Meningkatnya konsumsi bahan bakar di tengah cadangan minyak bumi yang semakin menipis, memerlukan solusi untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil. Namun penelitian-penelitian terbaru untuk pemecahan masalah ini masih memerlukan penyempurnaan dan tambahan waktu ke depan agar aplikasinya dapat dirasakan masyarakat. Salah satu yang dapat dilakukan untuk menekan penggunaan bahan bakar pada transportasi misalnya armada kapal perikanan, adalah mendesain hullform yang optimum. Penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa hullform yang optimum mampu mempertinggi efisien kapal saat melakukan operasi penangkapan. Sayangnya kapal perikanan tradisional secara umum dibangun tanpa memiliki rencana garis, rencana umum, dan perhitungan lainnya. Padahal hal ini diperlukan untuk mengetahui karakteristik awal tentang efisiensi kapal terhadap bahan bakar saat berlayar. Kapal perikanan dengan aspek hidrodinamika yang baik dapat menekan 15% kebutuhan energi saat beroperasi. Untuk itu, pada penelitian ini bertujuan mengubah bentuk hullform pada kapal perikanan yang digunakan di daerah Bengkalis, untuk menghasilkan efisiensi maksimum. Kapal perikanan dimodelkan dnegan menggunakan Maxsurf dan dibandingkan hambatannya sebelum dan setelah diperbaiki. Apabila kapal perikanan tersebut telah memiliki efisiensi yang tinggi, maka biaya operasional kapal yang 40% disumbang oleh kebutuhan terhadap bahan bakar dapat direduksi. Hasil yang diperoleh adalah bentuk hullform setelah melalui mengalami perubahan mampu menurunkan konsumsi bahan bakar hingga lebih dari 11%. en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2014-02-04T02:37:48Z No. of bitstreams: 3 cover.pdf: 908119 bytes, checksum: 16cdc560ab7cbfd8fd8dbab4a1dea915 (MD5) Daftar Isi Prosiding SEMNAS XVIII.pdf: 742064 bytes, checksum: 841aba5d44369694e0e9f6fca40ae9aa (MD5) Artikel MMT ITS 2013.pdf: 575619 bytes, checksum: 6f28b19cc38ecfb0199e34727f9ab15d (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2014-02-04T02:37:48Z (GMT). No. of bitstreams: 3 cover.pdf: 908119 bytes, checksum: 16cdc560ab7cbfd8fd8dbab4a1dea915 (MD5) Daftar Isi Prosiding SEMNAS XVIII.pdf: 742064 bytes, checksum: 841aba5d44369694e0e9f6fca40ae9aa (MD5) Artikel MMT ITS 2013.pdf: 575619 bytes, checksum: 6f28b19cc38ecfb0199e34727f9ab15d (MD5) en
dc.description.sponsorship Seminar Nasional Manajemen Teknologi XVIII tahun 2013 en_US
dc.language.iso en en_US
dc.subject efisiensi en_US
dc.subject kapal perikanan en_US
dc.subject hullform en_US
dc.subject bahan bakar en_US
dc.title Perbaikan Desain Kapal Perikanan Pada Tahap Pleriminary Desain Untuk Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar en_US
dc.type UR-Scientific Work Lecturer en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account