Browsing by Author "Rosmaini"
Now showing 1 - 5 of 5
Results Per Page
Sort Options
Item Pelatihan dan Bimbingan Perancangan Pengembangan Pembelajaran Inovatif Bagi Guru-guru IPA SD Bangkinang Kota Kabupaten Kampar(2013-04-22) Rosmaini; Suryawati, Evi; Yustina; Natalina, Mariani; Yusuf, YustiniAcara pelatihan dilakukan di SD 006 Langgini Bangkinang Kota Kabupaten Kampar terdiri dari 20 orang guru-guru SD, 11 orang sudah sarjana dan 9 orang masih D2, Waktu pelaksanaanya mulai survey tanggal 25 September sampai 13 Oktober. Acara pertemuan I diikuti oleh Kepala Sekolah, Kepala Bidang pendidikan dan Staf Guru untuk membicarakan teknis pelaksanaan kegiatan yang melibatkan KKG dari beberapa Gugus Kabupaten Kampar. Dari hasil kesepakatan ditentukan bentuk kegiatan: Pelatihan dan Bimbingan Perancangan Pengembangan Pembelajaran Inovatif Bagi Guru-Guru IPA SD Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Dari 20 orang guru yang diberi tugas membuat perangkat pembelajaran tersebut, hanya 13 orang yang membuat, dari 13 orang ini hanya 8 orang yang perangkatnya yang sudah benar, dan 5 orang lagi yang belum lengkap seperti tidak membuat LKS dan lembaran post test. Dari hasil pelatihan tersebut ternyata para guru-guru yang hadir sangat antusias mengikuti dan mengamati, guru-guru mensimulasikan perangkat-parangkat yang dibuatnya sendiri didepan kelas, dengan mendiskusikan dan bertanya jawab sehingga mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru bagi guru-guru tersebut.Item Pelatihan dan Bimbingan Perancangan Pengembangan Pembelajaran Inovatif Bagi Guru-guru Sains SMP Bangkinang Kota Kabupaten Kampar(2013-04-20) Suryawati, Evi; Natalina, Mariani; Rosmaini; Hussein Arief, RajaKegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini terutama ditujukan kepada guru-guru Sains Biologi SMP Bangkinang kota kabupaten Kampar, peserta kegiatan pelatihan ini berjumlah 20 orang, 18 orang sudah serjana dan 2 orang masih D3. Guru-guru ini umumnya memiliki status kepegawaian PNS dan honorer.. Kegiatan pelatihan dilakukan di SMP Negeri 1 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar ini dilakukan sebanyak 3x pertemuan. Pada pertemuan I, tanggal 25 September 2012 pukul 08.00-10.00 diadakan sosialisai dan survai yang diikuti oleh Kepala Sekolah, Kepala Bidang pendidikan dan Staf Guru untuk membicarakan teknis pelaksanaan kegiatan yang melibatkan KKG dari beberapa Gugus Kabupaten Kampar. Pertemuan ke II tanggal 13 Oktober 2012, pukul 08.00 - 13.00 WIB sebelum pelatihan dimulai pelaksanaan pelatihan, guru-guru diberi angket persepsi guru terhadap pengembangan pengemasan perangkat pembelajaran, setelah itu dilakukan sosialisasi materi tentang penyusunan perangkat pembelajaran, tanya jawab dan diskusi. Pada pertemuan III tanggal 20 Oktober 2012 pukul 08.00-13.00 WIB guru-guru melakukan pemodelan simulasi dan diberikan angket respon. Secara kuantitatif menunjukkan gambaran bahwa peserta sangat antusias mengikuti pelatihan bimbingan perancangan pengembangan pembelajaran inovatif bagi guru-guru sains biologi SMP di sekolah. Kedepan diharapkan mampu membuat perangkat yang lengkap dan menyediakan media yang cocok dengan materi yang akan diajarkan sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik seperti yang diharapkanItem PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI KALANGAN PELAJAR SAINS BIOLOGYI DI SMPN 5 PEKANBARU(2014-02-26) Yustina; Rosmaini; Vebrianto, RianIt was conducted a research of student’s learning result Sains Biology by using constructivism approach at first class in SMPN 5 pekanbaru on march up to mey 2008. The research is aimed to know the influence by using constructivism approach of student’s learning result. The methode used quasi exsperiment. Data collection technique with proposive sample, after homogenues testing the writer dirrectly devided both experimental and controlled class. The parametre of the research is student’s learning result based on cognitive and physicomotoric aspects (skill process). The instruments used were pre test and post test design, in measuring skill process were observation and LKS. Data analysis were homogeneus and significance of t‐test. The cognitive average was 6,23 of experiment with increase 55%, and the controlled was 5,48 with increasing 30,2%. Students result in skill process of exprimental was 73,6% (good) and controlled class was 57,7 (enough). By using t‐test procedure, the‐tsignificance = 24,1 ,and t tabel o,99 = 2,39 , t tabel 0,95 = 2,35. It shows significance influence to the students’s learning result by using constructivism approach. It means, learning biology toward contructivism approach can to increase student’s result of their skill processes.Item PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN LINGKUNGAN (IPL) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIOLOGI FKIP UNRI(2013-02-25) RosmainiTel£ih dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas belajar mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada mata kuliah Ilmu Pengetahuan Lingkungan (IPL). Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 28 April - 9 Juni 2008. sebagai subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNRI semester genap T.A 2007/2008 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 48 orang ( 6 laki-laki dan 42 perempuan ). Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan parameter yaitu : Hasil belajar dan aktivitas mahasiswa. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil belajar pada siklus I sebesar 84,11 % dan pada siklus ke II sebesar 80,93 % yang secara kualitatif tidak mengalami peningkatan yaitu dalam kategori baik. Rata-rata aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I adalah 76,70 % (Baik) dan pada siklus ke II meningkat menjadi 82,23 % (Baik). Ketuntasan belajar mahasiswa secara klasikal pada siklus I 100 % (tuntas) dan siklus II juga 100 % (tuntas). Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model kooperatif tife TSTS diperoleh hasil belajar baik dan aktivitas meningkat.Item Peningkatan Hasil Beujar Biologi Dasar Menggunakan Model Kooperatif Tipe TSTS Pada Mahasiswa Biologi Fkip Unri(2015-07-07) Rosmaini; Yusuf, YustiniTelah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa semester I dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada mata kuliah Biologi Dasar. Penelitian ini dilaksanakan dari April sampai dengan November 2007. Sebagai subjek penelitian adalah mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNRI T.A 2007/2008 dengan jumiah mahasiswa 48 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 42 orang wanita. Dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Parameter yang diukur adalah aktivitas dan hasil belajar Biologi Dasar mahasiswa. Data dianalisa dengan analisa deskriftif. Rata-rata aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I adalah 86.85% dengan kategori baik mcningkat menjadi 90.78% dengan kategori baik pada siklus II. Rata-rata aktivitas dosen dalam PBM pada siklus I yaitu 83,33 % (Baik) dan pada siklus II yaitu 100 % (Baik Sekali). Rata-rata daya scrap mahasiswa pada siklus I adalah 71,54 (Baik) dan pada siklus II adalah 82,81 (Baik). Hasil belajar mahasiswa dari nilai LKM rata-rata pada siklus I adalah 87,21 dan pada siklus II adalah 97,65. Kctuntasan belajar mahasiswa sccara klasikal yaitu 54,2 % (Tidak tuntas), pada siklus II adalah 91,7 % (Tuntas). Penghargaan kclompok pada siklus I semua kelompok Super dan pada siklus II terdiri dari kclompok Super dan Hcbat. Dari hasil penelitian, pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada kegiatan belajar mengajar Biologi dasar dapat meningkatkan hasil belajar Biologi Dasar pada Mahasiswa semester 1 di Program studi Pendidikan Biologi FKIP UNRI T. A. 2007/2008. Pokok bahasan : Sel sebagai satuan fungsional, Struktur dan komposisi kimia dalam tubuh ogansisme, Struktur dan organisasi tubuh tumbuhan dan hewan, kcanekaragaman hayati dan fisiologi).