Browsing by Author "Rahmania, Indah"
Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
Item PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X3 SMA NEGERI 8 PEKANBARU(2014-06-26) Solfitri, Titi; Rahmania, IndahThis is an experimental research using Cooperative Learning as a treatment. The objective of the research is identify the effectiveness of the Cooperative Learning on mathematics achievement. Sample of 1st grade student at 8th senior high school in Pekanbaru were used in the studies. The research shows that the Cooperative Learning with Team Assisted Individualization type more effectiveness on mathematics achievement than conventional method. The Cooperative Learning with Team Assisted Individualization type implicate that student active involvement in learning to solve problem will improve their mathematics achievement effectivelyItem PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X3 SMA NEGERI 8 PEKANBARU(2014-04-12) Solfitri, Titi; Rahmania, IndahPenelitian percobaan ini menggunakan Penerapan Pembelajaran Kooperatif. Object dart penelitian ini adalah mengidentifikasi efektifitas dart Pembelajaran Kooperatif dalam belajar Matamatika. Sande yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Pekanbaru. Hasil penelitian mentatjukkan bahwa Pembelajaran kooperatif dengan tipe Team Assisted Individualization lebih efektif dalam belajar matematika daripada metode lama. Pembelajaran kooperatif dengan tipe Team Assisted Individualization mengindikasikan bahwa siswa lebih aktif dalam belajar untuk menyelesaikan masalah akan meningkatkan kemampuan matematika mereka secara efektif.Item PENERAPAN PEMBELAJARAN KOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIK SISWA(2014-04-12) Solfitri, Titi; Rahmania, IndahKeberhasilan belajar matematika ditentukan oleh proses pembelajaran matematika yang dilaksanakan oleh siswa dan guru. Proses pembelajaran yang dituntut dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa (konstruktivisme), dimana siswa diarahkan untuk belajar secara mandiri dan bekerja sama (Muslich, 2007).Salah satu model pembelajaran yang dapat memenuhi tuntutan KTSP tersebut adalah model pembelajaran kooperatif. Pembelajaran koperatif tipe (jenis) Team Asissted Individualization (TAI) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menurut Widdiharto (dalam Kusumaningrum, 2007) memiliki beberapa keunggulan, antara lain (1) mengkombinasikan keunggulan belajar kooperatif dan program pengajaran individual, (2) saat proses pembelajaran berlangsung siswa tetap belajar sesuai dengan kecepatan dan kemampuan masing-masing, (3) memberikan tekanan pada efek sosial dari belajar kooperatif karena setiap anggota kelompok saling membantu dan melakukan pengecekan jawaban. Berdasarkan huraian, pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat menimbulkan interaksi yang optimal antara guru dan siswa maupun antara siswa dan siswa. Hal ini akan memberi peluang tercapainya hasil belajar matematika siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sehingga tujuan pembelajaran matematika seperti yang tertuang dalam KTSP 2006 juga dapat direalisasikan.