Browsing by Author "Heleni, Susda"
Now showing 1 - 10 of 10
Results Per Page
Sort Options
Item THE APLICATION OF RECIPROCAL TEACHING IN TYPE STAD COORPERATIVE LEARNING MODEL TO IMPROVE THE STUDENT'S STUDY ON CALCULUS SUBJECT(2013-07-11) Heleni, SusdaLearning about mathematics closely related activity, a learning process and think. This in linewith the four pillar launched by UNESCO, namely:1) learning thin, 2)learning to do, 3)learning to be, dan 4) learning to live together. Calculus i achieved by the students are not maximal, because of the learning process still conventional. Students difficult in building their own knowledge to find the concept. Activation of students in the learning process just about skill in solving problems. One alternative that can be taken to improve student achievement is trough creativity in choosing a leraning model and the development of innovative learning tools. This study aims to;1) improve students learning outcomes at the subject calculus I, 2) describe coorperative learning model. This study is a collaborative action research consisting of 2 cycles. Each cycle consists of 3 times for face-to-face lectures and 1 time for implementationof the subjects consit of 40 people (9men and 34 women). Analysis of the data used in this research is descriptive statistical analys. Based on the result or research and discussion, it can be concluded that the application of reciprocal teaching in the model type STAD cooperative learning can improve student learning outcomes at mathematics educational study program FKIP University of Riau in odd semesteron 2012/2013 years of study on calculus I subject.Item APPLICATION MODEL LEARNING CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) MATH LEARNING TO IMPROVE RESULTS CLASS VIII SMPN 3 PEKANBARU(2013-07-11) Heleni, SusdaPemecahan masalah matematika merupakan salah satu dari lima dasar proses dalam NCTM, selain komunikasi, penalaran dan pembuktian, koneksi dan representasi. Di samping itu pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika dalam KTSP. Pengembangan pemecahan masalah matematika ini dapat membekali siswa berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif. Sayangnya, proses pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan di SMP kemampuan pemecahan masalah ini belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelemahan siswa dalam pemecahan masalah adalah menerapkan model pembelajaran CPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran CPS pada materi bilangan pecahan di kelas VII I SMPN 3 Pekanbaru tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII I c,SMPN 3 Pekanbaru dengan jumlah siswa 34 orang (17 laki-laki dan 17 siswa perempuan). Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan dan tes hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan basil belajar matematika siswa pada materi bilangan pecahan di kelas VII I SMPN 3 Pekanbaru tahun pelajaran 2010/2011.Item PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD YANG DIAWAL DENGAN PEMBERIAN SOAL CERITA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIg SMPN 13 PEKANBARU(2013-07-11) Heleni, SusdaTujuan pembelajaran matematika pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMP, yaitu memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Di dalam pelajaran matematika tujuan ini dapat dicapai melalui bentuk soal cerita. Kenyataan di kelas VIIG SMPN 13 Pekanbaru banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal secara individu yaitu memilih model pembelajaran yang menempatkan siswa secara berkelompok. Salah satu bentuk pembelajaran kelompok yang dapat meujudkan hal ini adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diawali dengan soal cerita dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIG SMPN 13 Pekanbaru?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIG SMPN 13 Pekanbaru melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diawali dengan pemberian soal cerita. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIG SMPN 13 pekanbaru yang berjumlah 40 orang. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diawali dengan pemberian soal cerita dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIG SMPN 13 pekanbaru.Item PEMETAAN DAN MODEL PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI KABUPATEN BENGKALIS DAN KEPULAUAN MERANTI PROVINSI RIAU(2012-10-29) Suryawati, Evi; Holiwarni, Betty; Irfan, Zul; Heleni, Susda; Hambali; Ibrahim, Bedriati; Gimin; Hadriana; Jalil, AbdulRendahnya mutu pendidikan di Indonesia, telah banyak disadari oleh berbagai pihak, terutama oleh para pemerhati pendidikan. Berdasarkan hal tersebut perlu upaya terus menerus untuk meningkatkan mutu pendidikan, salah satu dengan melaksanakan kajian berdasarkan analisis permasalahan di lapangan. Tujuan Penelitian ini adalah : 1) mengidentifikasi Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar yang belum dikuasai peserta didik pada 9 mata pelajaran Ujian Nasional SMA (B. Indonesia, B. Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Sosiologi dan Ekonomi); 2) Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab peserta didik belum menguasai standar kompetensi/kompetensi dasar 3) Merancang dan mengembangkan model untuk pemecahan masalah. Penelitian dilaksanakan di SMA Kabupaten Bengkalis dan Kepulauan Meranti dengan sampel SMAN 1 Bengkalis, SMAN Tebing Tinggi, dan SMAN Rangsang. Fokus penelitian adalah sistem manajemen, guru, sarana dan prasarana pendidikan, yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan serta budaya masyarakat. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara mendalam kuesioner, dan dokumentasi. Analisis dilaksanakan secara deskriptif, Hasil analisis data sekunder menunjukkan. Ratarata perolehan hasil UN dengan nilai <55 pada tingkat rayon kelompok IPA tahun 2008/2009 sebesar 13.66 %, tahun 2009/2010 sebesar 15.71 %. Kelompok IPS 2008/2009 sebesar 17.83%, 2009/2010 sebesar 19.66 %. Penelitian ini menghasilkan alternatif model pemecahan masalah (1) Pelatihan bagi guru mata pelajaran berbasis MGMP. (2) Bimbingan dan pemantapan materi untuk guru yang mengajar tidak sesuai latar belakang pendidikan. (3) Pelatihan bagi pimpinan dan staf administrasi sekolah. Seluruh kegiatan siap diimplementasikan secara konkret melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat kerjasama D2PM DiktiItem PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN MATEMATIKA PELAJAR TAPUNG HILIR KAMPAR RIAU(2015-01-20) Yuanita, Putri; Heleni, Susda; Sukardi, AhmadKajian ini dijalankan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan induktif untuk meningkatkan pencapaian matematika pelajar Sekolah Rendah Tapung Hilir Kampar Riau. Kajian ini merupakan kajian tindakan kelas yang dilaksanakan terhadap pelajar-pelajar sekolah rendah darjah Va SD Negeri 005 Tapung Hilir Kampar Pekanbaru Riau yang terdiri dari 30 orang pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan pencapaian matematika pelajar sekolah rendah darjah Va SD Negeri 005 Tapung Hilir melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan pendekatan induktif. Hipotesis tindakan kajian ini adalah jika model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan induktif diterapkan pada materi melakukan operasi hitung nombor pada pelajar sekolah rendah darjah Va SDN 005 Tapung Hilir, maka diharapkan proses pembelajaran membaik dan pencapaian belajar matematika pelajar meningkat. Kajian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan memperhatikan setiap aktiviti proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa terdapat peningkatan pencapaian matematika pelajar yang menunjukkan bahawa bilangan pelajar yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebelum dilakukan tindakan 16 orang, pada siklus I terdapat 24 orang dan siklus II 25 orang yang telah mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahawa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan induktif dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan pencapaian matematika pelajar sekolah rendah darjah Va SD Negeri 005 Tapung Hilir Kampar Riau.Item PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN MATEMATIKA PELAJAR TAPUNG HILIR KAMPAR RIAU(2013-07-11) Yuanita, Putri; Sukardi, Ahmad; Heleni, SusdaKajian ini dijalankan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan induktif untuk meningkatkan pencapaian matematika pelajar Sekolah Rendah Tapung Hilir Kampar Riau. Kajian ini merupakan kajian tindakan kelas yang dilaksanakan terhadap pelajar‐pelajar sekolah rendah darjah Va SD Negeri 005 Tapung Hilir Kampar Pekanbaru Riau yang terdiri dari 30 orang pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan pencapaian matematika pelajar sekolah rendah darjah Va SD Negeri 005 Tapung Hilir melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan pendekatan induktif. Hipotesis tindakan kajian ini adalah jika model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan induktif diterapkan pada materi melakukan operasi hitung nombor pada pelajar sekolah rendah darjah Va SDN 005 Tapung Hilir, maka diharapkan proses pembelajaran membaik dan pencapaian belajar matematika pelajar meningkat. Kajian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan memperhatikan setiap aktiviti proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa terdapat peningkatan pencapaian matematika pelajar yang menunjukkan bahawa bilangan pelajar yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebelum dilakukan tindakan 16 orang, pada siklus I terdapat 24 orang dan siklus II 25 orang yang telah mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahawa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan induktif dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan pencapaian matematika pelajar sekolah rendah darjah Va SD Negeri 005 Tapung Hilir Kampar Riau.Item PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPIT AL-FITYAH PEKANBAU(2014-06-26) Heleni, Susda; MardiansyahRendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru sehingga siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi hal tersebut adalah menerapkan kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kesadaran siswa untuk bekerja sama dan bertanggung jawab, mendorong siswa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri serta meningkatkan komunikasi dan interaksi siswa melalui kegiatan berdiskusi. Salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif Think Pair Square. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini : Apakah penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Square dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPIT Al-Fityah Pekanbaru pada materi pokok sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPIT Al-Fityah Pekanbaru melalui peneapan pembelajaran kooperatif Think Pair Square pada materi pokok SPLDV semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian terdiri atas 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas 4 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah kelas VIII SMPIT Al-Fityah Pekanbaru sebanyak 24 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan dan tes hasil belajar matematika. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Square dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPIT Al-Fityah Pekanbaru pada materi pokok sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) semester genap tahun pelajaran 2009/2010Item Penerapan Reciprocal Teaching dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Matematika Dasar(2018-02-22) Heleni, SusdaBelajar matematika berkaitan erat dengan aktivitas, proses pembelajaran dan berpikir. Hal ini sejalan dengan empat pilar yang dicanangkan UNESCO, yaitu:1) learning to think, 2) learning to do, 3) learning to be, dan 4) learning to live together. Matematika Dasar adalah salah satu bidang ilmu yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir. Hasil belajar Matematika Dasar yang dicapai mahasiswa belum maksimal, disebabkan oleh proses pembelajaran masih bersifat konvensional. Mahasiswa sulit membangun pengetahuannya sendiri untuk menemukan konsep. Pengaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran hanya bersifat skill dalam menyelesaikan soal. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk meningkatkan prestasi mahasiswa adalah melalui kreativitas dalam memilih model pembelajaran yang inovatif dan pengembangan perangkat pembelajaran. Upaya yang dilakukan adalah menerapkan Reciprocal Teaching dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Dasar, 2) mendeskripsikan keterampilan kooperatif dan mengelola proses pembelajaran yang berorientasi pada Reciprocal Teaching dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD, 3) Mendeskripsikan kemampuan Dosen mengelola pembelajaran yang berorientasi pada Reciprocal Teaching dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Kolaboratif yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 kali untuk tatap muka perkuliahan dan 1 kali untuk pelaksanaan kuis. Subjek penelitian berjumlah 47 orang (7 pria dan 40 perempuan). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan Reciprocal Teaching dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau semeter ganjil tahun pelajaran 2013/2014 pada mata kuliah Matematika Dasar.Item PENERAPAN STRATEGI QUESTIONS STUDENT HAVE (QSH) DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 SINGINGI(2013-07-11) Heleni, Susda; Ginting, Jafet; Anggraini, RiaPersoalan rendahnya hasil belajar matematika merupakan persoalan yang sering dihadapi guru. Hal ini tidak terlepas dari cara guru menyampaikan materi pelajaran. Penyampaian materi pelajaran bersifat teacher Center, menyebabkan siswa lebih bersifat pasif dalam proses pembelajaran. Ini terlihat pada saat guru meminta gagasan dan pendapat siswa, hanya sedikit siswa yang mau memberikan pendapat dan bertanya tentang hal yang tidak dimegerti. Keadaan inilah yang terjadi pada siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Singingi semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010. Untuk meningkatkan basil belajar matematika siswa kelas XI IPS2 SMAN 1 Singingi diterapkan strategi Question Student Have (QSH) dalam pembelajaran langsung. Menurut Zaini (2004) Strategi ini sangat baik digunakan pada siswa yang kurang berani mengungkapkan pertanyaan, keinginan dan harapan-harapannya melalui percakapan. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah " Apakah penerapan Strategi QSH dalam model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Singingi pada materi pokok peluang?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS 2 SMAN I Singingi semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Kolaboratif. Peneliti berkolaborasi dengan guru matematika kelas XI IPS 2 SMAN 1 Singingi yang bertugas sebagai pengamat. Subjek penelitian ini adalah siwa kelas XI IPS2 SMAN 1 Singingi yang berjumlah 24 orang (15 pria dan 9 perempuan). penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan untuk pelaksanaan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran dan satu kali pertemuan untuk pelaksanaan ulangan harian. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Strategi QSH dalam model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Singingi tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok peluang.Item Penerapan Strategi Sqrqcq dalam Tatanan Kooperatif Struktural TSOS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII-IPS 1 SMAN 2 Benai(2013-07-11) Heleni, SusdaSalah satu tujuan pembelajaran matematika yang tercantum dalam KTSP yaitu kemampuan memahami masalah, merancang model matematika dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Kemampuan tersebut dapat dicapai dalam pembelajaran matematika melalui soal cerita. Kenyataan yang ditemui banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita yang disebabkan siswa tidak bisa memecahkan secara sistematis dan tidak dapat menarik informasi penting dari soal cerita yang diberikan (Leu,Dj dan Kinzer,C.K, 1991). Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita secara individu yaitu dengan menerapkan strategi SQRQCQ dalam tatanan kooperatif struktural TSOS. Rumusa masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah penerapan strategi pembelajaran SQRQCQ dalam tatanan kooperatif struktural TSOS dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas XII 1PS-1 SMAN 2 Benai?. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPS-1 beriumlah 32 orang. Kecimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan strategi SQRQCQ dalam tatanan kooperatif struktural TSOS dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XII 1PS-1 SMAN 2 Benai.