Browsing by Author "Fakhruddin"
Now showing 1 - 5 of 5
Results Per Page
Sort Options
Item KORELASI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SAINS FISIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) DI KELAS VIII.1 SMP N 1 PERANAP(2014-06-26) FakhruddinPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Motivasi dan hasil belajar kognitif siswa melalui pendekatan pembelajaran terbalik di SMP N1 Peranap Tahun Pelajaran 2010/2011 pada materi pokok alat optik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 yang berjumlah 34 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa perangkat pembelajaran dan tes hasil belajar kognitif siswa, Angket Motivasi sebelum dan sesudah pembelajaran. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian pada aspek kognitif menunjukkan bahwa hasil belajar yang dilihat dari daya serap siswa berada pada kategori baik,. Hal yang sama juga terjadi pada peningkatan motivasi dari sebelum proses pembelajaran ke setelah proses pembelajaran. Dengan demikian penerapan pendekatan pembelajaran terbalik pada materi pokok alat optik efektif digunakan di kelas VIII.1 SMP N1 Peranap ditinjau dari hasil belajar kognitifItem Korelasi Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Terbalik di kelas VIII.1 SMP N1 Peranap(2014-01-23) FakhruddinPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Motivasi dan hasil belajar kognitif siswa melalui pendekatan pembelajaran terbalik di SMP N1 Peranap Tahun Pelajaran 2010/2011 pada materi pokok alat optik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 yang berjumlah 34 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa perangkat pembelajaran dan tes hasil belajar kognitif siswa, Angket Motivasi sebelum dan sesudah pembelajaran. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian pada aspek kognitif menunjukkan bahwa hasil belajar yang dilihat dari daya serap siswa berada pada kategori baik,. Hal yang sama juga terjadi pada peningkatan motivasi dari sebelum proses pembelajaran ke setelah proses pembelajaran. Dengan demikian penerapan pendekatan pembelajaran terbalik pada materi pokok alat optik efektif digunakan di kelas VIII.1 SMP N1 Peranap ditinjau dari hasil belajar kognitifItem Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Media Komputer Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas X SMAN 1 Bangkinang Barat(2014-01-23) FakhruddinTujuan penelitian ini untuk melihat Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Menggunakan Media Komputer Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas X SMAN 1 Bangkinang Barat Pada Materi Suhu dan Kalor semester genap tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 35 orang. Instrumen pengumpulan data adalah tes Hasil belajar Kognitif yang dilakukan pada akhir pembelajaran, Angket Motivasi sebelum dan sesudah pembelajaran. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian pada aspek kognitif menunjukkan bahwa hasil belajar yang dilihat dari daya serap siswa berada pada kategori amat baik,. Hal yang sama juga terjadi pada peningkatan motivasi dari sebelum proses pembelajaran ke setelah proses pembelajaran pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Dengan demikian Penggunaan Media computer melalui penerapan Kooperatif tipe STAD di kelas X3 SMAN 1 Bangkinang Barat pada materi Suhu dan Kalor dapat meninggkat kan motivasi dan hasil belajar kognitif siswaItem PEMROGRAMAN VISUALISASI GERAK PARABOLA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DASAR DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI(2013-02-25) Nasir, Muhammad; FakhruddinIlmu fisika telah memberikan sumbangan yang sangat besar bagi manusia untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Tetapi berbagai penelitian yang pernah dilakukan menemukan kenyataan bahwa sebagian besar mahasiswa tidak hanya di Indonesia tetapi juga dinegara lain mengalami kesulitan dalam mempelajari konsep, prinsip, teori dan hokum fisika. Mereka merasa bosan dan jenuh sehingga tidak melahirkan motivasi untuk belajar yang akhirnya menghasilkan prestasi belajar yang rendah. Hal ini bnayak diakibatkan karena cara atau metode yang digunakan dosen monoton dan tidak bervariasi.Item RESULTS OF THE STUDY COGNITIVE STUDENTS THROUGH THE APPLICATION OF A CONCEPTUAL APPROACH TO INTERACTIVE LEARNING MODELS CHARACTERISTIC IN PHYSICS COURSES BASIC I IN THE COURSE OF EDUCATION PHYSICS PMIPA FKIP UNIVERSITY RIAU(2014-01-30) Nor, Muhammad; FakhruddinThe Reasearch aims to find out the results of cognitive improvement learning physics in university students in physical education courses University of Riau PMIPA FKIP through the application of the conceptual approach to interactive learning on the concept of caracteristic in subject matter and energy businesses. This research is the research design of experiments with The one-shot case study, data gathering techniques is to use the test results to learn after the treatment.The data is analyzed using the analysis technique of descriptive which covers absorption, effective learning, learning passing grades students and passing grades students learning objectives. The results were analyzed data indicate the average absorbance 79,82% with good categories dan effectiveness study by category and effectively enough student learning passing grades 69,04% with no requirement has been completed while the learning objectives 69,04% passing grades by category not the complete application of the conceptual approach thus interactive learning models in caracteristic on basic physics courses with material and energy business was quite effective.