LBR-Science and Education
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing LBR-Science and Education by Author "Arnentis"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Optimalisasi Pengembangan Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau(2013-04-18) Arnentis; Wulandari, Sri; DarmawatiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa yang mengambil matakuhah Metoda Teknik Laboratorium terhadap pengelolaan laboratorium untuk arah pengembangan laboratorium biologi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 orang. Adapun parameter yang digunakan adaiah persepsi mahasiswa dengan 6 indikator yaitu perencanaan, penataan, administrasi,pengamanan, perawatan dan pengawasan. Untuk mengetahui persepsi mahasiswa digunakan angket tertutup. Flasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pengelolaan laboratorium pendidikan biologi FKIP UR pada indikator perencanaan memiliki kategori baik dengan rerata 4,10 indikator penataan memiliki kategori cukup baik dengan rerata 3,45, indikator adminislrasi memiliki kategori cukup baik dengan rerata 3,45, indikator pengamanan memiliki kategori cukup baik dengan rerata 2,99, indikator perawatan memiliki kategori baik dengan rerata 4,06 dan indikator pengawasan memiliki kategori baik dengan rerata 3,88. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa yang mengambil matakuliah metoda teknik laboratorium terhadap pengelolaan laboratorium untuk arah pengembangan laboratorium biologi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau adaiah cukup baik dengan rerata 3,67.Item PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN HEWAN MELALUI PENERAPAN PETA PIKIR (MIND MAPPING) DAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING)(2014-05-19) Arnentis; Suryawati, EviPerkembangan Hewan merupakan mata kuliah keahlian berkarya pada Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNRI dengan jumlah 3 SKS. Sesuai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi, penyajian mata kuliah perkembangan hewan terintegrasi antara teori dan praktek. Dalam hal ini kemampuan dan hasil belajar mahasiswa ditentukan secara utuh meliputi kognitif, afektif dan psikomotor menggunakan Penilaian Kriteria (Penilaian Acuan Patokan). Mata kuliah Perkembangan Hewan mempelajari tentang prinsip perkembangan, gametogenesis, fertilisasi, embriogenesis, selaput ekstra embrio, organogenesis, kelainan perkembangan, metamorfosis dan regenerasi. Materi Perkembangan Hewan merupakan materi yang relevan dengan kehidupan seharihari. Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman lebih lanjut di dalam mata kuliah Perkembangan Hewan ini.