7. SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN KONGRES THE INDONESIAN MATHEMATICAL SOCIETY WILAYAH SUMATERA BAGIAN TENGAH 2014
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing 7. SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN KONGRES THE INDONESIAN MATHEMATICAL SOCIETY WILAYAH SUMATERA BAGIAN TENGAH 2014 by Author "Angraini, Lilis Marina"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa(2018-02-21) Angraini, Lilis MarinaMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep; (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Konvensional; (3) Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep tehadap pemahaman konsep matematis siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Pembangunan UIN Jakarta. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes essay, yang sesuai dengan indikator pemahaman konsep matematis pada pokok bahasan bentuk pangkat dan akar. Tes yang diberikan terdiri dari 10 soal bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran pencapaian konsep berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran pencapaian konsep lebih tinggi dari rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model konvensional