DSpace Repository

Profil Karya Tulis Ilmiah Pada Guru Mata Pelajaran Sains Di Smp Kota Pekanbaru

Show simple item record

dc.contributor.author Yustina
dc.date.accessioned 2017-08-24T09:02:01Z
dc.date.available 2017-08-24T09:02:01Z
dc.date.issued 2017-08-24
dc.identifier.isbn 978-602-74043-2-8
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8968
dc.description.abstract Berdasarkan hasil diskusi dan observasi yang dilakukan pada guru mata pelajaran sains di SMP kota pekanbaru dalam bulan Juni tahun 2014, diperoleh informasi bahwa masalah utama pada guru dikelompok MGMP sains adalah rendahnya hasil karya tulis ilmiah khususnya pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Oleh karena itu, untuk menyelesaikan masalah dilakukan penelitian deskriptif profil karya tulis ilmiah pada guru Sains di kota Pekanbaru pada bulan Agustus-Desember 2014.Populasi penelitian adalah guru dari 15 SMP di kota Pekanbaru.Sampel penelitian ditentukan secara pertimbangan, yaitu guru sains yang mengajar di kelas VIITahun Pelajaran 2013-2014 sebanyak 35 guru.Instrumen penelitian adalah angket Quetioner tertutup dengan menggunakan skala lingket. Angket meliputi tentang kendala-kendala dan produk guru dalam karya tulis ilmiah. Tujuan penelitian yaitu mendiskripsikan profil produk dan kendala-kendala penulisan karya tulis ilmiah (PTK) pada guru sains. Validasi angket aspek produk penulisan PTK dari 5 item pernyataan didapat nilai Alpha Cronbach (0,758 sd 0,830), soal angket mengenai kendala-kendala dalam penulisan karya ilmiah dari 6 item pernyataan dengan nilai Alpha Cronbach (0,800 sd 0,870). Selanjutnya angket digunakan untuk mengumpulkan data.Data diolah secara frekuensi, persen, ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas karya tulis PTK dikategorikan rendah. Kendala dalam penulisan karya tulis ilmiah adalah motivasi dan pengetahuan tentang PTK dikategorikan Cukup, serta kreativitas dan keterampilan personal-interpersonal khususnya dalam ICT di kategorikan Kurang, sedangkan komunikasi dan kerjasama dikategorikan Sangat Baik. Simpulan penelitian ini mengindikasikan bahwa kurangnya perbaikan proses pembelajaran melalui PTK dikalangan guru sains di kota Pekanbaru en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2017-08-24T09:02:01Z No. of bitstreams: 2 Cover-Daftar Isi Semirata 2015 Bidang Biologi.pdf: 1509767 bytes, checksum: c0f1c155a925718be6a2875a5c1d54fd (MD5) jurnal profil KTI SMP, Semirata MIPA 2016 BKS BARAT.pdf: 906557 bytes, checksum: 33f9d9bf6076438a1ef7b8d9464cf518 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2017-08-24T09:02:01Z (GMT). No. of bitstreams: 2 Cover-Daftar Isi Semirata 2015 Bidang Biologi.pdf: 1509767 bytes, checksum: c0f1c155a925718be6a2875a5c1d54fd (MD5) jurnal profil KTI SMP, Semirata MIPA 2016 BKS BARAT.pdf: 906557 bytes, checksum: 33f9d9bf6076438a1ef7b8d9464cf518 (MD5) Previous issue date: 2017-08-24 en
dc.description.sponsorship Prosiding Semirata 2015 bidang MIPA BKS-PTN Barat Universitas Tanjungpura Pontianak en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher wahyu sari yeni en_US
dc.subject Karya tulis ilmiah en_US
dc.subject produk en_US
dc.subject PTK en_US
dc.subject kendala en_US
dc.subject Guru en_US
dc.title Profil Karya Tulis Ilmiah Pada Guru Mata Pelajaran Sains Di Smp Kota Pekanbaru en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account