DSpace Repository

Sebuah Studi Tentang Literasi Media Baru Mahasiswa Ilmu Komunikasi Di Pekanbaru

Show simple item record

dc.contributor.author Lubis, Evawani Elysa
dc.contributor.author Rimayanti, Nita
dc.date.accessioned 2016-01-07T03:33:56Z
dc.date.available 2016-01-07T03:33:56Z
dc.date.issued 2016-01-07
dc.identifier.isbn 978-602-14576-1-0
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/7713
dc.description.abstract Menyadari keahlian baru yang dibutuhkan dalam berpartisipasi secara penuh pada lingkungan media saat ini menyebabkan konsep media literasi menjadi sangat penting dan syarat untuk mengkonsumsi media secara kritis dan tanggung jawab dalam produksi media. Begitu pula dengan mahasiswa program studi ilmu komunikasi yang seharusnya memiliki kompetensi terampil dalam memanfaatkan teknologi komunikasi dan mengelola sistem informasi dalam mengatasi pengaruh teknologi komunikasi yang semakin berkembang dan kebutuhan dunia kerja maka sangat pentinglah mahasiswa ilmu komunikasi tersebut memiliki kemampuan literasi media yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara kuantitatif kemampuan literasi media baru (new media literacy) dari mahasiswa program studi ilmu komunikasi dari perguruan tinggi di Pekanbaru. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan sample 97 orang yaitu mahasiswa program studi ilmu komunikasi pada tiga perguruan tinggi di Pekanbaru. Pengumpulan data dengan cara penyebaran angket kemudian data dioleh dengan memberi skor pada frekunsi jawaban dan dianalisa besarnya kemampuan literasi media baru responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi media baru mahasiswa program studi ilmu komunikasi di Pekanbaru dari perhitungan skor setiap komponen literasi media baru adalah sebagai berikut:a. Play (337,8) b. Performance (324,2) , c. Simulation (376,2), d. Appropriation (337,4) ,e. Distribution Cognition (365,8), f. Multitasking (352,6), g. Collective Intelligent (377,4) h. Judgement (367,4), i. Transmedia Navigation (332,4), j. Networking (332,6) k. Negotiation (368,6), l. Visualization (368). Dari hasil pengukuran tersebut dapatlah diketahui bahwa kemapuan literasi media baru mahasiswa kounikasi tersebut dapat dikatakan cukup baik dengan pemahaman dan pemanfaatan media baru yang lebih intens. en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2016-01-07T03:33:56Z No. of bitstreams: 1 Evawani Elysa Lubis, M.Si, dkk.pdf: 2364168 bytes, checksum: e9c5c446c55cf1a81b563936e0914413 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2016-01-07T03:33:56Z (GMT). No. of bitstreams: 1 Evawani Elysa Lubis, M.Si, dkk.pdf: 2364168 bytes, checksum: e9c5c446c55cf1a81b563936e0914413 (MD5) en
dc.description.sponsorship SEMINAR NASIONAL Politik, Birokrasi dan Perubahan Sosial Ke-II “Pilkada Serentak, Untung Rugi dan Korupsi Politik” Pekanbaru, 17-18 November 2015 en_US
dc.language.iso en en_US
dc.subject media baru en_US
dc.subject literasi media baru en_US
dc.subject kemampuan literasi media baru en_US
dc.title Sebuah Studi Tentang Literasi Media Baru Mahasiswa Ilmu Komunikasi Di Pekanbaru en_US
dc.type UR-Proceedings en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account