dc.contributor.author |
Suryawati, Evi |
|
dc.contributor.author |
Syafii, Wan |
|
dc.contributor.author |
Afza, Aulia |
|
dc.date.accessioned |
2014-04-14T02:34:52Z |
|
dc.date.available |
2014-04-14T02:34:52Z |
|
dc.date.issued |
2014-04-14 |
|
dc.identifier.issn |
2089-5828 |
|
dc.identifier.other |
wahyu sari yeni |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6071 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran kontekstual RANGKA
(Rumuskan, Amati, Nyatakan, Gabungkan, Amalkan) berbasis pendidikan karakter pada mata
pelajaran Biologi kelas XI SMA. Pengembangan bahan ajar menggunakan tahapan dalam ADDIE
model (Analyze,Desigti,Develop,Implement, Evaluate). Parameter untuk sikap ilmiah yang terdiri atas
5 indikator yaitu rasa iagin tahu, jujur, disiplin, tanggung jawab dan komunikatif. Keterampilan
berpikir kritis terdiri atas 5 indikator yaitu menganalisis, merumuskan masalah, mengumpulkan data,
memecahkan masalah dan menilai. Bahan ajar yang dikembangkan telah divalidasi dan diujicobakan
pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pekanbaru semester genap Tahun Ajaran 2011-2012. Hasil
penelitian menunjukkan rata-rata sikap ilmiah siswa mengalami peningkatan yaitu 70.05 (awai), dan
83.73 (akhir). Rata-rata keterampilan berpikir kritis 63.85 (&vva1), dan 74,10 (akhir). Penelitian pada
tahun 1 ini telah dihasilkan prototype bahan ajar, instrumen penilaian sikap ilmiah dan keterampilan
berfikir kritis, ur.+uk selanjutnya akan direvisi dan dikembangkan. Pengembangan pembelajaran
kontekstual RANGKA berpotensi untuk meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan berfikir kritis
siswa dalam pembelajaran Biologi di SMa |
en_US |
dc.description.provenance |
Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2014-04-14T02:34:52Z
No. of bitstreams: 3
7_Kulit_prosiding SNPS 2012_01.pdf: 1222959 bytes, checksum: ab52e10d19018a7f1c0dd4e242097fae (MD5)
7_Daftar Isi_prosiding SNPS 2012_02.pdf: 901350 bytes, checksum: 62194598ea2fbae15312598692cef552 (MD5)
7_prosiding SNPS 2012_03.pdf: 1672388 bytes, checksum: ff93f17e31d0bb9972895baa2f838964 (MD5) |
en |
dc.description.provenance |
Made available in DSpace on 2014-04-14T02:34:52Z (GMT). No. of bitstreams: 3
7_Kulit_prosiding SNPS 2012_01.pdf: 1222959 bytes, checksum: ab52e10d19018a7f1c0dd4e242097fae (MD5)
7_Daftar Isi_prosiding SNPS 2012_02.pdf: 901350 bytes, checksum: 62194598ea2fbae15312598692cef552 (MD5)
7_prosiding SNPS 2012_03.pdf: 1672388 bytes, checksum: ff93f17e31d0bb9972895baa2f838964 (MD5) |
en |
dc.description.sponsorship |
SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS |
en_US |
dc.language.iso |
en |
en_US |
dc.subject |
Pembelajaran Kontekstual RANGKA |
en_US |
dc.subject |
Pendidikan Karakter |
en_US |
dc.subject |
Sikap Ilmiah |
en_US |
dc.subject |
Keterampilan Berpikir Kritis |
en_US |
dc.title |
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL RANGKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI |
en_US |
dc.type |
UR-Scientific Work Lecturer |
en_US |