DSpace Repository

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL RANGKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

Show simple item record

dc.contributor.author Suryawati, Evi
dc.contributor.author Syafii, Wan
dc.contributor.author Afza, Aulia
dc.date.accessioned 2014-04-14T02:34:52Z
dc.date.available 2014-04-14T02:34:52Z
dc.date.issued 2014-04-14
dc.identifier.issn 2089-5828
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6071
dc.description.abstract Penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran kontekstual RANGKA (Rumuskan, Amati, Nyatakan, Gabungkan, Amalkan) berbasis pendidikan karakter pada mata pelajaran Biologi kelas XI SMA. Pengembangan bahan ajar menggunakan tahapan dalam ADDIE model (Analyze,Desigti,Develop,Implement, Evaluate). Parameter untuk sikap ilmiah yang terdiri atas 5 indikator yaitu rasa iagin tahu, jujur, disiplin, tanggung jawab dan komunikatif. Keterampilan berpikir kritis terdiri atas 5 indikator yaitu menganalisis, merumuskan masalah, mengumpulkan data, memecahkan masalah dan menilai. Bahan ajar yang dikembangkan telah divalidasi dan diujicobakan pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pekanbaru semester genap Tahun Ajaran 2011-2012. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata sikap ilmiah siswa mengalami peningkatan yaitu 70.05 (awai), dan 83.73 (akhir). Rata-rata keterampilan berpikir kritis 63.85 (&vva1), dan 74,10 (akhir). Penelitian pada tahun 1 ini telah dihasilkan prototype bahan ajar, instrumen penilaian sikap ilmiah dan keterampilan berfikir kritis, ur.+uk selanjutnya akan direvisi dan dikembangkan. Pengembangan pembelajaran kontekstual RANGKA berpotensi untuk meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran Biologi di SMa en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2014-04-14T02:34:52Z No. of bitstreams: 3 7_Kulit_prosiding SNPS 2012_01.pdf: 1222959 bytes, checksum: ab52e10d19018a7f1c0dd4e242097fae (MD5) 7_Daftar Isi_prosiding SNPS 2012_02.pdf: 901350 bytes, checksum: 62194598ea2fbae15312598692cef552 (MD5) 7_prosiding SNPS 2012_03.pdf: 1672388 bytes, checksum: ff93f17e31d0bb9972895baa2f838964 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2014-04-14T02:34:52Z (GMT). No. of bitstreams: 3 7_Kulit_prosiding SNPS 2012_01.pdf: 1222959 bytes, checksum: ab52e10d19018a7f1c0dd4e242097fae (MD5) 7_Daftar Isi_prosiding SNPS 2012_02.pdf: 901350 bytes, checksum: 62194598ea2fbae15312598692cef552 (MD5) 7_prosiding SNPS 2012_03.pdf: 1672388 bytes, checksum: ff93f17e31d0bb9972895baa2f838964 (MD5) en
dc.description.sponsorship SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS en_US
dc.language.iso en en_US
dc.subject Pembelajaran Kontekstual RANGKA en_US
dc.subject Pendidikan Karakter en_US
dc.subject Sikap Ilmiah en_US
dc.subject Keterampilan Berpikir Kritis en_US
dc.title PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL RANGKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI en_US
dc.type UR-Scientific Work Lecturer en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account