Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penerapan asesmen kineija pada mata
kuliah Morfologi Tumbuhan. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun akademis 2011/2012. Populasi
penelitian ini adaiah mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2010 yang mengambil mata kuliah morfologi tumbuhan
dan sampel penelitiannya adaiah 35 mahasiswa. Parameter penelitian ini adaiah respon mahasiswa terhadap penerapan
asesmen kineija pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan, alat pengumpul data berupa angket sebanyak 10 item
pertanyaan, angket dibagikan kepada responden diakhir semester. Bentuk-bentuk tugas kinerja yang diterapkan pada
mata kuliah ini berupa tugas membuat power point, membuat deskripsi bentuk hidup tumbuhan, menggambarkan objek
serta presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase mahasiswa yang menyatakan senang dan mendapat
manfaat mengikuti perkuliahan Morfologi Tumbuhan dengan penerapan assesmen kinerja mencapai 100%, namun tugas
kinerja yang diberikan oleh dosen terlalu banyak, yaitu ada 43.57% mahasiswa yang menyatakan tugas terlalu banyak
dibandingkan dengan ketersediaan waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut Hal ini menjadi penyebab beberapa
mahasiswa merasa tugas yang diberikan oleh dosen memberatkan mereka, yaitu sebanyak 23,57% responden merasa
tugas-tugas yang diberikan oleh dosen memberatkan mahasiswa. Dari hasil penelititian dapai disirnpulkan bahwa
mahasiswa merasa senang dan mendapat manfaat mengikuti perkuliahan morfologi tumbuhan dengan penerpan
assesmen kineija, walaupun masih ada yang berpendapat bahwa tugas assesmen kineija terlalu banyak dan memberatkan
mereka