PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN LINGKUNGAN PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
No Thumbnail Available
Date
2014-02-26
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Dalam artikel ini, kami telah mengembangkan sistem pembelajaran lingkungan yang berasaskan multimedia interaktif. Dalam era teknologi canggih seperti sekarang ini multimedia interaktif mempunyai potensi yang sangat besar untuk digunakan dalam pembelajaran. Kajian ini berfokus pada teori dan aplikasi praktis pembelajaran lingkungan. Sistem multimedia ini berisikan: ekosistem, keanekaragaman mahkluk hidup dalam pelestarian ekosistem ( hewan dan tumbuhan langka), kepadatan populasi manusia hubungannya dengan lingkungan dan pencemaran dan kerusakan lingkungan. Dimana informasi lingkungan dan peranan manusia digabungkan dalam rangka untuk membuka pandangan dan sikap pelajar untuk untuk memahami masalah lingkungan. Banyak orang yang berpikir bahwa lingkungan merupakan bidang yang akan selalu berhubungan dengan kehidupan manusia dan mempunyai hubungan yang sangat erat. Oleh karena itu, banyak buku dan kertas kerja mengenai masalah lingkungan ini. Namun, masih sedikit pembelajaran berasaskan multimedia interaktif lingkungan (MIL) untuk pelajar sekolah menengah pertama. Jadi kami merancang MIL sederhana, bervariasi, menarik dan cukup jelas untuk pelajar. Sitem MIL ini terintegrasi suara dan efek cahaya yang didasarkan pada konsep pembelajaran interaktif. Menyediakan simulasi fakta dan konten pembelajaran dibangun secara efesien. Dalam kajian ini diharapkan dapat membantu memberikan pemahaman kepada pelajar dan membentuk proses pengajaran dan pembelajaran yang berpusat pada pelajar
Description
Keywords
Lingkungan, Multimedia, Sikap