Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktlfitas dan hasil balajtr
mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Program Pentbelajaran Niatematika, dengan
mengaplikasikan pendekatan kontruktivisme dalam pembelajaran, serta menjaring pendapat
mahasiswa tentang pelaksanaan pembelaiaran. Penelitian dilaksannkan sebanyak dua siklus.
Data a/caritas mahasiswa diperoleh melalui tembar pengamatan. data basil belajar mahasiswa
diperoleh dengan malakukan tes, dan data pendapat mahasiswa diperoleh dengan
menggunakan angket dan lembar kesan-pesan. Dari hasil pengamatan diperoleh infortnasi
bahwa aktifitas mahasiswa sernakin baik dengan diterapkan pendckatan konstruktivisme.
Dari hasil angket dan lembar kesan-pesan diperoleh fakta bahwa mahasiswa menanggapi
sangat posit' f pelaksanaan pembelajaran den pn pencleicatan konstruktivisme, dan
menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran oleh dosen dikategorikan balk. Pendekatar.
konstruktivisme juga dapat meningicatkaa basil belajar mahasiswa pada mata, kuliah
Pengembangan Program Pembelajaran,Matematika.