PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WPS (WRITE PAIR SQUARE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 2 PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGING
No Thumbnail Available
Date
2014-02-18
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Pembelajaran matematika membekali peserta didik untuk mempunyai kemampuan berfikir
kritis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kernampuan bekerjasama. 0101 sebab it
pelajaran matematika vertu diberikan kepada semua peserta didik dimulai dari sekolah dasar
(Depdiknas, 2006).
Untuk memperbaiki basil belajar matematika siswa, telah dilakukan sebuah penelitian
tindakan kelas dengan menerapkan model kooperatif teknik WPS (Write Pair Square) di
kelas IX B SNIP Negeri 2 Pangean. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus 1 dan
siklus 2. Ada dua jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu data lentang proses
pembelajaran yang diambil dengan teknik observasi, yang berguna untuk memperhaiki proses
pembelajaran pada siklus 2 dan data tenting hash belajar berguna untuk menjavy.ab rumusan
masalah atau menentukan keberhasilan tindakan. Analisis data yang digunakan adalah
analisis data cleskriptif yang akan mendeskripsikan basil penelitian. Analisis data basil belajar
rnenunjukkan teijacii peningkatan . basil belajar siswa clan skor dasar (sebelum tindakan) ke
hasil belajar setelah siklus 1 begitu jugs ke basil belajar setelah siklus 2 yang ditandai dengan
meningkatnya jumlah siswa yang meneapai KKM. Pada skor dasar jutnlah siswa yang
mencapai KKM hanya 12 orang (37,5 %), setelab siklus I jumlah siswa yang meneapai KKM
menjadi 18 orang (56,25%) sedangkan pada ulangan harian 2 (siklus 2) menjadi 26 orang
(81,25 %). Berdasarkan basil analisis data dapat disimpulkan terdapat peningkatan basil
belajar siswa dari sebtlum ke sesudah tindakan.
Description
Keywords
Hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif teknik WPS, Siklus, Refleksi