TEKNOLOGI PENDIDIKAN: PERMASALAHAN, PELUANG DAN HARAPAN DI FKIP UNIVERSITAS RIAU

No Thumbnail Available

Date

2014-02-07

Journal Title

Journal ISSN

Volume Title

Publisher

Abstract

Penggunaan teknologi pendidikan (Educational Technology: Broad term) atau dengan istilah teknologi pembelajaran (Instructional Technology; narrower term) yaitu suatu pembelajaran dengan pendekatan sistem (system approach). Teknologi pembelajaran (termasuk media didalamnya) adalah suatu sistem kesatuan mulai dari perumusan masalah (define), perancangan (design), penerapan (implement), dan evaluasi (evaluate) yang semestinya dipersiapkan dengan baik, dan bila mendesak ada perobahan di lapangan, bisa dilakukan tindakan pemecahan agar sistem tetap berjalan baik. Pengetahuan ten tang tindakan kelas semacam ini masih belum membudaya sehingga perlu digalakkan penelitian tindak kelas (classroom action research). Pemilihan media pembelajaran masih terbatas (umumnya OHP-OHT) yang menyebabkan tidak adanya variasi media lain, padahal masing-masing media mempunyai karateristik dan kelebihan masing-masing untuk menyampaikan materi kuliah. Trend media pembelajaran masa sekarang dan yang akan datang adalah media berbasis komputer, termasuk didalamnya CAI (CBT, CAL), CD-Rom atau melalui servis internet. Tampaknya untuk menyonsong Unri menuju Universitas Riset tahun 2020, pengenalan, perancangan, pembuatan dan pemanfaatan media berbasis komputer kepada staf dosen sudah suatu keharusan. Karena trend pendidikan moderen sekarang, data, ilmu pengetahuan dan hasil penelitian disimpan dalam bentuk digital, less paper.

Description

Keywords

Citation