TEKNOLOGI PENDIDIKAN: PERMASALAHAN, PELUANG DAN HARAPAN DI FKIP UNIVERSITAS RIAU
No Thumbnail Available
Date
2014-02-07
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Penggunaan teknologi pendidikan (Educational Technology: Broad term) atau dengan
istilah teknologi pembelajaran (Instructional Technology; narrower term) yaitu suatu
pembelajaran dengan pendekatan sistem (system approach). Teknologi pembelajaran
(termasuk media didalamnya) adalah suatu sistem kesatuan mulai dari perumusan
masalah (define), perancangan (design), penerapan (implement), dan evaluasi (evaluate)
yang semestinya dipersiapkan dengan baik, dan bila mendesak ada perobahan di
lapangan, bisa dilakukan tindakan pemecahan agar sistem tetap berjalan baik.
Pengetahuan ten tang tindakan kelas semacam ini masih belum membudaya sehingga
perlu digalakkan penelitian tindak kelas (classroom action research). Pemilihan media
pembelajaran masih terbatas (umumnya OHP-OHT) yang menyebabkan tidak adanya
variasi media lain, padahal masing-masing media mempunyai karateristik dan
kelebihan masing-masing untuk menyampaikan materi kuliah. Trend media
pembelajaran masa sekarang dan yang akan datang adalah media berbasis komputer,
termasuk didalamnya CAI (CBT, CAL), CD-Rom atau melalui servis internet.
Tampaknya untuk menyonsong Unri menuju Universitas Riset tahun 2020, pengenalan,
perancangan, pembuatan dan pemanfaatan media berbasis komputer kepada staf dosen
sudah suatu keharusan. Karena trend pendidikan moderen sekarang, data, ilmu
pengetahuan dan hasil penelitian disimpan dalam bentuk digital, less paper.