DSpace Repository

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD YANG DIAWAL DENGAN PEMBERIAN SOAL CERITA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIg SMPN 13 PEKANBARU

Show simple item record

dc.contributor.author Heleni, Susda
dc.date.accessioned 2013-07-11T02:40:14Z
dc.date.available 2013-07-11T02:40:14Z
dc.date.issued 2013-07-11
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/4214
dc.description.abstract Tujuan pembelajaran matematika pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMP, yaitu memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Di dalam pelajaran matematika tujuan ini dapat dicapai melalui bentuk soal cerita. Kenyataan di kelas VIIG SMPN 13 Pekanbaru banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal secara individu yaitu memilih model pembelajaran yang menempatkan siswa secara berkelompok. Salah satu bentuk pembelajaran kelompok yang dapat meujudkan hal ini adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diawali dengan soal cerita dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIG SMPN 13 Pekanbaru?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIG SMPN 13 Pekanbaru melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diawali dengan pemberian soal cerita. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIG SMPN 13 pekanbaru yang berjumlah 40 orang. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diawali dengan pemberian soal cerita dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIG SMPN 13 pekanbaru. en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2013-07-11T02:40:14Z No. of bitstreams: 3 kulit2.pdf: 591164 bytes, checksum: 1e6cf14394c2a51ade304c360c8b43b5 (MD5) daftar isi.pdf: 3410720 bytes, checksum: e22e65a6dd34418324932f36e0dd0085 (MD5) (98) Susda Heleni (886-894).pdf: 882545 bytes, checksum: 5370ddf2d3a4b265f0d1bb670de9cbf2 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2013-07-11T02:40:14Z (GMT). No. of bitstreams: 3 kulit2.pdf: 591164 bytes, checksum: 1e6cf14394c2a51ade304c360c8b43b5 (MD5) daftar isi.pdf: 3410720 bytes, checksum: e22e65a6dd34418324932f36e0dd0085 (MD5) (98) Susda Heleni (886-894).pdf: 882545 bytes, checksum: 5370ddf2d3a4b265f0d1bb670de9cbf2 (MD5) en
dc.language.iso en en_US
dc.title PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD YANG DIAWAL DENGAN PEMBERIAN SOAL CERITA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIg SMPN 13 PEKANBARU en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account