Browsing by Author "Vebrianto, Rian"
Now showing 1 - 5 of 5
Results Per Page
Sort Options
Item Effectiveness Of The Use Of E-Learning Portal Of Biomind To Improve Motivation And Overcoming Misconception Of Student(2015-03-03) Vebrianto, Rian; Osman, Kamisah; Yuanita, Putri; Suasty, FebnyProfessional teachers are required to have an expertise in teaching and learning in line with the demands of the rapidly changing times and uncertain. To support good teacing and learning process , is not only determined by an educator but also the methods and media used in teaching and learning. Biology is a lesson that has a lot of concepts and requires a good understanding. Rather than the document data analysis and _field o stdent learning outcomes and motivation is still not up to expectations. especiaa of course the motion and circulatory system that requires an understanding and analysis as well as high -level synthesis. This study aims to improve motivation and overcome misconceptions of students at SMAN 8 Pekanbaru with use of teaching Media portals based on problem based learning (PBL). From the research, it was found that the results of the action rsearch of First Cycle (SP) for motivation in this study were distributed over sub motivtion namely interest with a mean 4,0 (high) , with a mean Perception 4,16 (high) , and the mean usability 4,12 (high) . Motivate in the Second Cycle (SK) showed that the mean of interest 4;11 (high), Perception 4,18 (high), and usability 4,27 (high) . For further understanding of the concept of students in the _first cycle obtained a mean 8,83 (completed) while in the second cycle obtained mean 8,40 (completed) . From these results it can be concluded that by using of learning portal of BIOMIND based on PBL can increase motivation and overcome misconceptions students . It is expected that in high school biology teachers can implement PBL approach and conduct further research with the other subject matter of science , so that learning outcomes can be achieved with good, and students can have a good motivation and understandingItem KEBERKESANAN PENGGUNAAN MEDIA BERASASKAN ALAM SEKITAR DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN PROSES SAINS DAN PENCAPAIAN PELAJAR(2014-06-26) Vebrianto, Rian; Osman, AmisahMedia pengajaran merupakan komponen penting dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Salah satu media yang dapat di gunakan dalam P&P adalah Media Berasaskan Alam Sekitar (MBAS). Kajian ini dijalankan untuk melihat keberkesanan penggunaan MBAS yang berasaskan konstruktivisme dalam proses pengajaran dan pembelajaran sains bagi meningkatkan kemahiran proses sains (KPS) dan pencapaian sains pelajar Sekolah Menengah Pertama Siak Sri Inderapura, Riau Indonesia. Kajian ini mengembangkan 4 buah modul bercetak yang terdiri dari 8 sub-tajuk. Kajian ini mengunakan kaedah eksperimen-kuasi dengan rekabentuk “non- equivalent control group design”. Kajian melibatkan sebuah kumpulan rawatan dan sebuah kumpulan kawalan. Kumpulan rawatan menggunakan menggunakan modul alam sekitar. Manakala kumpulan kawalan mengikuti proses pengajaran dan pembelajaran secara konvensional. Kajian ini dijalankan ke atas sekumpulan 64 pelajar di sebuah sekolah menengah di Siak Sri Inderapura, Riau Indonesia. Instrumen yang digunakan dalam penyelidikan ini adalah ujian Kemahiran Proses Sains (KPS) dan ujian pencapaian pelajar. Analisis dapatan kuantitatif dilakukan secara deskriptif yang kemudiannya disusuli dengan analisis inferensi menggunakan ujian ANOVA dan MANOVA. Dapatan kajian menunjukkan terdapat perbezaan yang signifikan terhadap pengetahuan KPS dan pencapaian dalam sains antara kumpulan pelajar yang mengikuti strategi MBAS dengan kumpulan pelajar yang mengikuti strategi konvensional. Kajian menyimpulkan bahawa pengajaran dan pembelajaran dengan menggunakan MBAS telah memberikan kesan positif terutamanya apabila menggunakan alam sekitar terhadap KPS pelajar dan pencapaian pelajar dalam matapelajaran sains.Item PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN LINGKUNGAN PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA(2014-02-26) Vebrianto, Rian; Yustina; Osman, KamisahDalam artikel ini, kami telah mengembangkan sistem pembelajaran lingkungan yang berasaskan multimedia interaktif. Dalam era teknologi canggih seperti sekarang ini multimedia interaktif mempunyai potensi yang sangat besar untuk digunakan dalam pembelajaran. Kajian ini berfokus pada teori dan aplikasi praktis pembelajaran lingkungan. Sistem multimedia ini berisikan: ekosistem, keanekaragaman mahkluk hidup dalam pelestarian ekosistem ( hewan dan tumbuhan langka), kepadatan populasi manusia hubungannya dengan lingkungan dan pencemaran dan kerusakan lingkungan. Dimana informasi lingkungan dan peranan manusia digabungkan dalam rangka untuk membuka pandangan dan sikap pelajar untuk untuk memahami masalah lingkungan. Banyak orang yang berpikir bahwa lingkungan merupakan bidang yang akan selalu berhubungan dengan kehidupan manusia dan mempunyai hubungan yang sangat erat. Oleh karena itu, banyak buku dan kertas kerja mengenai masalah lingkungan ini. Namun, masih sedikit pembelajaran berasaskan multimedia interaktif lingkungan (MIL) untuk pelajar sekolah menengah pertama. Jadi kami merancang MIL sederhana, bervariasi, menarik dan cukup jelas untuk pelajar. Sitem MIL ini terintegrasi suara dan efek cahaya yang didasarkan pada konsep pembelajaran interaktif. Menyediakan simulasi fakta dan konten pembelajaran dibangun secara efesien. Dalam kajian ini diharapkan dapat membantu memberikan pemahaman kepada pelajar dan membentuk proses pengajaran dan pembelajaran yang berpusat pada pelajarItem PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN LINGKUNGAN BERASASKAN ALAM SEKITAR PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA(2014-02-26) Vebrianto, Rian; Yustina; Osman, KamisahPembelajaran lingkungan merupakan pembelajaran yang sangat berkaitan erat dengan tingkahlaku manusia. Dalam kajian ini, kami telah mengembangkan sistem pembelajaran lingkungan yang berasaskan alam sekitar guna memupuk sikap dan amalan pelajar terhadap lingkungan. Pada umumnya pembelajaran IPA di sekolah menengah pertama berfokus pada produk ilmu pengetahuan dan prosesnya beserta penanaman sikap ilmiah. Fakta yang didapatkan dilapangan bahwa terjadi kesenjangan antara tiori dan implikasi dalam kehidupan keseharian semakin besar lebar, sehingga kesadaran dan kelestarian lingkungan rendah. Maka diperlukan pembelajaran dengan menggunakan alam sekitar dapat membantu guru dan pelajar dalam mempelajari dan memahami keadaan yang sebenarnya di luar kelas maupun di dalam kelas dengan menghadapkan para pelajar kepada alam sekitar yang faktual dan aktual untuk dipelajari dan diamati dalam hubungannya dengan proses belajar dan mengajar. Dalam kajian ini diharapkan dapat membantu memberikan pemahaman kepada pelajar dan membentuk proses pengajaran dan pembelajaran yang berpusat pada pelajar sehingga pelajar dapat mengamalkan kehidupan yang ramah terhadap lingkungan dan menjaga kelestariannya.Item PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI KALANGAN PELAJAR SAINS BIOLOGYI DI SMPN 5 PEKANBARU(2014-02-26) Yustina; Rosmaini; Vebrianto, RianIt was conducted a research of student’s learning result Sains Biology by using constructivism approach at first class in SMPN 5 pekanbaru on march up to mey 2008. The research is aimed to know the influence by using constructivism approach of student’s learning result. The methode used quasi exsperiment. Data collection technique with proposive sample, after homogenues testing the writer dirrectly devided both experimental and controlled class. The parametre of the research is student’s learning result based on cognitive and physicomotoric aspects (skill process). The instruments used were pre test and post test design, in measuring skill process were observation and LKS. Data analysis were homogeneus and significance of t‐test. The cognitive average was 6,23 of experiment with increase 55%, and the controlled was 5,48 with increasing 30,2%. Students result in skill process of exprimental was 73,6% (good) and controlled class was 57,7 (enough). By using t‐test procedure, the‐tsignificance = 24,1 ,and t tabel o,99 = 2,39 , t tabel 0,95 = 2,35. It shows significance influence to the students’s learning result by using constructivism approach. It means, learning biology toward contructivism approach can to increase student’s result of their skill processes.