Browsing by Author "Rery, Usman"
Now showing 1 - 6 of 6
Results Per Page
Sort Options
Item EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN OLEH MAHASISWA DI PROGAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA JURUSAN PMIPA FKIP UNIVERSITAS RIAU (UPAYA PENIGKATAN MUTU PEMBELAJARAN)(2014-02-06) Rery, Usman; RiniPerguruan tinggi adalah industri jasa. Proses dalam semua kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi adalah faktor kunci dalam menghasilkan produk yang bermutu, dengan kata lain yang dapat memberi rasa puas dan memenuhi kebutuhan mahasiswa. Telah dilakukan penelitian tentang pembelajaran di Program Studi Pendidikan Kimia, yang bertujuan untuk memperoleh informasi dari mahasiswa mengenai pembelajaran oleh dosen. Mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 80 orang (35%). Data diambil menggunakan angket, yang disusun berdasarkan indikator proses pembelajaran, materi kuliah dan sistem ujian. Data diolah menggunakan metode deksriptif simpulan yang diperoleh dari penelitian, adalah bahwa dosen perlu menjelaskan tujuan pembelajaran kepada mahasiswa, mengelola penggunaan waktu dengan lebih baik, mempersiapkan diri lebih baik dari biasanya dalam hal penguasaan materi dan perencanaan perkuliahan, mengulangi penjelasan materi pada bagian yang dianggap sulit oleh mahasiswa, meningkatkan tata hubungan dengan mahasiswa agar tercipta iklim akademis yang mendukung, mempertimbangakan dan memberitahukan kepada mahasiswa tentang cangkupan materi yang diujikan, sebagian atau keseluruhan, menyusun alat ukur yang sesuai dengan ketentuan penyusunan alat ukur. Kata-Item PEMBERIAN TUGAS MEMBUAT RINGKASAN SEBELUM DAN SETELAH PEMBELAJARAN UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH KIMIA FISIKA I(2013-02-25) Erna, Maria; Rery, UsmanDari hasil evaluasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP Universitas Riau pada Matakuliah Kimia Fisika I selama ini belum tuntas Hal ini disebabkan ketidaksiapan mahasiswa dalam perkuliahan karena tidak mempunyai bekal ilmu pengetahuan sehingga sulit untuk mengikuti pembelajaran. Untuk itu dilakukan pengembangan dan peningkatan kualitas pembelajaran pada Matakuliah Kimia Fisika 1 yaitu dengan menerapkan pemberian tugas membuat tugas sebelum dan setelah pembelajaran. Adapun subjek dari pengembangan ini adalah mahasiswa yang mengambil Matakuliah Kimia Fisika I pada semester genap 2006/2007 yang berjumlah 32 orang. Dari data hasil lembaran ringkasan sebelum pembelajaran hampir seluruh mahasiswa membuat dalam bentuk teori dasar. Adapun lembaran ringkasan setelah pembelajaran, kecenderungan mahasiswa hanya mencatat apa yang disajikan dosen pengampu dan tidak terlalu memahami. Dari hasil pengamatan selama proses pembelajaran keaktifan mahasiswa meningkat. Sedangkan hasil pengembangan didapatkan 28 mahasiswa mencapai taraf penguasaan > 65% dan 4 orang < 65% dengan ketuntasan belajar secara klasikal 87,5%. Dari 8 kompetensi umum yang dipelajari, ada 3 kompetensi yang dinyatakan tidak tuntas yaitu 4, 6 dan 8.Item PENERAPAN PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS STRATEGI THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA(2014-02-06) Abdullah; Rery, UsmanMetode pembelajaran diskusi kelas strategi Think-Pair-Share (TPS) dapat dikembangkan untuk melatih keaktifan dan cara berpikir siswa, sehingga dapat meningkatkan partisipasi siswa, melatih komunikasi, dan interaksi diantara siswa. Proses-proses tersebut dapat meningkatkan keaktifan sekaligus meminimalkan siswa yang pasif sehingga lebih aktif secara keseluruhan dan ketuntasan belajar siswa dapat tercapai. Dalam penelitian ini dipelajari penerapan pembelajaran TPS untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan Kesetimbangan Kimia di SMUN 9 Pekanbaru. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode ini ketuntasan belajar individu dapat tercapai dengan persentase ketuntasan sebesar 86,67%. Sedangkan ketuntasan TPK secara klasikal tidak tercapai karena ketuntasan TPK hanya sebesar 82,22%.Item PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN DAYA HANTAR LISTRIK DAN REAKSI REDOKS DI KELAS X.1 MAN 2 MODEL PEKANBARU(2014-02-06) Rery, Usman; Adrina, FitriThe background of this classroom action research is the learning result of chemical subject in class X.1 which is not contrast with their activities. The students were active enough gave any question in the teaching and learning process but the learning result is not satisfied. It is because there were only several students who did it themselves but many students were cheating to do their excercises in the class. And the other students just wrote the results without understanding the items so that what they have done loosing at the moment. The aims of this classroom action research are to increase their activeness and mastery learning with the implementation of Cooperative Learning NHT and TGT. The research has done 2 cycles. Activeness and mastery learning were obtained in cycle I and cycle II : The students activeness increase from 64,14% (enough) to 72,14% (good) and the mastery learning is not increase from 100% to 80,65%. Although mastery learning of cycle II decrease but this classroom action research has succeed to improve the teaching and learning process of MAN 2 MODEL Pekanbaru in class X.1 become better than before. This research conclusion are the implementation of the cooperative learning NHT and TGT make students more active in the teaching and learning process, be enjoyable and they are not bored to study.Item Pengembangan Bahan Ajar dan Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Lingkungan(2013-04-18) Islamias; Haryati, Sri; Rery, UsmanThis study aims to develop nature-based teaching mataials about a valid, practical, and effective for studied chemical sciaice in seventh grade jvinior high. The method used is a research & development (development research). The experiment was conducted in two years and consists of four stages, namely the stage definition, design, development, desseminate. The research in the first year it was not until the development stage. Data were collected throu^ assessment form completed by the validator. The results showed that the first year of teaching materials based learning environment developed for the chemical sciences in the junior class VII have met the criteria valid in terms of content and construction.Item PENGGUNAAN ALAT RODA-RODA PELANGI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA(2014-02-06) Islamias; Rery, UsmanPenelitian dengan menggunakan alat peraga Roda-Roda Pelangi telah dilakukan pada pembelajaran pokok bahasan ikatan kimia di SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah dengan penggunaan alat peraga ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa destruktif dengan penelitian eksperimen, desain, prestest dan postest. Sampel terdiri dari dua kelas, satu sebagai kelas kontrol dan yang lain sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga Roda-Roda Pelangi dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan (21,48%)