Browsing by Author "MlilARTY"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA KULIAH BIOKIMIAI UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR MAHASISWA Dl PROGRAM STUDI PENDIDiKAN KIMIAUNRI TAHUN AKADEMIS 2008/2009(2013-02-25) MlilARTYHasil belajar maiiasiswa dari penelitian tindakan keias mata kuliah Biokimia I ini pada Siklus I individu yang tuntas belajamya sebanyak 10 orang, dan ketuntasan belajar secara klasikal 23,26 %. Pada Siklus II individu yang tuntas belajamya sebanyak 23 orang dan ketuntasan beajar secara klasikal 48,94 %. Pada Siklus III individu yang tuntas belajamya sebanyak 38 orang dan ketuntasan belajar secara klasikal 76,00 %. Pengajaran Biokimia I pada Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNRI Tahun ajaran 2008/2009 yarq, dilaksanakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (adarya kelompok ahli dan kelompok belajar) akan memberikan hasil belajar yang dapat menuntaskan belajar individu maupun menuntaskan pembelajaran secara klasikal adalah dengan cara-cara sebagai berikut: 1. Menggunakan alat bantu yang berupa struktur dari senyawa-senyawa yang terdapat pada makhluk hidup, seperti struktur-struktur dari asam amino dan protein, stuktur-struktur karbohidrat, struktur-siruktur lipid dan struktur senyawa lainnya bagan mater pelajaran. 2. Penguasaan materi dari masing-masing kelompok ahli harus pada kalegori baik 3. Cara penyampai materi dari kelompok ahli perlu pengarahan dari dosen pengasuh mata kuliah. 4. Aktivitas kegiatan kelompok belajar harus tinggi, artinya semua anggota kelompok harus diaktifkan. 5. Dosen perlu memberikan arahan dan komentar, serta menjelaskan dari materi yang didiskusikan baik secara kelompok maupun secara klasikal