Browsing by Author "Kurnia, Rita"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VISUAL (GAMBAR) DALAM MELATIH DAYA INGAT ANAK USIA 5 -6 TAHUN DI TK LABOR FKIP UNIVERSITAS RIAU(2014-06-26) Risma, Devi; Hukmi; Kurnia, RitaPenelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menjelaskan bagaimana efektifitas media visual (gambar) untuk meningkatkan daya ingat anak. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah media visual dapat meningkatkan daya ingat anak usia 5-6 tahun di TK Labor FKIP Universitas Riau. Rancangan penelitian ini adalahThe Pre Test- Post Test Design, yang melibatkan 10 orang anak. Eksperimen dilakukan dengan memberikan media visual berupa gambar dengan tema bencana alam untuk meningkatkan daya ingat anak. Analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis uji beda (t-test) menggunakan seri program statistik SPSS 17 for windows untuk mengetahui efektivitas dari media visual terhadap daya ingat anak. Berdasarkan analisa data diperoleh hasil uji-t sebesar -18,419 (p=0,000) dan peningkatan daya ingat dari sebelum eksperimen dan setelah eksperimen sebesar 68 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media visual efektif untuk meningkatkan daya ingat anak usia 5-6 tahun di TK Labor FKIP Universitas Riau.Item Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Meningkatkan Mutu Proses Belajar dan Pembelajaran (Studi Pada Kelompok Bermain & TK PAUD Labor FKIP Universitas Riau)(2013-04-18) Novianti, Ria; Febrialismanto; Kurnia, RitaPerkembangan motorik kasar anak pada usia 3-4 tahun merupakan perkembangan yang krusial dan menjadi dasar bagi kemampuan gerak pada tahapan usia berikutnya. Gerakan seperti berjalan, melompat, memanjat, berjingkat merupakan kemampuan motorik kasar yang harus dikuasai anak pada usia ini. Salah satu media untuk mengoptimalkan kemampuan motorik kasar anak adalah alat permainan luar (outdoor) yang dirancang agar aruxk dapat bermain dengan bebas namun membutuhkan keterampilan gerak tertentu untuk dalam menggunakan alat permainan tersebut. Melalui penelitian ini dipaparkan kondisi kelayakan alat permainan luar ruangan yang ada di TK Labor FKIP UR dan pemanfaatannya oleh pendidik sebagai sarana untuk mengoptimalkan perkembangan motorik kasar anak, serta selanjutnya melihat hubungan penggunaan alat permainan luar ruangan dengan perkembangan motorik kasar anak usia 3-4 tahun di TK Labor FKIP.