Browsing by Author "Indarto, Wusono"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA SEMESTER Vll-A JALUR SELEKSI PBUD DENGAN MAHASISWA SEMESTER Vll-B JALUR SELEKSI LOKAL PADA PRODI PG PAUD FKIP UNIVERSITAS RIAU(2014-02-03) Ahmad, Said Suhil; Indarto, Wusono; Marliya; NurasiahTujuan penelitian ini adalh untuk mengetahui perbedaan Motivasi Berprestasi antara Mahasiswa Semester Vll-A Jalur Seleksi PBUD dengan Mahasiswa Semester Vll-B Jalur Seleksi Lokal pada Prodi PG PAUD FKIP Universitas Riau. Penelitian bersifat komparatif atau membanding variabel dan indikator yang sama pada kelompok responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen yang berbentuk angket, dimana angket tersebut dikembangkan dari Variabel motivasi berprestasi dengan tiga indikator. Indikator I Suka mengambil resiko terdiri dari 12 diskriptor, indikator II Memerlukan umpan balik yang segera terdiri dari 8 diskriptor, dan Indikator III Memperhitungkan keberhasilan terdiri 8 diskriptor. Jumlah diskriptor seluruhnya sebanyak 28 butir dan setelah dilakukan uji validitas tidak sebanyak 4 butir. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 94 orang yang berasal dari kelompok mahasiswa jalur seleksi PBUD sebanyak 42 orang dan jalur seleksi lokal/mandiri 52 orang. Sampel penelitian sebanyak 64 orang- terdiri dari kelompok mahasiswa jalur seleksi PBUD 30 orang dan kelompok mahasiswa jalur seleksi iokal/mandiri 34 orang. Berdasarkan hasil tabulasi data yang terkumpul, ternyata skor motivasi berprestasi mahasiswa jalur seleksi PBUD sebesar 79.833 dengan persentase 83.16%. Persentase tersebut bila dikonsultasikan dengan kriteria hasil termasuk dalam kategori ‘sangat tinggf. Sementara dari kelompok II (jalur seleksi lokal/mandiri) diperoleh skor sebesar 76.4112 dengan persentase 79.63% dan bila dikonsultasikan dengan kriteria hasil termasuk dalam kategori 'tinggi'. Sementara dalam pengujian hipotesis penelitian dengan perhitungan komputer menunjukan bahwa: Terdapat perbedaan Motivasi Berprestasi antara Mahasiswa Semester Vll-A Jalur Seleksi PBUD dengan Mahasiswa Semester Vll-B Jalur Seleksi Lokal pada Prodi PG PAUD FKIP Universitas Riau. Berdasarkan hitungan yang dilakukan Wing memperoleh hasil sebesar 3.698327, lebih besar dari W i yakni 2.660 < 3.698327 > 2.617 pada tingkat signifikansi 0.01, sehingga Ho ditolak artinya terdapat perbedaan motivasi berprestasi antara mahasiswa semester Vll-A PG PAUD Jalur Seleksi PBUD dengan mahasiswa semester Vll-B PG PAUD Jalur Seleksi lokal/mandiri.Item PERSEPSI PIMPINAN TERHADAP KINERJA TAMATAN PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN DI LINGKUNGAN INSTITUSI PENDIDIKAN KOTA PEKANBARU(2014-06-26) Achmad, Said Suhil; Indarto, Wusono; ZulkifliPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja tamatan Program Studi Administrasi Pendidikan pada institusi Pendidikan yang ada di Kota Pekanbaru; Untuk mengetahui kompetensi keilmuan yang yang relevan untuk tamatan Program Studi Administrasi Pendidikan dengan tugas-tugas yang mereka lakukan; dan untuk mengetahui tanggapan pimpinan terhadap kinerja mereka? Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu penelitian denhan variabel mandiri (tunggal) yang tidak menghubungkan dengan variavel yang lain dan tidak menguji suatu hipotesis, tetapi hanya menjawab tujuan penelitian yang diajukan. Populasilasi dari penelitian ini adalah tamatan Program Studi Administrasi Pendidikan pada institusi Pendidikan yang ada di Kota Pekanbaru yang berjumah 50 orang. Sampel diambil dengan tingkat kepercayaan 5%, yaitu 44 orang. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah memeriksa instrument yang telah terkumpul, untuk menentukan mana data yang dapat diolah dan mana data yang tidak dapat diolah; membuat tabel persiapan untuk distribusi data; menghitung frekwensi dari setiap alternatif jawaban yang diberikan responden; menghitung presentase masing-masing jawaban dan terakhir mencari modus dengan alasan data tidak normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kinerja tamatan Program Studi Administrasi Pendidikan pada institusi Pendidikan yang ada di Kota Pekanbaru tergolong kurang baik, artinya kompetensi yang diwariskan oleh program studi masih belum sesuai dengan kinerja yang diharapkan; kompetensi keilmuan masih kurang relevan dengan tugas-tugas yang mereka kerjakan di lapangan, artinya kompetensi yang diwariskan perlu pengembangan lebih lanjut; Tanggapan pimpinan terhadap kinerja tamatan Program Studi Administrasi Pendidikan tergolong positif, karena penilaian mereka dilakukan hanya untuk penelitian ini. Dengan demikian perlu pengembangan kurikulum secara menyeluruh, karena relevansinya dengan tugas masih jauh; Perlu ditingkatkan kompetensi lulusan secara maksimal agar sesuai dengan tuntutan lapangan kerja; dan perlu penelitian lebih lanjut tentang kinerja yang sebenarnya dari alumni yang bersangkutan