Browsing by Author "Fauziah, Yuslim"
Now showing 1 - 4 of 4
Results Per Page
Sort Options
Item Analisis Kualitas Perairan Sungai Subayang Berdasarkan Indeks Biotilik Sebagai Pengayaan Modul Mata Kuliah Ekologi Perairan(wahyu sari yeni, 2018-09-19) Syuhada, Nur Ikhlas; Suwondo, Suwondo; Fauziah, YuslimRiver is a flowing water (lotic) that get input from all the waste of human activities like settlement, agriculture, and also industry. The impact of these activities makes many river pollution occurrences. The polluted streams have a major impact on changes of organisms in water, including to humans such as the need for clean water. The aquatic ecosystem is an ecological unit interconnected with abiotic and biotic components in its habitat. By studying the components in the waters we can see how the quality of a river. So by knowing the changes that occur in the waters, we can make efforts in managing river ecosystems. With this knowledge, it is expected to provide support in aquatic ecology knowledge . The study consisted of two stages: analysis of water quality and module enrichment. Stages of water quality analysis based on the biotic index are conducted along the Subayang River. This research is an explorative research which the data collection using survey method. Data are analyzed and discussed descriptively. The stage of module enrichment use the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) and then the modul will be validate. The results show that the research of the quality of the Subayang river has the characteristic that can be integrated with aquatic ecology course and it can be used for enrichment of modules in aquatic ecology.Item PENERAPAN ASESMEN KINERJA UNTUK PERBAIKAN HASI L BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MORFOLOGI TUMBUHAN(2014-04-14) Fauziah, Yuslim; Syafii, WanPenelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau melalui penerapan asesmen kinerja (performance assessment) pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan, yang dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan pada 2 sklus dengan subjek penelitian adalah mjhasiswa Program SI Pendidikan Biologi yang mengambil mata kuliah Morfologi Tumbuhan yang bcijumlah 50 orang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 44 orang perempuan. Parameter dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang diperoleh dari nilai postes dan ujian blok di akhir tiap siklus dan aktivitas belajar mahasiswa. Rala-rata penguasaan materi mahasiswa pada siklus I adalah 80,90% (baik) dan meningkat menjadi pada siklus II menjadi 88,15% (amat baik). Skor rata-rata aktivitas belajar individu mahasiswa pada siklus I adalah 77,38% meningkat pada siklus II menjadi 84,10%, sedangkan skor rata-rata aktivitas belajar kelompok mahasiswa pada siklus I adalah 85,68% meningkat pada siklus H menjadi 90,11%. Aktivitas belajar individu dan kelompok mahasiswa tergolong dalam kategori baik sekali. Penerapan asesmen kinerja pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau tahun akademis 2011/2012.Item RESPON MAHASISWA TERHADAP PENERAPAN ASESMEN KINERJA PADA MATA KULIAH MORFOLOGI TUMBUHAN(2014-04-14) Syafii, Wan; Fauziah, YuslimPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penerapan asesmen kineija pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun akademis 2011/2012. Populasi penelitian ini adaiah mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2010 yang mengambil mata kuliah morfologi tumbuhan dan sampel penelitiannya adaiah 35 mahasiswa. Parameter penelitian ini adaiah respon mahasiswa terhadap penerapan asesmen kineija pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan, alat pengumpul data berupa angket sebanyak 10 item pertanyaan, angket dibagikan kepada responden diakhir semester. Bentuk-bentuk tugas kinerja yang diterapkan pada mata kuliah ini berupa tugas membuat power point, membuat deskripsi bentuk hidup tumbuhan, menggambarkan objek serta presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase mahasiswa yang menyatakan senang dan mendapat manfaat mengikuti perkuliahan Morfologi Tumbuhan dengan penerapan assesmen kinerja mencapai 100%, namun tugas kinerja yang diberikan oleh dosen terlalu banyak, yaitu ada 43.57% mahasiswa yang menyatakan tugas terlalu banyak dibandingkan dengan ketersediaan waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut Hal ini menjadi penyebab beberapa mahasiswa merasa tugas yang diberikan oleh dosen memberatkan mereka, yaitu sebanyak 23,57% responden merasa tugas-tugas yang diberikan oleh dosen memberatkan mahasiswa. Dari hasil penelititian dapai disirnpulkan bahwa mahasiswa merasa senang dan mendapat manfaat mengikuti perkuliahan morfologi tumbuhan dengan penerpan assesmen kineija, walaupun masih ada yang berpendapat bahwa tugas assesmen kineija terlalu banyak dan memberatkan merekaItem Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui Asesmen Autentik Pada Mata Kuliah Teknik Dan Manajemen Laboratorium Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa(2015-03-11) Arnentis; Fauziah, Yuslim; Sari, Nur ChalidaPenelitian ini bertujuan untuk memperbaiki mutu pembelajaran melalui asesmen autentik pada mata kuliah Teknik dan Manajemen Laboratorium di Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Riau. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada bulan September hingga Desember 2013. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program S1 Pendidikan Biologi yang mengambil mata kuliah teknik dan manajemen laboratorium yang berjumlah 34 orang. Parameter dalam penelitian ini adalah aktivitas mahasiswa dengan indikator persiapan, pelaksanaan dan kegiatan akhir dalam praktikum serta hasil belajar yang dikumpulkan dari nilai postes dan ujian blok pada akhir setiap siklus. Rata-rata aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I 89,55 % dengan kategori sangat aktif dan meningkat pada siklus II yaitu 92,33 % dengan kategori sangat aktif. Rata-rata penguasaan materi mahasiswa pada siklus I 79,73 dengan kategori baik dan 72,61 dengan kategori baik pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui asesmen autentik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah teknik dan manajemen laboratorium di Program studi Pendidikan Biologi