Browsing by Author "Armis"
Now showing 1 - 10 of 10
Results Per Page
Sort Options
Item CONSTRUCTIVISM APPROACH APPLYING NUMERICAL METHODS LEARNING OF STUDENT OF MATHEMATICS EDUCATION DEPARTMENT OF EDUCATION FACULTY OF RIAU UNIVERSITY(2014-02-18) ArmisThis research aims to improve learning process of numerical methods of student of Mathematics Education Department of Education Faculty of Riau University in 2011./2012 Odd semester. The studied variabels were (1) the students activity in learning process; (2) the students learning outcomes in the end of each cycle; (3) the students perception about lecturer teaching skill. This research did in three cycles with 23 students of participants. Based on data analysis result obtained that (1) in learning, the students activity was the longer the better; (2) the average of students outcomes was 77.565 in the end of first cycle, in the end of second cycles, its decreased to 77_217; but its increased to 86.9565 in the third cycles: the final value of students was 82.60% of A grade and 17.40% of B grade after calculated with task value in the end of semester; and (3) student who followed numerical methods learning gave very positive reaction about constructivism approach applying and the average of lecturer teaching skill was 3.725 in very good categoryItem PENDEKATAN KONTRUKTIVISME BERMEDIA LCD UNTUK MEMPERBAIKI MUTU PERKULIAHAN PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA(2013-02-25) Armis; MaimunahPemlitiart irti bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Program Pembelajaran Matematika, dengan mengaplikasikan pendekatan kontruktivisme dalam pembelajaran, serta menjaring pendapat mahasiswa tentang pelaksanaan pembelajaran. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data aktifitas mahasiswa diperoleh melalui lembar pengamatan, data hasil belajar mahasiswa diperoleh dengan malakukan tes, dan data pendapat mahasiswa diperoleh dengan menggunakan angket dan lembar kesan-pesan. Dari hasil pengamatan diperoleh informasi bahwa aktifitas mahasiswa semakin baik dengan diterapkan pendekatan konstruktivisme. Dari hasil angket dan lembar kesanpesan diperolah fakta bahwa mahasiswa menanggapi sangat positif pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme, dan menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran oleh dosen dikategorikan baik. Pendekatan konstruktivisme juga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Program Pembelajaran Matematika.Item PENDEKATAN KONTRUKTIVISME BERRNEDIA LCD UMIAK MEMPERBAIKI MUTU PERKO MAHAN PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN MA TEMATIKA(2014-02-18) Armis; MaimunahPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktlfitas dan hasil balajtr mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Program Pentbelajaran Niatematika, dengan mengaplikasikan pendekatan kontruktivisme dalam pembelajaran, serta menjaring pendapat mahasiswa tentang pelaksanaan pembelaiaran. Penelitian dilaksannkan sebanyak dua siklus. Data a/caritas mahasiswa diperoleh melalui tembar pengamatan. data basil belajar mahasiswa diperoleh dengan malakukan tes, dan data pendapat mahasiswa diperoleh dengan menggunakan angket dan lembar kesan-pesan. Dari hasil pengamatan diperoleh infortnasi bahwa aktifitas mahasiswa sernakin baik dengan diterapkan pendckatan konstruktivisme. Dari hasil angket dan lembar kesan-pesan diperoleh fakta bahwa mahasiswa menanggapi sangat posit' f pelaksanaan pembelajaran den pn pencleicatan konstruktivisme, dan menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran oleh dosen dikategorikan balk. Pendekatar. konstruktivisme juga dapat meningicatkaa basil belajar mahasiswa pada mata, kuliah Pengembangan Program Pembelajaran,Matematika.Item PENDEKATAN LABORATORIUM MINI DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MEMPERBAIKI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 017 TAMPAN PEKANBARU(2014-02-18) Armis; Kesumawati, MetraThis research aims to improve mathematics learning in class IV SDN 017 Charming Pekanbaru. Variables examined were: (1) activities of teachers and students in the learning process: (2) the value of students' progress, and (3) mastery of mathematics student learning outcomes. Actions carried out in two cycles. Based on data analysis that: (1) the activities of teachers and students in the learning process the longer the better, (2) the value of students' progress was almost the same in the two cycles, and (3) students who achieve mastery learning (65%) before execution measures just 22%, after one cycle increased to 53%, and after two cycles of mastery learning of students increased to 86%.Item PENERAPAN METODE BELAJAR AKTIF TIPE GGE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA M.Ts. DAREL HIKMAH PEKANBARU(2014-02-18) Maimunah; Rofika, Deni; ArmisPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas guru dan siswa, serta meningkatkan hash belajar matematika siswa M.Ts. Darel Hikmah Pekanbaru dengan mengaplikasikan metode belajar aktif tipe Group to Group Exchange. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan setiap siklus terdiri atas empat pertemuan. Data aktifitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar pengarnatan, dan data hasil belajar siswa diperoleh dengan melakukan tes hash belajar matematika. Dari hash anahisis data diperoleh kesimpulan bahwa aktifitas guru dan siswa semakin hari semakin membaik, dan basil belajar siswa meningkat setelah diterapkan metode belajar aktif tipe Group to Group ExchangeItem PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WPS (WRITE PAIR SQUARE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 2 PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGING(2014-02-18) Syofni; Armis; Zoraya, Yunni CitraPembelajaran matematika membekali peserta didik untuk mempunyai kemampuan berfikir kritis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kernampuan bekerjasama. 0101 sebab it pelajaran matematika vertu diberikan kepada semua peserta didik dimulai dari sekolah dasar (Depdiknas, 2006). Untuk memperbaiki basil belajar matematika siswa, telah dilakukan sebuah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model kooperatif teknik WPS (Write Pair Square) di kelas IX B SNIP Negeri 2 Pangean. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Ada dua jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu data lentang proses pembelajaran yang diambil dengan teknik observasi, yang berguna untuk memperhaiki proses pembelajaran pada siklus 2 dan data tenting hash belajar berguna untuk menjavy.ab rumusan masalah atau menentukan keberhasilan tindakan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data cleskriptif yang akan mendeskripsikan basil penelitian. Analisis data basil belajar rnenunjukkan teijacii peningkatan . basil belajar siswa clan skor dasar (sebelum tindakan) ke hasil belajar setelah siklus 1 begitu jugs ke basil belajar setelah siklus 2 yang ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang meneapai KKM. Pada skor dasar jutnlah siswa yang mencapai KKM hanya 12 orang (37,5 %), setelab siklus I jumlah siswa yang meneapai KKM menjadi 18 orang (56,25%) sedangkan pada ulangan harian 2 (siklus 2) menjadi 26 orang (81,25 %). Berdasarkan basil analisis data dapat disimpulkan terdapat peningkatan basil belajar siswa dari sebtlum ke sesudah tindakan.Item PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL THREE STAY ONE STRAY DALAM PEMBELAJARAN iviATENIATIKA Di SMP(2014-02-18) Armis; Ariawan, ReziTujuarr dari penelitian ini adalah wuuk mengetahui pengaruh penerapan dari pernhelajuran kooperaiif dengan nzenggunakan pendekatan structural Three Stay One Siray (TSOS). Penditian ini adalah lindakan kelas yang dila-Lola:in dalarn riga labap. Subjek penelitian ini adalah siswa SLIP 22 Pekankaru. Fengurripulan data dengan nienggunakan teknik pengarnahVI daft latihan_ Pengarman aktur dilakukan unalisa narasi deskriptildan penelitian dari res pembelajaran akan dianallsa dengan kriteria itetunicayan minimum, analisa distribusi frekuensi dan analisa rata-rata. Basil dari penelitian ini untuk nrerianjukkan bahwa jumlah siswa yang mencapai titik minimum 65 pada skor dasar sehesar 40 9-6, pada siklus I sebesar 51.43 %. pada sikho 1I sebeā¢ar 65_71 dun pada siklus III sebesar 80 % Raw -rata pada skor dasar adalah 60 %. pada siklus I sebesar 65.66 P./6, pada siklus II sebesar 71 %. dan pada siklus III .sebesar 76.28 %. Berdavarkan penefirian dapat disimpufkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatff ripe Three stay One Stray (T.50.5") dapat meningkatkan basil belajar malematikaItem PENERAPAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN PERSAMAAN DIFERENSIAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA PMIPA FKIP UNRI(2013-02-25) ArmisPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Persamaan Diferensial, dengan mengaplikasikan pendekatan kontruktivisme dalam pembelajaran, serta menjaring pendapat mahasiswa tentang pelaksanaan pembelajaran. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Data aktifitas mahasiswa diperoleh melalui lembar pengamatan, data hasil belajar mahasiswa diperoleh dengan malakukan tes, dan data pendapat mahasiswa diperoleh dengan menggunakan angket dan lembar kesan-pesan. Dari hasil pengamatan diperoleh informasi bahwa aktifitas mahasiswa semakin baik dengan diterapkan pendekatan konstruktivisme. Dari hasil angket dan lembar kesanpesan diperolah fixkta bahwa mahasiswa menanggapi sangat positif pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme, dan menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran oleh dosen dikategorikan baik Pendekatan konstruktivisme juga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Persamaan DiferensiItem PENERAPAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN PERSAMAAN DIFERENSIAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA PMIPA FKIP UNRI(2014-02-18) Armis; Suanto, ElfisThe purpose of this research is to repair the learning process of mathematics at Differencial Equations. The variables which have been examined (1) the activities lecturer and students in learning process, (2) the development of student grades, and (3) the completeness student result in studying Differencial Equations . This actions have been done in three cycles based on data's analysis, we can get the result (1) the activities lecturer and students in learning process have improved, (2) the development of student grades is rather the same in three of the cycles, and (3) the student who could reach the studying completely. After first cycle, has increased become 76,'4%, and after second cycle, the completeness of studying has increased become 77,43%, and after third cycle the completeness of studying has increased become 81,52%.Item Persiapan Siswadalam Menghadapi OSN DenganPembinaan Kompetensi Guru Pendamping OSN SMP di Kota Dumai(2013-04-22) Zulfarina; Nor, Muhammad; Armis; Ibrahim, BedriatiTujuan dalam pengabdian ini adalah membimbing guru-guru SAINS SMP se- Kota Dumai dengan memberikan konsep pemahaman tentang materi OSN, Memberikan motivasi untuk meningkatkan kompetensi siswa, Meningkatkan penguasaan materi untuk OSN, Membimbing guru-guru untuk dapat berinovasi dalam menyampaikan materi dan pembahasan soal dan Meningkatkan mutu pendidikan di SMP YKPP Kota Dumai.Untuk mengukur keberhasilan kegiatan pengabdian, maka dilakukan tahapan-tahapan sebagai berikut (1). Pada tahap awal kegiatan dilakukan pengenalan dan motivasi tentang Olimpiade Sain dan pre test, (2). Pada tahap pelatihan dilakukan pemberian materi oleh instruktur, (3). Dilanjutkan diskusi materi antara siswa, guru dan instruktur (4) Evaluasi terhadap materi yang diberikan dalam bentuk penyelesaian soal (postes). Berdasarkanhasil pengabdian dapat disimpulkan bahwapengayaan materiolimpiade sains di SMPYKPP Kota Dumai dapat memotivasi dan membangkitkan minat para peserta untuk mengembangkan dan mengimplementasikan pada siswanya agar dapat mengikuti olimpiade.