DSpace Repository

PENERAPAN STRATEGI FIRE-UP DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIDE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP IT DAR AL-MA'ARIF PEKANBARU

Show simple item record

dc.contributor.author Anggraini, Rini Dian
dc.contributor.author Maymunah
dc.contributor.author Nurdin, Erdawati
dc.date.accessioned 2014-04-03T06:05:16Z
dc.date.available 2014-04-03T06:05:16Z
dc.date.issued 2014-04-03
dc.identifier.issn 978-979-1222-96-9
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6018
dc.description.abstract Survei kelas untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP IT Dar Al- Ma'arif Pekanbaru ini menunjukkan hasil yang belum memuaskan. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurang aktifnya siswa dalam mencari dan menyerap informasi (pengetahuan), pembelajaran lebih berpusat pada guru. Dalam proses pembelajaran guru juga kurang memperhatikan kemampuan dasar siswa, guru langsung menjelaskan materi baru. Ketika siswa terbentur dalam proses pemahaman, guru mengulang pengetahuan dasar yang diperlukan, kemudian melanjutkan kembali materi pelajaran yang rrpenggal. Selain itu ketika diberikan kesempatan untuk bertanya, hanya sedikit sekali siswa ►arig bertanya. Strategi yang diterapkan untuk mengatasi hal tersebut adalah strategi pembelajaran FIRE-UP (Foundations, Intake Information, Real Meaning, Express Your Enowledge, Use Available Resources, Plan of Action). Situasi belajar itu sering dideskripsikan dengan model pembelajaran. Oleh sebab itu, strategi pembelajaran perlu iikombinasikan dengan suatu model pembelajaran yang sesuai. Pada strategi FIRE-UP ierdapat tahapan Express Your Knowledge (ungkapkan pengetahuan) dan Use Available Resources (memanfaatkan sumber daya yang tersedia) yang menuntut siswa untuk rengungkapkan pengetahuannya dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia, fiantaranya teman sebagai tempat bertanya dan berdiskusi. °tell karena itu, strategi FIRE-UP Eti cocok jika dikombinasikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams 4chievement Divisions (STAD) yang memungkinkan siswa saling bekerja sama dan Serdiskusi dalam kelompok heterogen. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, ilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP IT Dar Alkia'arif Pekanbaru tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan analisis data dan pembahasan ►am.Y, telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi FIRE-UP dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas ‘111 SMP IT Dar Al-Ma'arif Pekanbaru tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok sistem persamaan linier dua variabel en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2014-04-03T06:05:16Z No. of bitstreams: 1 artikel.pdf: 20227890 bytes, checksum: e99c670c46d95e67d2bc5985a024786e (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2014-04-03T06:05:16Z (GMT). No. of bitstreams: 1 artikel.pdf: 20227890 bytes, checksum: e99c670c46d95e67d2bc5985a024786e (MD5) en
dc.language.iso en en_US
dc.subject Strategi Fire Up en_US
dc.subject Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD en_US
dc.subject BelajarMatematika en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI FIRE-UP DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIDE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP IT DAR AL-MA'ARIF PEKANBARU en_US
dc.type UR-Scientific Work Lecturer en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account