DSpace Repository

MANFAAT DAN HAMBATAN METODE BELAJAR PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) MENURUT PERSPEKTIF MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS RIAU

Show simple item record

dc.contributor.author Asni, Enikarmila
dc.date.accessioned 2013-03-05T02:43:16Z
dc.date.available 2013-03-05T02:43:16Z
dc.date.issued 2013-03-05
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/2418
dc.description.abstract Implementasi problem-based learning (PBL) sebagai metode belajar didukung oleh berbagai bukti yang menunjukkan kelebihan metode ini dibandingkan metode yang mengandalkan kuliah saja. Di lain pihak, metode PBL akan mengurangi beberapa kelebihan yang diperoleh dari metode kuliah secara konvensional. Sebagai metode yang diterapkan di Fakultas Kedokteran Universitas Riau, PBL akan menimbulkan kecemasan bagi mahasiswa baru terutama yang tidak mengalami PBL di sekolah sebelumnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengumpulkan perspektif mahasiswa baru terhadap PBL, pada saat melakukan PBL baik pengalaman yang posistif (kelebihan yang dirasakan) maupun yang negatif (hambatan yang dirasakan). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan membaca dan menganalisis setiap tema yang muncul pada pertanyaan terbuka yang diajukan. Setiap tema akan dianalisis dan ditentukan peneliti. Data kuantitatif yang dikumpulkan bersifat melengkapi data kualitatif. Kuisioner dengan pertanyaan terbuka dan reflektif esai tentang 5 manfaat PBL yang dirasakan dan 5 hambatan yang dirasakan selama PBL ditujukan pada mahasiswa FK UR tahun pertama (angkatan 2008) . Kuisioner diberikan pada saat selesai satu kali diskusi dan 1 semester. Reflektif esai dibuat pada saat selesai 1 sesi PBL. Kuisioner tertutup diberikan setelah 1 tahun untuk evaluasi. Peningkatan kebersamaan kelompok, keberanian mengemukakan pendapat, keaktifan, keterampilan komunikasi , pola pikir kritis, kemandirian, keterampilan klinis serta arah belajar karena berdasarkan masalah merupakan manfaat dominan yang dirasakan mahasiswa. Hambatan internal seperti kurangnya pengetahuan dan keterampilan PBL paling sering dirasakan setelah satu kali diskusi tutorial. Hambatan ekstemal seperti terlalu banyak tugas dan keterbatasan sumber literatur banyak dikeluhkan setelah 1 sesi PBL. Sedangkan hambatan ekstemal seperti jadwal perkuliahan yang padat dan sering berubahubah sering dikeluhkan setelah satu semester. Setelah 1 tahun pertama, manfaat dan hambatan yang dinyatakan relatif sama dengan sebelumnya, seperti keaktifan dan keberanian mengemukakan pendapat (manfaat) dan jadwal perkuliahan yang berubah-ubah dan padat (hambatan).Untuk meningkat kualitas PBL maka diperiukan evaluasi PBL dan penelitian lebih lanjut pada manfaat dan hambatan ini sehingga didapatkan hasil yang lebih menyeluruh dan menjawab kebutuhan mahasiswa. en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2013-03-05T02:43:16Z No. of bitstreams: 10 COVER1.PDF: 270692 bytes, checksum: 9d2396e86ed07e1ce561290cd1632797 (MD5) LEMBAR PENGESAHAN1.PDF: 379416 bytes, checksum: cd6b9d52d524d3e12ad2e2a5500f8403 (MD5) RINGKASAN1.PDF: 48049 bytes, checksum: 26f204749c1753112bd4fea26318972c (MD5) DAFTAR ISI1.PDF: 41275 bytes, checksum: ef207cb682cd94450facf384804e0774 (MD5) BAB 11.PDF: 121398 bytes, checksum: 9722e8f3ba71e64e6363dbaa98c22f35 (MD5) BAB 21.PDF: 248692 bytes, checksum: 7a9c78506bd5654bfb9e066e4ba9b542 (MD5) BAB 31.PDF: 41728 bytes, checksum: 223d97f16f6977fbe85c20db71285bed (MD5) BAB 41.PDF: 1820161 bytes, checksum: 7e7529e9620499e963ec1aba67803842 (MD5) BAB 51.PDF: 43336 bytes, checksum: 3089fe98fa0d7864f594374e0d994272 (MD5) DAFTAR PUSTAKA1.PDF: 102572 bytes, checksum: 19a283ace143ad23bddf560886d0b4ec (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2013-03-05T02:43:16Z (GMT). No. of bitstreams: 10 COVER1.PDF: 270692 bytes, checksum: 9d2396e86ed07e1ce561290cd1632797 (MD5) LEMBAR PENGESAHAN1.PDF: 379416 bytes, checksum: cd6b9d52d524d3e12ad2e2a5500f8403 (MD5) RINGKASAN1.PDF: 48049 bytes, checksum: 26f204749c1753112bd4fea26318972c (MD5) DAFTAR ISI1.PDF: 41275 bytes, checksum: ef207cb682cd94450facf384804e0774 (MD5) BAB 11.PDF: 121398 bytes, checksum: 9722e8f3ba71e64e6363dbaa98c22f35 (MD5) BAB 21.PDF: 248692 bytes, checksum: 7a9c78506bd5654bfb9e066e4ba9b542 (MD5) BAB 31.PDF: 41728 bytes, checksum: 223d97f16f6977fbe85c20db71285bed (MD5) BAB 41.PDF: 1820161 bytes, checksum: 7e7529e9620499e963ec1aba67803842 (MD5) BAB 51.PDF: 43336 bytes, checksum: 3089fe98fa0d7864f594374e0d994272 (MD5) DAFTAR PUSTAKA1.PDF: 102572 bytes, checksum: 19a283ace143ad23bddf560886d0b4ec (MD5) en
dc.language.iso en en_US
dc.title MANFAAT DAN HAMBATAN METODE BELAJAR PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) MENURUT PERSPEKTIF MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS RIAU en_US
dc.type UR e-Research en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account