Abstract:
Telah dilakukan perbaikan proses pembelajaran matakuliah fisika statistik
dijurusan fisika FMIPA UNRI dengan menerapkan prinsip manajemen.
pembelajaran mutu terpadu dan disertai dengan metoda intraktif untuk teoriteori
yang dapat divisualisasi. Adapun hasil yang dapat dicapai menunjukkan bahwa
mahasiswa termotivasi dengan meningkatkannya minat belajar melalui modul modul
diktat, diskusi, makalah serta tertariknya mahasiswa dengan visualisasi
komputer. Evaluasi hasil akhir dari proses perbaikan pembelajaran fisika statistik
diperoleh menunjukkan kenaikan denqan membandinqkan pembelajaran sumber
sebelumnya. Tinqkat kelulusan untuk nilai-nilai A dan B meningkat yakni A = 24%
(5%), B = 58% (35%) sedangkan nilai C = 14% (37%), D = 0% (15%) dan E = 4%
(2%), menurun perbandingan ini dilihat dari sebelum proses perbaikan
pembelajaran. Jumlah mahasiswa mengambil 40 orang dan pada proses perbaikan
21 orang.
Penelitian ini