Abstract:
Strategi disusun pada dasamya untuk membentuk 're^nse'
terhadap perubahan external yang relevan dari suatu organisasi
seperti perubahan 'perkembangan' dari: industri, tehnologi,
ekonomi, kebijakan pemerintah, politik, lingkungan persaingan,
selera konsumen, serta perubahan perilaku pemasok.
Perubahan external tersebut tentunya akan dijawab dengan
memperhatikan kemampuan intemal dari suatu organisasi. Sampai
seberapa jauh organisasi dapat memanfaatkan peluang dan
meminimalkan ancaman dari luar, untuk memperoleh manfaat yang
maksimal dengan mendaya gunakan keunggulan organisasi, yang
dimiliki pada saat ini.
Strategi tidak saja dibutuhkan oleh organisasi yang 'profit
oriented' tapi juga ba^ organisasi yang 'nonprofit oriented' seperti
rumah sakit (Weber and Dula, 1974), Universias, (Doyle and Lynch,
1976); Thomas, 1982; McGroth,! 976), Gereja(Hussey, 1974;
Wasdell, 1980) dan juga pemerintah daerah (Cartwright, 1975),
Perpustakaan (Kennington, 1977), dan lembaga sosial lainnya
(Keating and Keating, 1981).