Browsing by Author "Zulirfan"
Now showing 1 - 4 of 4
Results Per Page
Sort Options
Item EARLY STUDY IN DEVELOPING TAKE-HOME PHYSICS EXPERIMENT: AN ALTERNATIVE STRATEGY TO IMPROVE SCIENCE PROCESS SKILLS AND SCIENTIFIC ATTITUDES(2014-02-07) ZulirfanIn science instruction, students are instructed to find out the answer of the natural phenomena. To enable the students to seek out the natural phenomena in science instruction, students should have science process skills and scientific attitudes as well as scientific knowledge. Therefore, appropriate teaching methods are an experiment. Unfortunately, this method is still rarely used by science teachers. Several previous studies indicated that this condition is caused by a number of constraints faced by teachers and students. Some of them are limited time to do the experiment at school, lack of materials and equipment in the laboratory, and sharing of the laboratory. To solve this problem, the researcher is trying to develop an alternative strategy that allows students to practice science process skills and their scientific attitudes. This strategy is by taking home a number of science experiments which enable them to conduct at home. These experiments can be done by students in their spare time and repeatedly, thus expected to improve their science process skills and scientific attitudes. To develop this strategy, the researcher used Addie instructional design model and reported in this paper on analysis phase of Addie model.Item Pemanfaatan Tabung Monitor Komputer Bekas Sebagai Alat Simpangan Sinar Katoda(2015-02-26) Zulirfanmenggunakan tabung monitor komputer bekas sebagai perangkat utamanya menggantikan tabung sinar katoda yang didesain khusus oleh pabrik pada alat aslinya. Tahapan penelitian ini meliputi: pendesainan alat, perakitan alat dan pengujian efektifitas alat. Pengujian efektifitas alat dilakukan dengan mengamati hubungan antara kuat arus kumparan defleksi terhadap penyimpangan titik pedar sinar katoda pada layar monitor. Dari hasil pengolahan data, diperoleh hubiingan antara arus kumparan defleksi adalah berbanding lurus, dengan demikian alat dinyatakan efektifItem PENGEMBANGAN PERANGKAT PERCOBAAN GELOMBANG LONGITUDINAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SLTP(2014-02-07) Zulirfan; Sudrajat, Hendar; Paramita, RekaPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah perangkat percobaan berupa peralataii dan panduan praktikum tentang gelombang longitudinal yang dapat digunakan siswa SLTP * untuk menemukan dan memperkuat pemaharaan konsep gelombang. Penelitian diawali dengan desain alat, pembuatan alat dan validasi alat, pembuatan dan validasi panduan praktikum. Uji efektivitas alat di lapangan dilakukan dalam penelitian berikutnya. Alat dirancang tanpa memerlukan arus listrik PLN dalam mengoperasikannya sehingga dapat digunakan di daerah terpencil dan dapat menunjukkan pola gelombang secara kontiniu sehingga memudahkan siswa dalam mengamati. Peralatan dibuat dengan teknologi sederhana menggunakan barang bekas dan barang-barang sederhana. Uji validitas alat menunjukkan bahwa alat valid untuk menunjukkan: pola gelombang, amplitudo, panjang gelombang, cepat rambat. Alat juga dinyatakan valid dalam mengukur: cepat rambat, frekuensi dan panjang gelombang longitudinal.Item TEKNOLOGI PENDIDIKAN: PERMASALAHAN, PELUANG DAN HARAPAN DI FKIP UNIVERSITAS RIAU(2014-02-07) Noer, Asmadi Muhammad; ZulirfanPenggunaan teknologi pendidikan (Educational Technology: Broad term) atau dengan istilah teknologi pembelajaran (Instructional Technology; narrower term) yaitu suatu pembelajaran dengan pendekatan sistem (system approach). Teknologi pembelajaran (termasuk media didalamnya) adalah suatu sistem kesatuan mulai dari perumusan masalah (define), perancangan (design), penerapan (implement), dan evaluasi (evaluate) yang semestinya dipersiapkan dengan baik, dan bila mendesak ada perobahan di lapangan, bisa dilakukan tindakan pemecahan agar sistem tetap berjalan baik. Pengetahuan ten tang tindakan kelas semacam ini masih belum membudaya sehingga perlu digalakkan penelitian tindak kelas (classroom action research). Pemilihan media pembelajaran masih terbatas (umumnya OHP-OHT) yang menyebabkan tidak adanya variasi media lain, padahal masing-masing media mempunyai karateristik dan kelebihan masing-masing untuk menyampaikan materi kuliah. Trend media pembelajaran masa sekarang dan yang akan datang adalah media berbasis komputer, termasuk didalamnya CAI (CBT, CAL), CD-Rom atau melalui servis internet. Tampaknya untuk menyonsong Unri menuju Universitas Riset tahun 2020, pengenalan, perancangan, pembuatan dan pemanfaatan media berbasis komputer kepada staf dosen sudah suatu keharusan. Karena trend pendidikan moderen sekarang, data, ilmu pengetahuan dan hasil penelitian disimpan dalam bentuk digital, less paper.