Browsing by Author "Zulfaneti, Zulfaneti"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Analisis Kepraktisan dan Efektivitas Buku Kerja Kalkulus Berbasis Penemuan Terbimbing sebagai Produk Pengembangan Ditinjau dari Proses Keterpakaian, Kegiatan Belajar dan Teori(2018-02-21) Zulfaneti, Zulfaneti; Febriana, Rina; Fauzan, Ahmad; Armiati, ArmiatiPenelitian ini merupakan penelitian lanjutan. Hasil sebelumnya menyimpulkan bahwa prototipe buku kerja sudah sangat valid meskipun masih ada beberapa revisi. Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan praktikalitas dan efektifitas buku kerja yang telah dikembangkan pada uji coba lapangan. Uji coba pertama dilakukan dengan teknik one to one, uji coba kedua dilakukan pada small group mahasiswa dan uji coba ketiga dilakukan pada kelompok mahasiswa yang sedang melaksanakan perkuliahan Kalkulus. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, dan lembar observasi, yang dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil uji coba one to one terhadap 6 mahasiswa pengguna hanya ada 2 yang mampu menangkap maksud dari setiap uraian kegiatan dan mampu menuliskan setiap kegiatan pada Buku Kerja, ada 2 yang menangkap maksud namun memerlukan bimbingan, dan 2 yang mampu mengisi namun tidak termotivasi untuk membaca secara detail sehingga isian kegiatan banyak yang salah. Hasil ini djadikan landasan untuk merevisi. Hasil uji lapangan berikutnya pada 24 mahasiswa, juga ditemukan tidak semua mahasiswa yang termotivasi dan mampu melakukan aktivitas belajar, Meskipun demikian, sebagian besar mahasiswa mengalami perubahan hasil belajar yang signifikan, dan sudah banyak yang mampu mengikuti setiap uraian dan petunjuk pengerjaan. Secara teori, dapat disimpulkan bahwa buku kerja yang dikembangkan sudah dengan prinsip penemuan terbimbing. yaitu melalui (1) perumuskan masalah berdasarkan data secukupnya, (2) menyusun, memproses, mengorganisir, dan manganalisis data tersebut, (3) menyusun konjektur, (4) pemeriksaan konjektur, dan (5) kepastian kebenaran penemuan.Item Pengembangan Prototipe Awal LKS Berbasis PMR Terintegrasi Karakter untuk Siswa Kelas IV SD Sumatera Barat(2018-02-22) Rismen, Sefna; Zulfaneti, Zulfaneti; Suryani, MuliaSalah satu upaya memperbaiki karakter siswa adalah membiasakan siswa dalam lingkungan yang mendukung tumbuhnya karakter. Bahan ajar sebagai salah satu pendukung terlaksananya proses pembelajaran dapat diintegrasikan karakter sehingga diharapkan dapat memperbaiki karakter siswa. Salah satu bentuk bahan ajar adalah Lembar Kegiatan Siswa (LKS). LKS merupakan bahan ajar yang dapat menuntun siswa dalam melakukan kegiatan yang diberikan guru dalam memahami materi ajar. Hasil studi pendahuluan di beberapa SD ditemukan bahwa LKS yang selama ini dipakai oleh siswa kelas IV SD belum menyajikan materi secara kontekstual dan belum dapat menumbuhkan karakter. Tujuan penelitian adalah mengembangkan Prototipe awal LKS Berbasis PMR yang terintegrasi karakter yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. LKS dikembangkan sesuai dengan analisis kebutuhan dan karakteristik siswa SD Sumatera Barat. Pengembangan menggunakan rancangan define, design, develop, dan desseminate. Penelitian sudah dilakukan pada dua tahap pertama yaitu define dan design. Hasil define ditemukan bahwa guru membutuhkan bahan ajar yang dapat mengajak siswa untuk memahami materi melalui masalah yang kontekstual. Selain itu, LKS juga dapat menumbuhkan karakter siswa. Hasil design LKS sudah dirancang tiga LKS dengan tiga tema yaitu (1) Tema Cita-citaku, (2) Pahlawanku, (3) Makanan Sehat Bergizi.