Browsing by Author "Wahyuni, Yusri"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Penerapan Kooperatif Tipe Pair Check dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XII Teknik Otomotif Kendaraan Ringan (TOKR) SMK Citra Utama Padang(2018-02-21) Fauziah, Fauziah; Wahyuni, Yusri; Amelia, PuspaAktivitas penerapan pembelajaran kooperatif merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran kooperatif memiliki keunggulan memotivasi siswa dalam pembelajaran kelompok yaitu dari segi penghargaan kelompok dan kerjasama kelompok. Salah satu pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta mengoptimalkan pembagian kerja dalam kelompoknya adalah pembelajaran kooperatif tipe Pair Check. Dalam pembelajaran Pair Check ini siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari dua orang dalam satu kelompok, dimana siswa dalam kelompok tersebut memikirkan secara individu pertanyaan yang diberikan oleh guru, kemudian mereka mendiskusikan dengan pasangannya tentang pertanyaan yang diberikan oleh guru, serta guru meminta kepada pasangan kelompok untuk mempresentasikan didepan kelas. Sehingga siswa bisa mencari pemecahan masalah dan saling membantu memahami konsep-konsep matematika secara aktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik Otomotif Kendaraan Ringan (TOKR) SMK Citra Utama Padang yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Kooperatif Tipe Pair Check pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran pada siswa Kelas XII Teknik Otomotif Kendaraan Ringan (TOKR) SMK Citra Utama Padang.Item Pengembangan Media Komik Matematika Berbasis Pendekatan Scientific pada Materi Bilangan Bulat(2018-02-19) Fitriani, Dian; Edrizon, Edrizon; Wahyuni, Yusri; Desfitri, RitaBanyak permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran disekolah, salah satunya adalah kurangnya pemahaman siswa dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat. Siswa kerap kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugas maupun mengerjakan soal-soal bervariasi yang diberikan oleh guru, khususnya yang berkaitan dengan materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru dalam mengoptimalkan proses pembelajaran adalah dengan membuat atau mengembangkan suatu media pembelajaran matematika yang tepat dan menarik. Media pembelajaran yang materinya dikemas dalam bentuk alur cerita bergambar, dirasa cukup efektif untuk menanamkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran matematika yang dianggap sulit dan membosankan, serta diduga mampu untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Salah satu bacaan dengan melibatkan indera pandang atau gambar yang diminati siswa saat ini adalah komik. Komik merupakan salah satu bacaan yang didesain dengan gambar, warna, tokoh, cerita yang lucu dan menarik yang mampu memberikan nuansa hiburan kepada pembaca khususnya bagi para siswa. Berdasarkan permasalahan diatas, maka penulis ingin membuat dan mengembangkan media komik matematika berbasis pendekatan scientific pada materi bilangan bulat. Komik matematika ini diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan pemahaman siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Development Research. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang dapat digunakan adalah 4-D models. Model ini terdiri atas empat tahap, yakni define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini, penulis hanya menggunakan 3 tahapan dari 4-D models, yaitu tahap define, design, dan develop. Validasi desain dilakukan oleh para ahli yang terdiri dari dua orang dosen dan satu orang guru. Validasi desain ini dilakukan sebanyak tiga kali untuk melihat apakah media pembelajaran ini sudah valid dan praktis digunakan atau tidak. Berdasarkan hasil validasi desain yang telah dilakukan terhadap media komik matematika berbasis pendekatan scientific pada materi bilangan bulat, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini valid digunakan sebagai media pembelajaran matematika.