Browsing by Author "Sahal, Muhammad"
Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
Item HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PENGEMBANGAN PERANGKAT LABORATORIUM MINI FISIKA SMP MATERI POKOK OPTIK GEOMETRIK (CAHAYA) DI SMP SABBIHISMA PADANG(2014-04-14) Zulhelmi; Sahal, MuhammadTo improve the quality of science such physics requires a full involvement of the learners in the learning process. In the absence of such involvement, physics would merely become teaching the theories about physics. Therefore, the use of laboratory in which students have experience in learning physics through learning activities would be a strategic approach in teaching and learning physics. Hence, the teaching and learning process of physics may avoid rote learning through instructive teaching of learning materials. In general, this research aims to disclose the benefit of developing Mini Laboratory Equipments pf Physics for junior high school core subject: geometrical optics (light).The type of research is a developmental of research. It employs the Four D Model comprising of four phases. Mini laboratory equipments of physics for junior high school The data were collected and analyzed by using descriptive statistics to activities of learners and learning results. The results indicate that, level of learner activities is quite high is 69,89 in average or in good category, The conclusion of this researd' i, that a set of prototypes for learning physics through developing mini laboratory of physics for junior high school are highly effective in enhancing the students learning physicsItem PEMBUATAN MEDIA RANGKAIAN DASAR MOSFET SEBAGAI PENGENDALI MOTOR(2014-01-21) Sahal, Muhammad; AzizahwatiMOSFET merupakan peranti aktif yang dikembangkan dari bahan semikonduktor dengan keunggulan sistem pensaklaran dan penguatan yang lebih baik daripada transistor bipolar, sehingga banyak digunakan dalam komputer dan telekomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rangkaian dasar MOSFET sederhana sebagai pengendali motor. Metode yang digunakan yaitu R & D dengan desain membuat rangkaian, mempersiapkan bahan dan alat, merakit, serta melakukan pengujian. Hasil pengujian diperoleh bahwa MOSFET tipe BUZ11, mampu mengendalikan motor DC mulai pada tegangan VGS =0.5 V. Semakin naik nilai tegangan VGS, semakin cepat pengendalian putaran motor. Berdasarkan hasil pengujian, maka media rangkaian dasar MOSFET ini dapat dijadikan media pembelajaran elektronika dasar pada konsep MOSFET.Item PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA PADA RANGKAIAN DIODA PENYEARAH(2014-03-10) Rahmad, Muhammad; Sahal, MuhammadPerusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan sumber listrik pada pelanggan dalam bentuk sumber AC, sedangkan peralatan elektronika pada umumnya memerlukan sumber DC. Oleh itu diperiukan suatu peranti dan rangkaian yang mampu mengubah sumber AC menjadi DC. Telah dikembangkan suatu media pembelajaran elektronika pada konsep dioda penyearah yang dapat dijadikan media untuk menjelaskan bagaimana sistem penyearahan menggunakan dioda penyearah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media rangkaian aplikasi dasar dioda penyearah yang dapat menunjukkan fungsinya sebagai penyearah arus bolak-balik (AC). Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Fisika FKIP Universitas Riau tahun 2011. Penelitian dilakukan dengan metode R&D dengan rancangan yaitu membuat desain rangkaian, mempersiapkan peranti dan peralatan, merakit dan melakukan pengujian. Hasil pengujian media dapat menunjukkan keluaran penyearah Vi gelombang, gelombang penuh (2 dioda), Penyearah jembatan (4 dioda), keluaran DC 8 dan -8 V, keluaran DC 6.8V. Media dinyatakan dapat berfungsi dengan baik sehingga dapat dijadikan sebagai sal ah satu media dalam pembelajaran elektronika pada konsep rangkaian dioda penyearah