Browsing by Author "Rumyeni, Rumyeni"
Now showing 1 - 4 of 4
Results Per Page
Sort Options
Item Jalinan Informasi Antar Media Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kosmetik Di Kalangan Mahasiswa Universitas Riau(wahyu sari yeni, 2019-03-11) Rumyeni, RumyeniKeputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk dapat dipengaruhi oleh berbagai hal seperti iklan, media dan faktor lingkungan. Dari perspektif media, keputusan pembelian konsumen tidak hanya tergantung pada informasi yang bersumberkan satu media saja. Sebaliknya, kecenderungan untuk mengurangi resiko dalam pembelian akan mendorong konsumen untuk membentuk pemahaman yang lebih baik mengenai produk. Sehingga, berdasarkan pada Teori Kekayaan Media, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara media cetak, media elektronik, media online dan media tatap muka dalam menguatkan pemahaman konsumen mengenai produk yang akhirnya mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Penelitian ini memfokuskan kepada iklan baik di media cetak maupun elektronik, media sosial, teman dan atau keluarga, serta sales marketing sebagai media yang dikaitkan konsumen untuk menjelaskan ketidakpastiannya mengenai harga, kualitas, dan merek, produk kosmetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dilakukan pada mahasiswa Universitas Riau Pekanbaru selama bulan Maret hingga Juni 2017. Data diolah dengan menggunakan SPSS 17. Hasil penelitian ini mendukung prinsip yang menjadi pegangan MRT yaitu komunikasi tatap muka adalah media yang paling efektif dalam proses komunikasi. Komunikasi tatap muka dianggap sebagai media yang berada pada hierarki kekayaan tertinggi karena kemampuannya untuk menjelaskan ketidakpastian dan kekaburan individu dengan memenuhi semua kriteria kekayaan media yang dikemukakan MRT. Konsep jalinan media yang dikemukakan dalam penelitian ini memberi satu pandangan baru terhadap kekayaan media. Dalam kajian ini, kriteria kekayaan diperlihatkan dengan mengidentifikasi bagaimana katalog, iklan, website, media sosial, teman atau keluarga, dan sales marketing dapat memenuhi kriteria kekayaan secara bersamaItem Komunikasi Penyuluhan Masyarakat Untuk Menumbuhkan Umkm Dalam Pengembangan Destinasi Desa Wisata Buluh Cina Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar(wahyu sari yeni, 2019-07-30) Yohana, Nova; Lubis, Evawani Elysa; Rumyeni, Rumyeni; Rimayanti, NitaDilatarbelakangi analisis situasi masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengembangkan UMKM di Desa Buluh Cina sedangkan desa tersebut merupakan Desa Wisata yang telah diresmikan dan dikenal bukan hanya wisatawan lokal bahkan mancanegara, maka pengelola desa wisata Buluh Cina sangat perlu menumbuhkan dan mengembangkan UMKM dengan memperhatikan kualitas produk yang dihasilkan oleh UMKM tersebut. Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan Pengelolaan Komunikasi Bisnis dan Pemasaran kepada Masyarakat Desa Wisata Buluh Cinadan desa-desa tetangga seperti desa Pangkalan Baru dan Desabaru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Sedangkan tujuan khusus yang hendak dicapai dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya membentuk UMKM sebagai motor penggerak ekonomi desa serta strategi komunikasi pemasaran produk lokal melalui tumbuh kembang UMKM untuk mendukung potensi destinasi desa wisata yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Buluh Cina sekitarnya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan untuk menumbuhkan UMKM dalam pengembangan destinasi Desa Wisata Buluh Cina sekitarnya, Kecamatan Siak Hulu ,Kabupaten Kampar dapat memberikan manfaat bagi berbagai pihak, yaitu: bagi peserta terjadi transfer knowledge kepada pelaku usaha kecil serta mengetahui bagaimana mengelola komunikasi pemberdayaan ekonomi masyarakat. Bagi pemilik UMKM agar dapat lebih inovatif, sistematis dan kreatif dalam menyusun dan mengembangkan strategi pemasaran produk UMKM masing-masing. Bagi Pemerintah sebagai bahan masukan bagi Pemerintah Daerah untuk meningkatkan manajemen komunikasi pemberdayaan ekonomi dengan masyarakat di sektor pariwisata. Bagi Perguruan Tinggi terbentuknya kemitraan dengan perguruan tinggi dalam hal pendampingan bisnis UMKM. Masyarakat cukup antusian menerima penyuluhan tersebut dan menanggapi dengan berbagai pertanyaan terkait dengan UMKM. Pengabdian ini direkomendasikan untuk dilanjutkan sampai tahap pendampingan dan pelatihan dalam pengambangan UMKM tersebut.Item Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Kalangan Remaja Di Pondok Pesantren Al-Ihsan Borading School Kampar(wahyu sari yeni, 2019-03-21) Rumyeni, Rumyeni; Lubis, Evawani Elysa; Yohana, Nova; Sari, Genny GustinaKegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran kepada masyarakat tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi bagi masyarakat khsusnya kalangan remaja. Remaja sebagai pengguna terbesar dari teknologi komunikasi perlu menyadari bahwa kehadiran teknologi memiliki banyak dampak yang positif jika teknologi tersebut tidak digunakan secara bijak dan cerdas. Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Ihsan Borading School Kecamatan Siak Hulu Kubang Raya Kampar- Riau.. Sasaran dari kegiatan ini adalah para orang tua, guru dan para remaja, dalam hal ini adalah para santri dari pondok pesantren tersebut. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi penyampaian materi, dilanjutkan dengan tanya jawab, dan pembahasan masalah-masalah yang terjadi terkait dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, bagaimana mengatasinya, strategi pemanfaatan media, pemahaman tentang Undang-Undang ITE, dan lain sebagainyaItem Peran Entrepreneurship Dalam Pengembangan Usaha Bank Sampah Di Kota Pekanbaru (Kasus Pada Usaha Bank Sampah Dalang Collection)(wahyu sari yeni, 2019-07-29) Suryalena, Suryalena; Rumyeni, RumyeniSampah merupakan salah satu sumber masalah lingkungan hingga saat ini. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi masalah sampah, baik oleh pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, kelompok pecinta lingkungan, maupun masyarakat umum. Kehadiran bank sampah turut memberikan andil yang besar dalam pengelolaan sampah. Bank sampah Dalang Collection adalah bank sampah terbesar di kota Pekanbaru. Bank sampah tersebut telah berhasil mengolah sampah menjadi berbagai macam produk yang bernilai ekonomis tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis sejauh mana peran entrepreneurship pada Usaha Bank Sampah Dalang Collection di Kota Pekanbaru, dan (2) mengaanlisis upaya-upaya yang dilakukan dalam pengembangan usaha Bank Sampah Dalang Collection. Penelitian dilakukan di dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pemilik dan para pekerja Dalang Collection. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa aspek enterpreneurship yang mempengaruhi pengembangan usaha pada Dalang collection, diantaranya: kemauan dan rasa percaya diri, fokus pada sasaran, pekerja keras, berani mengambil resiko, berani memikul tanggung jawab, inovatif, berpengetahuan, mampu meyakinkan orang lain, dan memiliki kemampan manajerial. Aspek yang paling berperan adalah aspek kemauan dan rasa percaya diri, dan yang paling kecil perannya adalah aspek kemampuan manajerial. Pengembangan uusaha yang dilakukan pada Dalang collection meliputi: manajemen, SDM, produk, pasar, tehnologi, dan jaringan, dimana pengembangan produk merupakan yang paling dominan dilakukan, dan yang paling minimal adalah pengembangan SDM dan tehnologi. Upaya-upaya pengembangan usaha pada Dalang collection terdiri dari dua, yaitu pengembangan usaha yang dilakukan pada Dalang collection ada dua bentuk Pengembangan Usaha terkait dengan pengumpulan sampah, dan pengembangan Usaha terkait Pengolahan Sampah