Browsing by Author "Rokayah, Rokayah"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN JAMAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 CICURUG SUKABUMI(2018-01-02) Hermita, Neni; Nirmal, Sri Dewi; Putra, M. Jaya Adi; Rokayah, RokayahPenelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran yang cenderung individualistik dan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dikelas IV SDN 4 Cicurug Sukabumi melalui pembelajaran berbasis kecerdasan jamak. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen yang dilaksanakan pada tanggal 21 September 2015. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa nilai korelasi antara pretest dan posttest adalah 0.883, artinya hubungan kuat dan positif karena mendekati nilai 1.Hasil dari penelitian yaitu terjadinya peningkatan hasil belajar dari rata-rata pretest 31.83 menjadi rata-rata posttest 74.83. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah menerapkan pembelajaran berbasis kecerdasan jamak.Item PROFIL KEMAMPUAN LITERASI IPS DAN IPA PESERTA DIDIK KELAS 4 DAN 5 SEKOLAH DASAR DALAM RANGKA GERAKAN LITERASI SEKOLAH(2018-01-02) Rokayah, Rokayah; Hermita, Neni; Rochman, ChaerulKemampuan literasi ilmu pengetahuan social dan ilmu pengetahuan alam melalui telaahan bahasa tulis dan bahasa lisan (oral) merupakan sisi penting dalam rangka implementasi gerakan literasi sekolah. Gambaran kemampuan literasi ini ditujukan untuk mendapatkan profil kemampuan literasi tulis dan oral/lisan materi IPS dan IPA peserta didik kelas IV dan V Sekolah Dasar. Metode penelitian ini kuasi eksperimen, yaitu mendeskripsikan profil variabel literasi tulis dan oral pada materi IPS dan IPA. Instrumen yang digunakan berupa wacana bahan ajar IPS dan IPS kelas 4 dan 5, tes kinerja daya serap wacana, dan pedoman tes literasi oral/lisan (konsep, proses, konteks, dan sikap). Sampel penelitian yang digunakan adalah para peserta didik kelas IV dan V SD Tulus Kartika Kota Bandung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) adanya kecenderungan kemampuan literasi tulis lebih baik dibandingkan literasi oral pada materi IPS dan IPA, (2) adanya kecenderungan kemampuan literasi materi IPA lebih tinggi dibanding dengan IPS, (3) adanya kecenderungan kemampuan literasi kelas V lebih tinggi dibanding dengan kemampuan literasi kelas IV, dan (4) adanya kecenderungan yang positif semakin tinggi kemampuan literasi IPA akan diikuti dengan kemampuan literasi IPS