Browsing by Author "Rery, R. Usman"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan di Kabupaten Kuansing, Inhu dan Inhil Provinsi Riau(2012-10-29) Mahdum; Faizah, Hasnah; Solfitri, Titi; Sudrajat, Hendar; Syabrus, Hardisem; Darmadi; Tugiman; Rery, R. Usman; HambaliPenelitian ini bertjuan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang profil hasil belajar siswa SMA/MA di tiga rayon sasaran penelitian, yakni Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hulu, dan Kabupaten Indragiri Hilir, pada mata pelajaran yang diujikan secara nasional, dan mengidentifikasi berbagai kendala yang menjadi penyebab kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik. Unit observasi penelitian ini adalah 131 unit satuan pendidikan, yang terdiri dari 50 SMA dan 71 MA Negeri dan Swasta. Langkah awal penelitian ini adalah dengan mengidentifikasi SK/KD yang bermasalah, yang ditandai dengan rendahnya nilai yang diperoleh rata-rata siswa. Langkah selanjutnya adalah menganalisis berbagai faktor yang diduga kuat menjadi penyebabnya. Dari hasil analisis daya serap mata pelajaran UN tahun pelajaran 2009- 2010, diperoleh gambaran rata-rata nilai tertinggi pada mata pelajaran Matematika (9,08) dan terendah sebesar 6,64 pada mata pelajaran Fisika. Jumlah KD bermasalah terbesar sebanyak 26 butir pada mata pelajaran bahasa Indonesia, dan terkecil sebanyak 3 butir pada mata pelajaran matematika. Faktor penyebab yang teridentifikasi paling menonjol adalah pada komponen Standar Pendidik dan tenaga kependidikan, Standar Proses, dan Standar Penilaian.Item PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN DAYA HANTAR LISTRIK DAN REAKSI REDOKS DI KELAS X.1 MAN 2 MODEL PEKANBARU(2014-06-26) Rery, R. Usman; Adrina, FitriLatar belakang dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar pada mata pelajaran kimia di kelas X.1 tidak sejalan dengan keaktifannya. Siswa cukup aktif bertanya di dalam kelas, namun hasil belajarnya belum memuaskan. Belum memuasnya hasil belajar ini diduga karena dalam pengerjaan latihan di kelas, siswa selalu tertumpu pada beberapa siswa. Dan siswa lain sekedar mencatat saja hasilnya tanpa dipahami sehingga apa yang telah dikerjakan akan hilang seketika. Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan ketuntasan belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif NHT dan TGT. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Keaktifan dan ketuntasan siswa yang diperoleh pada siklus I dan siklus II yaitu keaktifan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II berturut-turut dari 64,14% (cukup) ke 72,14% (baik). Sedangkan ketuntasan belajar siswa tidak mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, berturut-turut menurut standar sekolah dan standar nasional yaitu dari 100% ke 80,65% dan 90,32% ke 74,19%. Meskipun ketuntasan belajar pada siklus II menurun namun penelitian tindakan kelas ini telah berhasil memperbaiki proses pembelajaran kimia di kelas X.1 MAN 2 MODEL Pekanbaru dibandingkan sebelum menerapkan pembelajaran kooperatif NHT dan TGT. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran kooperatif NHT dan TGT membuat siswa belajar lebih aktif dan senang/ tidak bosan belajar