Browsing by Author "Putra, M. Jaya Adi"
Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
Item ANALYZING PRIMARY TEACHERS’ CRITICAL THINKING IN SCIENCE LESSON(2018-01-02) Putra, M. Jaya Adi; Hermita, Neni; Sopandi, WahyuThis study is based on our initial attempt in implementing the new primary curriculum. In doing so, we work closely with a group of public primary school located in Bandung to analyze the underlying principles of Kurikulum 2013. Hence, we will report how to analyze the nature of scientific approach that is considered as closely related to science lesson. In addition, we will report the results of our field study regarding initial teachers‟ reasoning based on interview data. Secondly, we describe our series of discussion with teachers regarding how to design and analyze science lesson in accordance with the new curriculum demand, as well as analysis to science lesson discourse. From such activities we recorded and extracted teachers‟ practical reasoning in response to critical feature of both scientific approach and science lesson. We explicate it in relation to teachers‟ thinking toward science concept and students‟ learning. Finally, we discuss lessons learned and future direction in engaging teachers with critical thinking.Item PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN JAMAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 CICURUG SUKABUMI(2018-01-02) Hermita, Neni; Nirmal, Sri Dewi; Putra, M. Jaya Adi; Rokayah, RokayahPenelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran yang cenderung individualistik dan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dikelas IV SDN 4 Cicurug Sukabumi melalui pembelajaran berbasis kecerdasan jamak. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen yang dilaksanakan pada tanggal 21 September 2015. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa nilai korelasi antara pretest dan posttest adalah 0.883, artinya hubungan kuat dan positif karena mendekati nilai 1.Hasil dari penelitian yaitu terjadinya peningkatan hasil belajar dari rata-rata pretest 31.83 menjadi rata-rata posttest 74.83. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah menerapkan pembelajaran berbasis kecerdasan jamak.Item REFLEKSI : UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAJAR CALON GURU(2018-01-02) Putra, M. Jaya Adi; Hermita, NeniKajian ini bertujuan untuk mengungkapkan sebuah kegiatan calon guru yang memungkinkan untuk mereka meningkatkan kemampuan mereka secara terus-menerus baik secara individu maupun secaraberkelompok saat mereka sudah menjadi guru yaitu refleksi. Tulisan ini mengkaji tentang kegiatan yang memungkinkan mereka melatih kemampuan mereka melakukan refleksi secara berkelompok /RPG (Reflective Practice Groups) yang dapat diterapkan dalam Praktek Pengalaman Lapangan dan Penelitian Tindakan Kelas, pada akhir tulisan ini dimuat beberapa catatan berkaitan dengan pelaksanaan PPL dan PTK dalam rangka peningkatan kemampuan mengajar calon guru