Browsing by Author "Nurasiah"
Now showing 1 - 4 of 4
Results Per Page
Sort Options
Item Pemeliharaan Benih Ikan Baung (Hemibagrus Nemurus) Dengan Teknologi Photoperiod(2016-12-13) Heltonika, Benny; NurasiahDalam budidaya perairan, ketersediaan benih yang berkualitas menjadi hal yang penting. Salah satu ikan khas dari provinsi Riau adalah ikan baung, ikan ini sudah dibudidayakan di beberapa tempat di propinsi Riau, namun yang menjadi kendala bagi masyarakat pembenih ikan baung adalah masih minimnya benih yang dihasilkan serta perkembangan benih yang belum optimal jika dibandingkan dengan benih ikan patin, selain itu permasalahan tingginya tingkat kanibal (memakan sesama) pada benih ikan baung cukup tinggi, ini juga menjadi kendala. Dari beberapa hasil kajian, pada ikan nocturnal (aktif di malam hari), photoperiod menjadi salah satu solusi dalam memecah permasalahan ini, pada ikan selais yang dipelihara pada kondisi dominan gelap memberikan pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan kondisi nrmal, dan tingkat agresifitas terhadap pakan juga lebih baik (Windarti dan Heltonika, 2015). Mustapha et al. (2012) mengungkapkan larva ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) yang dipelihara pada kondisi photoperiod dimana dipelihara dalam kondisi gelap 24 jam sehari memberikan pertumbuhan yang terbaik. Hal serupa juga diungkapkan Solomon dan Okomoda (2012) bahwa ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) yang dipelihara pada kondisi 24 jam gelap memberikan tingkat kelulushidupan yang terbaik, tingkat kerusakan tubuh akibat gigitan/kanibalisme tidak ditemukan, pertumbuhan lebih cepat dan konversi pakan lebih baik. Berdasarkan hal di atas, perlu dilakukan kajian bagaimana pengaruh photoperiod terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan benih ikan baung. Metoda yang digunakan berupa ekperimen dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan, perlakuan yang digunakan berupa pemeliharaan benih ikan baung dengan pola photoperiod (pencahayaan) yang berbeda, yaitu dengan lama waktu pencahayaan 24 jam terang perhari (D0 : L24), 12 jam terang dan 12 jam gelap (D12 : L12) serta kondisi gelap 24 jam perhari (D24 : L0). Prosedur penelitian berupa penyiapan wadah yang terkontrol dan tertutup, dengan pemberian cahaya dengan lampu 16 watt dengan dilengkapi timer sebagai pengontrol waktu hidup lampu. Hasil dari kajian yang dilakukan, menunjukkan jika aplikasi potoperiod memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam memacu pertumbuhan larva ikan baung, dimana dengan pemeliharaan dalam kondisi gelap total, memberikan angka pertumbuhan panjang dan bobot yang terbaik. Karena ikan baung merupakan ikan nocturnal (aktif di malam hari), maka kondisi gelap merupakan rekomendasi kondisi pemeliharaan bagi larva ikan baung.Item PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA SEMESTER Vll-A JALUR SELEKSI PBUD DENGAN MAHASISWA SEMESTER Vll-B JALUR SELEKSI LOKAL PADA PRODI PG PAUD FKIP UNIVERSITAS RIAU(2014-02-03) Ahmad, Said Suhil; Indarto, Wusono; Marliya; NurasiahTujuan penelitian ini adalh untuk mengetahui perbedaan Motivasi Berprestasi antara Mahasiswa Semester Vll-A Jalur Seleksi PBUD dengan Mahasiswa Semester Vll-B Jalur Seleksi Lokal pada Prodi PG PAUD FKIP Universitas Riau. Penelitian bersifat komparatif atau membanding variabel dan indikator yang sama pada kelompok responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen yang berbentuk angket, dimana angket tersebut dikembangkan dari Variabel motivasi berprestasi dengan tiga indikator. Indikator I Suka mengambil resiko terdiri dari 12 diskriptor, indikator II Memerlukan umpan balik yang segera terdiri dari 8 diskriptor, dan Indikator III Memperhitungkan keberhasilan terdiri 8 diskriptor. Jumlah diskriptor seluruhnya sebanyak 28 butir dan setelah dilakukan uji validitas tidak sebanyak 4 butir. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 94 orang yang berasal dari kelompok mahasiswa jalur seleksi PBUD sebanyak 42 orang dan jalur seleksi lokal/mandiri 52 orang. Sampel penelitian sebanyak 64 orang- terdiri dari kelompok mahasiswa jalur seleksi PBUD 30 orang dan kelompok mahasiswa jalur seleksi iokal/mandiri 34 orang. Berdasarkan hasil tabulasi data yang terkumpul, ternyata skor motivasi berprestasi mahasiswa jalur seleksi PBUD sebesar 79.833 dengan persentase 83.16%. Persentase tersebut bila dikonsultasikan dengan kriteria hasil termasuk dalam kategori ‘sangat tinggf. Sementara dari kelompok II (jalur seleksi lokal/mandiri) diperoleh skor sebesar 76.4112 dengan persentase 79.63% dan bila dikonsultasikan dengan kriteria hasil termasuk dalam kategori 'tinggi'. Sementara dalam pengujian hipotesis penelitian dengan perhitungan komputer menunjukan bahwa: Terdapat perbedaan Motivasi Berprestasi antara Mahasiswa Semester Vll-A Jalur Seleksi PBUD dengan Mahasiswa Semester Vll-B Jalur Seleksi Lokal pada Prodi PG PAUD FKIP Universitas Riau. Berdasarkan hitungan yang dilakukan Wing memperoleh hasil sebesar 3.698327, lebih besar dari W i yakni 2.660 < 3.698327 > 2.617 pada tingkat signifikansi 0.01, sehingga Ho ditolak artinya terdapat perbedaan motivasi berprestasi antara mahasiswa semester Vll-A PG PAUD Jalur Seleksi PBUD dengan mahasiswa semester Vll-B PG PAUD Jalur Seleksi lokal/mandiri.Item This study entitled "Analysis of Character Values SMP 2 Student Academic Year XIII Koto Kampar 2012-2013"(2013-07-01) NurasiahThis study entitled "Analysis of Character Values SMP 2 Student Academic Year XIII Koto Kampar 2012-2013". The formulation of the problem in this research are: 1) how the picture of the character values of students per class SMP N 2 XIII Koto Kampar, 2) how is the character values of students by sex in SMP N 2 XIII Koto Kampar, 3) how is the character values based parent education students at SMP N 2 XIII Koto Kampar, 4) how is the character values based on the work of parents of students at SMP N 2 XIII Koto Kampar. This study is expected to: a) the students can be used as guidelines in the process of self-development to change the character values of behavior towards a positive direction, b) can be used as guidelines for teachers in making teaching students to be able to direct the behavior of the values of the student's character a positive direction, c) as an input for the school in hubungangnya with behavioral coaching activities, and moral character of students, 4) for subsequent researchers can pursue in doing research in the same field, 5) as additional material information in continuing further research . This study is the assumption a) every student has the values of a different character, b) student character values can be measured and identified by the indicators. The place and time of the study, namely SMP 2 XIII Koto Kampar in April 2013. SMP student population consists darti 2 XIII Koto Kampar as many as 150 students and a sample of 150 students. The data is captured on the analysis of student character values in SMP 2 XIII Koto Kampar. In that study used questionnaires to obtain. Further recommendations of this study were 1) to students who have high levels of character values are classified as very less, less, and being able to motivate yourself into a better direction so as to improve performance in the learning process, 2) to the panel of teachers, especially in SMP 2 XIII Koto Kampar so much seek to increase the values of the character so that students get the best education and get a good personality too young generation, 3) BK teachers may provide guidance particularly for students whose character level is very less value, less , and are, so they have a good personality and morals, 4) to the parents to instill the values of good karaketer to their children, so that one day they become a good boy, 5) to further research is expected to be able to assess more exhaustive of the factors that affect the values of the character of studentsItem This study entitled "Analysis of Character Values SMP 2 Student Academic Year XIII Koto Kampar 2012-2013"(2013-07-16) NurasiahThis study entitled "Analysis of Character Values SMP 2 Student Academic Year XIII Koto Kampar 2012-2013". The formulation of the problem in this research are: 1) how the picture of the character values of students per class SMP N 2 XIII Koto Kampar, 2) how is the character values of students by sex in SMP N 2 XIII Koto Kampar, 3) how is the character values based parent education students at SMP N 2 XIII Koto Kampar, 4) how is the character values based on the work of parents of students at SMP N 2 XIII Koto Kampar. This study is expected to: a) the students can be used as guidelines in the process of self-development to change the character values of behavior towards a positive direction, b) can be used as guidelines for teachers in making teaching students to be able to direct the behavior of the values of the student's character a positive direction, c) as an input for the school in hubungangnya with behavioral coaching activities, and moral character of students, 4) for subsequent researchers can pursue in doing research in the same field, 5) as additional material information in continuing further research . This study is the assumption a) every student has the values of a different character, b) student character values can be measured and identified by the indicators. The place and time of the study, namely SMP 2 XIII Koto Kampar in April 2013. SMP student population consists darti 2 XIII Koto Kampar as many as 150 students and a sample of 150 students. The data is captured on the analysis of student character values in SMP 2 XIII Koto Kampar. In that study used questionnaires to obtain. Further recommendations of this study were 1) to students who have high levels of character values are classified as very less, less, and being able to motivate yourself into a better direction so as to improve performance in the learning process, 2) to the panel of teachers, especially in SMP 2 XIII Koto Kampar so much seek to increase the values of the character so that students get the best education and get a good personality too young generation, 3) BK teachers may provide guidance particularly for students whose character level is very less value, less , and are, so they have a good personality and morals, 4) to the parents to instill the values of good karaketer to their children, so that one day they become a good boy, 5) to further research is expected to be able to assess more exhaustive of the factors that affect the values of the character of students