Browsing by Author "Hutapea, Nahor Murani"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Pembelajaran Generatif di Kawasan Perkebunan Sagu (Metroxylon Sp) Kabupaten Kepuluan Meranti(2018-02-21) Hutapea, Nahor Murani; Saragih, SehattaPembelajaran generatif (PG), dimana siswa lebih aktif dan nyata dapat meningkatkan hasil belajarmatematika umumyabelum terealisasi secara menyeluruh. Untuk itu, telah dilakukan penelitian: Peningkatan Kemampuan Komunikasi MatematisSiswa SMA Melalui Pembelajaran Generatif di Kawasan Perkebunan Sagu (Metroxylon sp) Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, tahun ajaran 2014/2015semester ganjil pada topik sistem persamaan linear dua dan tiga variabel (SPLDVTV) dengan tujuanuntuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan komunikasi matematis (KKM) siswa SMA melalui PG. Penentuan lokasi dan sampel sekolah secara pourposive sampling yaitu di tiga kecamatan: Tebing Tinggi (produksi sagu rendah) SMAN-1 Selat Panjang; Merbau (produksi sagu sedang) SMAN-1 Merbau dan Tebing Tinggi Timur (produksi sagu tinggi)SMAN-4 Sei Tohor. Pada sampel kelas kontrol (PKV) dan kelas eksperimen (PG) dilakukan pretes dan postes. Pengumpulan data digunakan perangkat pembelajaran: RPP, LAS, media dan silabus; instrumen: tes KKM, lembar aktivitas guru dan siswa. Data yang diperoleh ditabulasi, ditampilkan dalam bentuk tabel maupun diagramdan dianalisis secara statistik melalui program SPSS 17 (α = 0,05).Hasil menunjukkan: Skorpencapaian KKM siswa melalui PG > PKVuntuk setiap kawasan penelitian (tinggi = 7,67; sedang = 8,43; rendah = 9,52) > (tinggi = 5,82; sedang = 6,04; rendah = 6,65).Skorpeningkatan (N-Gain) KKM siswa melaluiPG >PKV ( tinggi: 0,58 > 0,43; sedang: 0,64 > 0,44; rendah: 0,72 > 0,48. Tidak ada pengaruh interaksi yang signifikan antara pembelajaran dan kawasan perkebunan sagu terhadap peningkatan KKM siswa. Pembelajaran Generatif nyata meningkatkanKKM siswa (Sig.2-tailed= 0,00 < 0,05)