Browsing by Author "Hermita, Neni"
Now showing 1 - 6 of 6
Results Per Page
Sort Options
Item ANALYZING PRIMARY TEACHERS’ CRITICAL THINKING IN SCIENCE LESSON(2018-01-02) Putra, M. Jaya Adi; Hermita, Neni; Sopandi, WahyuThis study is based on our initial attempt in implementing the new primary curriculum. In doing so, we work closely with a group of public primary school located in Bandung to analyze the underlying principles of Kurikulum 2013. Hence, we will report how to analyze the nature of scientific approach that is considered as closely related to science lesson. In addition, we will report the results of our field study regarding initial teachers‟ reasoning based on interview data. Secondly, we describe our series of discussion with teachers regarding how to design and analyze science lesson in accordance with the new curriculum demand, as well as analysis to science lesson discourse. From such activities we recorded and extracted teachers‟ practical reasoning in response to critical feature of both scientific approach and science lesson. We explicate it in relation to teachers‟ thinking toward science concept and students‟ learning. Finally, we discuss lessons learned and future direction in engaging teachers with critical thinking.Item IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI LISTRIK STATIS PADA MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR(2018-01-02) Hermita, Neni; Suhandi, Andi; Syaodih, ErnawulanPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada mahasiswa calon guru sekolah dasar terkait materi listrik statis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang dilakukan terhadap para mahasiswa S1 calon guru sekolah dasar. Jumlah responden penelitian adalah sebanyak 40 orang mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes konsepsi dalam format Four Tier Test. Hasil identifikasi ditemukan beberapa jenis miskonsepsi yang terjadi pada sebagian besar mahasiswa calon guru sekolah dasar di lembaga tersebut terkait materi listrik statis, yakni: 1) Benda bermuatan listrik tidak dapat menarik benda netral, 2) Benda netral adalah benda yang tidak mengandung muatan listrik dan 3) besar gaya tarik menarik antara dua benda bermuatan bergantung pada besar muatan benda. Rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah perlu dikreasi suatu proses perkuliahan yang dapat memfasilitasi terjadinya pengubahan konsepsi dari konsepsi yang keliru (miskonsepsi) yang terjadi di benak mahasiswa calon guru sekolah dasar menjadi konsepsi yang ilmiah, karena bagaimanapun juga mereka merupakan calon guru yang dituntut untuk memiliki pemahaman yang utuh dan terbebas dari kekeliruan konsepsi (miskonsepsi).Item PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN JAMAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 CICURUG SUKABUMI(2018-01-02) Hermita, Neni; Nirmal, Sri Dewi; Putra, M. Jaya Adi; Rokayah, RokayahPenelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran yang cenderung individualistik dan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dikelas IV SDN 4 Cicurug Sukabumi melalui pembelajaran berbasis kecerdasan jamak. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen yang dilaksanakan pada tanggal 21 September 2015. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa nilai korelasi antara pretest dan posttest adalah 0.883, artinya hubungan kuat dan positif karena mendekati nilai 1.Hasil dari penelitian yaitu terjadinya peningkatan hasil belajar dari rata-rata pretest 31.83 menjadi rata-rata posttest 74.83. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah menerapkan pembelajaran berbasis kecerdasan jamak.Item PROFIL KEMAMPUAN LITERASI IPS DAN IPA PESERTA DIDIK KELAS 4 DAN 5 SEKOLAH DASAR DALAM RANGKA GERAKAN LITERASI SEKOLAH(2018-01-02) Rokayah, Rokayah; Hermita, Neni; Rochman, ChaerulKemampuan literasi ilmu pengetahuan social dan ilmu pengetahuan alam melalui telaahan bahasa tulis dan bahasa lisan (oral) merupakan sisi penting dalam rangka implementasi gerakan literasi sekolah. Gambaran kemampuan literasi ini ditujukan untuk mendapatkan profil kemampuan literasi tulis dan oral/lisan materi IPS dan IPA peserta didik kelas IV dan V Sekolah Dasar. Metode penelitian ini kuasi eksperimen, yaitu mendeskripsikan profil variabel literasi tulis dan oral pada materi IPS dan IPA. Instrumen yang digunakan berupa wacana bahan ajar IPS dan IPS kelas 4 dan 5, tes kinerja daya serap wacana, dan pedoman tes literasi oral/lisan (konsep, proses, konteks, dan sikap). Sampel penelitian yang digunakan adalah para peserta didik kelas IV dan V SD Tulus Kartika Kota Bandung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) adanya kecenderungan kemampuan literasi tulis lebih baik dibandingkan literasi oral pada materi IPS dan IPA, (2) adanya kecenderungan kemampuan literasi materi IPA lebih tinggi dibanding dengan IPS, (3) adanya kecenderungan kemampuan literasi kelas V lebih tinggi dibanding dengan kemampuan literasi kelas IV, dan (4) adanya kecenderungan yang positif semakin tinggi kemampuan literasi IPA akan diikuti dengan kemampuan literasi IPSItem PROFIL LEARNING PROGRESSION MAHASISWA CALON GURU SD TERKAIT KONSEP BENDA NETRAL SETELAH AKTIVITAS VMMSCCText(2018-01-02) Hermita, Neni; Suhandi, Andi; Syaodih, Ernawulan; Samsudin, AchmadTelah dilakukan investigasi untuk mendapatkan gambaran tentang profil learning progression mahasiswa calon guru SD setelah aktivitas Visual Multimedia Supported Conceptual Change Text (VMMSCCText). Sebelumnya, VMMSCCText telah dikembangkan untuk memfasilitasi learning progression mahasiswa calon guru SD hanya dengan membaca text. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil learning progression mahasiswa calon guru SD terkait konsep benda netral setelah mengikuti aktivitas VMMSCCText. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yang diimplementasikan pada 30 orang mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau pada mata kuliah Konsep Dasar IPA. Profil learning progression pada mahasiswa diinvestigasi dengan uji diagnostik dalam format four tier test (FTT) dan penilaian pada LKM, kemudian dianalisis berdasarkan tipe learning progression. Tipe learning progression terdiri dari 1) Konsisten dengan konsepsi ilmiah (Tipe I); 2) Berprogres dengan baik (Tipe II); 3) Tidak berprogres (Tipe III); dan Mengalami Degradasi (Tipe IV). Hasil penelitian dengan VMMSCCText menunjukkan tipe I sekitar 13,33%, tipe II sekitar 80%, tipe III 6,67% dan tipe IV sekitar 0%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa VMMSCCText mampu meremediasi miskonsepsi dan mengemItem REFLEKSI : UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAJAR CALON GURU(2018-01-02) Putra, M. Jaya Adi; Hermita, NeniKajian ini bertujuan untuk mengungkapkan sebuah kegiatan calon guru yang memungkinkan untuk mereka meningkatkan kemampuan mereka secara terus-menerus baik secara individu maupun secaraberkelompok saat mereka sudah menjadi guru yaitu refleksi. Tulisan ini mengkaji tentang kegiatan yang memungkinkan mereka melatih kemampuan mereka melakukan refleksi secara berkelompok /RPG (Reflective Practice Groups) yang dapat diterapkan dalam Praktek Pengalaman Lapangan dan Penelitian Tindakan Kelas, pada akhir tulisan ini dimuat beberapa catatan berkaitan dengan pelaksanaan PPL dan PTK dalam rangka peningkatan kemampuan mengajar calon guru