Browsing by Author "Herdini"
Now showing 1 - 4 of 4
Results Per Page
Sort Options
Item Pemetaan dan Rancangan Pengembangan Mutu Pendidikan Berbasis Kondisi Lokal di Kabupaten Kampar dan Rokan Hulu Propinsi Riau(2012-10-29) Roza, Yenita; Herdini; Azhar; Suryawati, Evi; Kammaruddin; Suarman; Tugiman; Ellywarti; HermandraMutu pendidikan mencakup dua dimensi yaitu yang berorientasi akademis dan yang berorientasi keterampilan hidup esensial. Prestasi akademis merupakan tolak ukur bagi mutu yang berorientasi akademis sedangkan yang berorientasi keterampilan hidup esensial adalah pendidikan yang membuat anak itu bisa survive di kehidupan nyata. Untuk melihat mutu akademis pemerintah sudah melakukan Ujian Nasional sebagai alat ukur penentu seorang siswa lulus dengan standar nasional. Penelitian ini bertujuan: 1) Mengungkap peta kompetensi peserta didik; 2) Mengungkap faktor penyebab peserta didik tidak menguasai pokok bahasan tertentu; 3) Menemukan rumusan alternatif pemecahan untuk meningkatkan kompetensi peserta; 4) Merumuskan model implementasi pemecahan masalah. Manusia hidup tidak dapat terlepas dari lingkungannya, untuk itu pada penelitian ini penyelesaian masalah akan dirumuskan berdasarkan potensi lokal penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang akan dilakukan secara kualitatif. Laporan Penelitian Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan (PPMP) ini menyajikan hasil: 1) Data tentang standar kompetensi/kompetensi dasar yang belum dikuasai peserta didik; 2) Faktor-faktor penyebab peserta didik belum menguasai standar kompetensi/kompetensi dasar terutama menyangkut sistem manajemen, guru, sarana dan prasarana pendidikan, dan budaya masyarakat; dan 3) Model peningkatan mutu pendidikan yang valid dan siap diimplementasikan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Model yang dihasilkan berdasarkan analisis penyebab adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyiapkan dan melaksanakan pembelajaran melalui program pendampingan guru (technical assistance) dengan melibatkan guru inti dan pengawas ditingkatnya.Item Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kimia Organik(2014-11-10) Herdini; Copriady, Jimmi; Lenny, AnwarPenelitian dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini telah dilakukan terhadap mahasiswa program studi pendidikan kimia semester genap tahun akademis 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mahasiswa, dilaksanakan dalam 2 siklus subjek penelitian berjumlah 25 orang. Data yang dikumpulkan dari hasil penelitian ini berupa data aktifitas belajar mahasiswa, aktifitas mengajar dosen, lembar kerja mahasiswa dan hasil evaluasi mahasiswa setiap siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan . teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dari hasil sebagai berikut : rata-rata aktifitas belajar mahasiswa meningkat dari 62% ( Siklus I) menjadi (Siklus II), Aktifitas dosen pembimbing dan mengarahkan mahasiswa meningkat dari 72 %(Siklus I) menjadi 80%. Hasil lembar kerja mahasiswa juga meningkat dari 63 % (Siklus I) menjadi 75 pada siklus II, sedangkan rata rata hasil evaluasi mahasiswa meningkat dari 68,5 menjadi 74. Kata kunci : Kooperatif tipe STA Lembar Kerja MahasiswaItem Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Sma Untuk Menunjang Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi Di Propinsi Riau(2015-07-06) Holiwarni, Betty; Rasmiwetti; Herdini; ErviyenniniDalam penelitian ini dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran Kimia SMA kelas I, II, dan III. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Lembar Penilaian. Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi belum terlaksananya Kurikulum Berbasis Kompetensi di propinsi Riau dengan baik, yang disebabkan karena tidak adanya perangkat pembelajaran imtuk menunjang pelaksanaan pembelajaran di kelas yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Sedangkan guru kesulitan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan {developmem research) yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974). Mode pengembangan perangkat pembelajarannya terdiri dari empat tahap dan disebut Four-L Model. Empat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian {define), perancangan (design) pengembangan (develop), pendesiminasian (Desseminate). Penelitian ini dirancan] dalam tiga tahap kegiatan dengan waktu penelitian selama tiga tahxm dan penelitian saa ini baru sampai pada tahun kedua.Item PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH MX SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA NEGERI 2 SIAK HULU(2014-06-26) HerdiniThis research points to the using of Macromedia Flash MX as teaching media to improve first year students’ study achivement for Hidrokarbon topic at Government Senior High School 2 Siak Hulu. The purpose of this research is to know the improvement of first year students’ study achivement by using Macromedia Flash MX as teaching media for Hidrokarbon topic at government senior high school 2 Siak Hulu and also to know how much improvement can be reached. The sampel is X6 as a experimental class and X8 is as a control class. Homogeinity test as a research requirement, taken from the result of the previous lesson test (Reduction and Oxidation Reaction). The data of hypothesis test has been taken after the treatment was given, where treatment of using Macromedia Flash MX as teaching media was given to the experimental class and treament of conventional teaching was given to the control class. The taken data is the difference of result between postest an pretest. From the analyzing data was discovered that using Macromedia Flash MX as teaching media could improve students’ study achivement about 10,87%