Browsing by Author "Haryana, Gani"
Now showing 1 - 4 of 4
Results Per Page
Sort Options
Item Pengembangan Model Learner-Centered Micro Teaching Melalui Peran Kelompok Untuk Meningkatkan Kemahiran Mengajar Mahasiswa Universitas Riau(2017-10-12) Kartikowati, Sri; Gimin; Haryana, GaniPenelitian dengan pendekatan ‘research and development’ ini bertujuan mengembangkan Model ‘Learner Centered Micro Teaching’ (LCMT) melalui peran kelompok dalam rangka meningkatkan kemahiran mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Dengan merujuk pada desain baru, Model CMT +)Kelompok, test dilakukan dua kali terhadap 12 orang mahasiwa yang mengikuti perkuliahan Micro Teaching di Universitas Riau pada semester pertama tahun 2013-2014. Data diperoleh melalui latihan mengajar yang dimulai dari tahap persiapan, aplikasi, perekaman (rekaman video), review rekaman, dan refleksi atas hasil review. Analisis data dilakukan secara kuantitatif atas skor data observasi yang diperoleh dari rekaman latihan mengajar sebelum dan sesudah menggunakan Model LCMT +)Kelompok kemudian dihitung dengan formula T-test pada tingkat kepercayaan 95%. Analisis kualitatif dilakukan dengan menggunakan teknik interaktif terhadap data yang dikumpulkan melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara skor kemahiran mengajar sebelum dan setelah menerapkan Model LCMT +)Kelompok. Dianjurkan untuk mulai menyusun Buku Manual Micro Teaching dalam rangka memfasilitasi peningkatan kemahiran mengajar mahasiswa.Item Penggunaan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Aktivitas Oral Mahasiswa Pada Perkuliahan Sejarah Teori Ekonomi(2017-10-12) Gimin; Haryana, Gani; KartikowatiDalam mata kuliah "sejarah teori ekonomi", banyak aliran yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah ekonomi dengan alasan masing-masing. Oleh karena itu agar mata kuliah ini berhasil, mahasiswa harus diarahkan memiliki Aktivitas oral yang tinggi. Disisi lain, penomena memperlihatkan rendahnya aktivitas oral mahasiswa di Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Riau. Sehubungan dengan kondisi tersebut, penelitian ini diaksudkan untuk mengetahui "Apakah penggunaan model pembelajaran "every one is a teacher here" dapat meningkatkan Aktivitas oral mahasiswa yang mengikuti kuliah sejarah teori ekonomi. Penelitian dilakukan pada perkuliahan Sejarah Teori Ekonomi tahun ajaran 2013/2014, menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 3 siklus. Data dua variable penelitian ini dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif berupa tabel dan grafik. Hasil penelitian menyimpulkan Aktivitas oral mahasiswa selama 3siklus meningkat masing-masing sebesar 31,11%, 38,89%, dan 42,78% dari skor idealnya. Kondisi ini ternyata seiring dengan perkembangan skor penerapan model pembelajaran “every one is a teacher here” yang dilakukan oleh dosen, masing-masing sebesar 72,22%, 86,22%, dan 88,89% dari skor idealnya. Kondisi meningkatnya skor kedua variabel yang seiring menunjukkan penggunaan model pembelajaran "every one is a teacher here" yang baik dapat meningkatkan Aktivitas oral mahasiswa.Item A Planning Design of Micro-Teaching Course (Study from University of Riau – Indonesia)(2017-10-12) Gimin; Kartikowati, Sri; Haryana, GaniMicro-Teaching is known as a teaching laboratory to create future professional teachers. It is pointed that Micro-Teaching is essential. Unfortunately, the courses of Micro-Teaching are taught by a number of lecturers with varied syllabus. This study is intended to provide a Planning design to Micro-Teaching courses that will be used as a standard guideline lecturing in the Department of Economics Education Faculty of Education in Riau University. Data is gained from study literature and is analyzed by doing emphasis on content analysis technique and further supported by interview and Focus Group Discussion (FGD) techniques. We found that the Planning Design is basically encompasses four elements that must be performed sequentially: Micro teaching comprehension; Observing learning models, Preparing Lesson plan, and Practicing the 11 teaching skills. Those 4 elements are set in the syllabus document of Micro Teaching which is presented across 16 times of learning activities.Item Using Course Review Horay Technique To Enhance Students’ Activities In Economics Subject(wahyu sari yeni, 2019-05-06) Rahmi, Cynthia; Kartikowati, Rr. Sri; Haryana, GaniThis research aimed to apply Course Review Horay (CRH) technique to enhance students’ activities in Economics subject. This classroom action research involved students of Class XI IIS of Nurul Falah Senior High School, Pekanbaru. The data were obtained from students’ activities, teacher activities, and school documents. The data were collected by way of observation, interview, and documentation. The CRH technique was applied within three cycles during which the data from the teachers and students were obtained. The findings of the research showed that the average scores of students’ activities in cycle I, II, and III were 16, 18, and 20 ; while the average scores of teacher’s activity in cycle I, II, and III were 53, 58, and 60. Based on this research findings, it could be concluded that the CRH technique could enhance students’ activities. In addition, the teacher could improve his teaching and was more confident in teaching Economics subject using CRH technique.