Browsing by Author "Harini, Tuty"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING-THINKING ACTIVITY (DR-TA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI BILINGUALISM PADA MATA KULIAH SOCIOLINGUISTICS MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS FKIP - UNRI(2013-02-25) Harini, TutyBilingualism adalah bagian dari materi pada mata kuliah Sociolinguistics yang merupakan mata kuliah Content Courses yang disajikan pada Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Riau. Materi ini menyajikan tentang semua fenomena yang berkaitan dengan kemampuan menggunakan dua bahasa atau lebih. Pada suatu kondisi tertentu, bahasa mana yang digunakan, kenapa memilih bahasa tertentu, kenapa berpindah dari suatu bahasa ke bahasa yang lain, dan tujuannya apa, adalah bagian yang merupakan focus dari materi ini. Disamping itu, bertahannya bahasa seseorang atau tcrjadi perpindahan penggunaan bahasa dari bahasa pertamanya ke bahasa kedua yang mungldn disebabkan oleh kondisi daerah/tempat baru, misalnya imigran, juga didiskusikan dalam bilingualism. Secara lebih luas, mata kuliah Sociolinguistics bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang fenomena bahasa yang tegadi di tengah-tengah masyarakat, seperti 'Language, Dialect, and Variety, Pidgin and Creole Languages, Speech Communities, Bilingualism,, Language Change, Language and Culture, Solidarity and Politeness,' dan Iain-lain. Kenyataannya, kemampuan mahasiswa pada mata kuliah ini belumlah sebagaimana yang diharapkan. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa factor yang diantaranya adalah dari faktor mata kuliah itu sendiri. Sebagai mata kuliah content courses, Sociolinguistics membutuhkan pemahaman yang lebih mendalam jika dibandingkan dengan mata kuliah skill courses yang lebih banyak bersifat praktikal. Disamping itu, strategi yang diterapkan mahasiswa dalam memahami text dalam perkuliahan, ataupun kui-ang efektifiiya metoda yang digimakan dosen dalam proses belajar mengajar juga mungkin mnyebabkan kemampuan mahasiswa pada mata kuliah content courses Sociolinguistics rendah. Fpnomena diatas menunjukkan bahwa perlu diadakan penelitian dalam upaya meningkatkan kemampuan memahasiswa memahami materi pada mata kuliah Sociolinguistics, khususnya materi bilingualism. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menguji keefektifan strategi 'Directed Reading-Thinking Activity' (DR-TA) untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa memahami materi bilingualism pada mata kuliah Sociolinguistics. Sabjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris semester VI yang mengambil mata kuliah Sodiolinguistics. Sebelum strategy DR-TA diterapkan dalam pengajaran, kepada sabjek diberikan pre-test dan setelah penerapan strategi tersebut diberikan post-test. Prosedur yang dilaksanakan meliputi Pre reading. Guided Silent Reading, dan Post reading. Hasil observasi dan post-test temyata menggembirakan dimana terjadi peningkatan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan pre-test (59.47). Kemampuan mahasiswa dalam mengikuti aktifitas DR-TA adalah 72.8 % dan hasil test juga mencapai 73.2. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan yang ditetapkan sudah tercapai, dan ini berarti bahwa srategi Directed Reading-Thinking Activity sangat efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa memahami materi bilingualism pada mata kuliah Sociolinguistics.